5 Jajanan Anak SD yang Buat Kamu Ingat Masa Kecil

Sekolah Dasar (SD) selain ingatan akan pendidikan formal pertama yang dienyam oleh banyak orang. Tetapi semua orang pasti setuju kalau jajanan SD adalah yang paling enak dan tidak menguras uang saku. Untuk kamu yang lahir pada tahun 90’an pasti akan sangat familiar dengan jajanan ini.

Beberapa jajanan ini masih bisa kamu temui di sekolah terdekat, meski ada juga yang sudah langka. Baiklah, yuk kita lihat apa saja jajanan SD legendaris yang bisa buat kamu rindu masa-masa SD.

Telur Gulung

telur-gulung source: giphy.com

Hampir di setiap depan SD selalu jajanan telur gulung. Jajanan yang terbuat dari telur kemudian digulung menggunakan batang lidi. Adonan telur dicampur dengan sedikt air dan ketika dituang ke dalam penggorengan harus segera digulung, pasti kamu pernah mencoba membuat bukan? Tapi percuma karena menggoreng telur gulung perlu skill yang jago, karena kamu akan kesulitan menggulungnya.

Dulu ketika tahun 2000-an awal, telur gulung dijual dengan harga 500 rupiah per batang. Namun sekarang harganya menjadi 1000 rupiah, bahkan ada yang 2000 rupiah. Sekarang juga telur gulung sudah dimodifikasi dengan variasi campuran lainnya, seperti sosis, otak-otak dan bakso.  Juga bumbunya, kalau dulu hanya saus, sekarang banyak variasi rasanya.

Telur Dadar Mini

telur-dadar-mini source: giphy.com

Duh, rasanya ingin deh diberi kesempatan sekali lagi untuk masak telur dadar mini. Biasanya penjual telur dadar mini memperbolehkan pelanggannya untuk membuat sendiri telur dadarnya. Oleh karena itu, tempat jualan telur dadar selalu ramai anak SD untuk jadi cheff dadakan.

Mulai ada yang sengaja dibuat gosong, ada juga yang dibuat setengah matang. Kadang juga ada yang gagal karena keasinan atau hambar begitu, ya namanya anak SD. Dulu harganya berkisar 100-500 rupiah per cetakan, sekarang sudah 1000 rupiah. Hanya saja sudah sulit mencari penjual telur dadar mini seperti ini.

Es Potong

es-potong source: giphy.com

Panasnya hari setelah pulang sekolah SD jika kamu melihat jajanan ini tidak mungkin jika kamu tidak tergiur melihat es potong. Membeli jajanan ini bisa menunjukan kamu anak sultan atau bukan, karena semakin besar uang yang kamu keluarkan maka potongan esnya akan semakin panjang, begitu pun sebaliknya.

Penjualnya mempunyai balokan es yang banyak di dalam gerobaknya, nanti ketika akan ada yang membeli, dia akan memotong sesuai uang yang kamu keluarkan, lalu dicelupkan ke dalam toples berisi coklat cair. Saat ini masih banyak penjual es potong di depan SD dan juga tempat wisata.

Es Serut

es-serut source: giphy.com

Selain es potong, opsi lainnya ketika cuaca sedang panas-panasnya adalah membeli es serut. Es nya warna warni sehingga dengan campuran sirup yang disiram diatas es yang telah diserut dari es balok. Ya meski sih seringkali diomelin orang tua karena es ini kurang begitu baik untuk tubuh, tapi es ini selalu jadi idaman anak-anak SD.

Dulu harganya sekitar 1000-2000 rupiah, sekarang mungkin sudah 5000. Namun saat ini sudah sulit mencari sang es legendaris ini.

Mie Lidi

mie-lidi source: giphy.com

Biasa disebut juga Lidi-lidian adalah makanan yang berbahan baku tepung terigu dan tepung sagu yang dibentuk menyerupai sapu lidi, dan ditaburi bubuk cabai atau sekadar garam menyiptakan rasa asin dan gurih. Dulu pas sekolah selalu beli di warung dekat sekolah terus setiap ada teman yang meminta hanya boleh satu batang saja. Sekarang sudah banyak sekali modifikasi rasa dari lidi-lidian dan tetap saja ada yang berburu jajanan yang kalau dimakan buru-buru bikin sakit mulut hehe.

Sebenarnya masih banyak lagi jajanan SD yang pasti kamu punya cerita uniknya sendiri. Kalau diingat lagi masa-masa SD banyak jajannya ya. Padahal masih banyak cerita unik yang bisa kamu ingat seperti ketika di dalam kelas atau sedang belajar mata pelajaran seperti belajar matematika, belajar bahasa inggris dan belajar lainnya.

Baca Juga :

Belajar Bahasa Inggris Anak

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google