Setelah dua bulan di rumah terus, bagaimana mengisi waktu luang pas liburan?

waktu luang anak
Waktu liburan memang ngebosenin kalau gak melakukan aktivitas yang seru. Apalagi bagi anak-anak yang cepat bosan. Bisa jadi, di rumah justru malas-malasan dan alhasil anak gak bisa atur waktunya sendiri. Tapi sebenarnya, ada cara mendisiplinkan anak sekaligus membuat mereka betah selama di rumah, parents. Anda dapat mengajak anak berkegiatan positif. Nah, sebisa mungkin aturlah waktu mulai dari bangun pagi hingga istirahat di malam hari. Selama satu hari itu ngapain aja ya? Kegiatan yang berhubungan dengan fisik, hobi, kreativitas, dan fun learning bakalan cocok jadi strategi Anda untuk menyusun jadwal per hari anak. Contohnya seperti ini!

Healthy body, Healthy mind

source: giphy.com

Tahu gak, kalau olahraga itu punya pengaruh positif terhadap mood? Gak hanya semangat, pikiran juga jadi segar lho. Untuk memulai hari, Anda bisa berolahraga ringan dengan anak. Usahakan mereka menggerakkan tubuh seperti senam, jogging, ataupun menari menggunakan lagu. Oh ya, sarapannya jangan ketinggalan ya!

Do you like…

source: giphy.com

Nyanyi-nyanyi, nonton film, atau baca buku cerita? Berilah tontonan anak seperti serial kartun atau film animasi lainnya. Kalau hobi nyanyi, bisa sambil ngajarin anak bahasa Inggris lewat lagu anak.

Atau, bisa juga dengan membuat anak rajin baca dengan menyediakan buku cerita anak. Pertama-tama, story telling bahasa inggris dulu supaya anak tertarik dengan alur cerita. Baru deh, biasakan mereka untuk membaca kemudian menyimpulkan sendiri isinya. Hal ini dapat melatih rasa keingintahuan serta ketajaman memori mereka lho.

Kembangkan Kreativitas

source: giphy.com

Biarkan anak berekspresi dengan bebas lewat gambar atau warna. Berilah mereka alat melukis atau mewarnai, pasti suka deh! Nantinya, gambar-gambar mereka dapat dipajang di dinding kamar atau di area rumah sebagai apresiasi.

Selain itu, menciptakan kerajinan dari tanah liat maupun bermain musik juga akan membangun kreativitas mereka. Siapa tahu bisa jadi musisi atau seniman terkenal? Atau Anda Ingin mereka jago masak? Ajak mereka untuk membantu hal-hal kecil seperti mulai mengenal bumbu masakan atau bahan membuat kue. Intinya, let them be creative!

Fun games, fun time!

source: giphy.com

Saatnya bermain nih! Banyak kok game mendidik untuk anak yang bisa mengedukasi mereka. Misalnya game yang mengasah kemampuan berpikir seperti scrabble ataupun aplikasi game yang dapat diunduh dengan mudah di gadget. Selain mengasyikkan, main game edukatif juga membantu mereka belajar dengan lebih fun kan?

Mumpung banyak waktu luang, jangan lupa untuk meningkatkan skill bahasa inggris untuk anak yuk. Cukup gabung Cakap for Kids, anak Anda bisa jadi juara lho! Ah masa?

Beneran! Di Cakap, kurikulum Cambridge yang internasional bakalan bantu perkembangan anak dalam menguasai materi dengan cara yang menyenangkan. Bisa diskusi langsung dengan guru serta waktu belajar yang fleksibel pastinya gak ngerepotin kan parents? Yuk buat anak jago Inggris sekarang!

Baca juga:
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google