5 Instrumen Investasi Online Terbaik untuk Pemula

investasi untuk pemula

Belakangan investasi tengah menjadi tren. Kondisi yang tidak menentu membuat orang sadar bahwa menghemat uang dan berinvestasi adalah hal penting. Dengan bantuan teknologi, kini orang-orang semakin mudah untuk menginvestasikan uangnya.

Banyak orang yang memiliki minat tinggi pada dunia investasi, namun sayangnya minim edukasi. Ingin terjun ke dunia investasi tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Oleh karena itu, berikut 5 instrumen investasi online terbaik untuk pemula!

Instrumen Investasi untuk Pemula

Kini kamu sudah bisa berinvestasi hanya dengan bermodalkan smartphone. Selain akses yang mudah, beberapa platform investasi online juga menyediakan edukasi perihal investasi. Jadi, kamu bisa belajar lebih soal instrumen yang kamu pilih.

Kemudian kelebihan lain dari investasi online adalah minimum investasi yang hemat di kantong alias terjangkau. Jadi, keinginanmu untuk berinvestasi tetap terwujud meskipun kamu tidak memiliki modal yang banyak. Nah, apa aja sih instrumen investasi yang tepat untuk pemula?

Reksadana Pasar Uang

Reksadana merupakan jenis investasi yang banyak digandrungi pemula. Hal ini karena hadirnya seorang manajer investasi yang membantu mengelola dana para investor. Jadi, kamu tidak perlu banyak berpikir jika memilih jenis investasi yang satu ini.

Salah satu jenis reksadana yaitu Reksadana Pasar Uang. Melalui Reksadana Pasar Uang, dana yang kamu investasikan akan disalurkan pada instrumen berjangka pendek seperti Surat Bank Indonesia (SBI) atau obligasi.

Reksadana Pasar Uang sudah tersedia di berbagai platform investasi online. Modal yang diperlukan juga tidak begitu besar, bahkan seorang mahasiswa pun seharusnya mampu karena kamu hanya butuh mengeluarkan uang mulai dari Rp 10.000.

Peer to Peer (P2P) Lending

Peer to Peer (P2P) adalah jenis investasi yang mempertemukan calon investor dengan borrower selaku peminjam dana. Jenis investasi ini tergolong baru dan menjadi favorit anak muda.

Dengan memilih P2P, kamu bisa sekaligus membantu UMKM untuk naik level lho. Hal ini karena dana yang kamu investasikan akan langsung tersalurkan dalam bentuk pinjaman modal usaha. Selain itu, return yang ditawarkan juga lebih tinggi karena berhubungan langsung dengan borrower atau peminjam.

Dari Finansial sampai Fotografi, Pelajari Hal Baru di Cakap Upskill!

Tabungan Emas Online

Investasi emas sudah ada sejak lama dan terkenal sebagai investasi yang ribet karena kamu harus beli ke toko dan memikirkan space untuk menyimpan emasnya. Namun, sekarang sudah ada investasi emas online yang bisa mengatasi kesulitan itu.

Investasi emas online sudah ada di beberapa e-commerce sehingga mudah untuk diakses generasi milenial. Jual beli emas juga mudah, kamu bisa langsung bertransaksi di e-commerce. Jenis ini cocok untuk kamu yang punya profil risiko konservatif.

Surat Berharga Negara (SBN)

Dilansir dari Bareksa, Surat Berharga Negara (SBN) adalah surat berharga yang diterbitkan pemerintah untuk membiayai anggaran negara. Para investor akan mendapatkan keuntungan dengan membeli SBN.

Kalau dulu untuk membeli SBN memakan waktu yang lama dan proses yang berbelit. Sekarang kemajuan teknologi telah mengatasi kesulitan itu karena kamu hanya butuh smartphone. Nah, sebelum beli SBN, kenalan dulu yuk dengan jenis-jenis SBN:

  • Saving Bond Ritel (SBR)
    Saving Bond Ritel (SBR) adalah surat utang negara yang dijual kepada warga negara. SBR memiliki risiko yang rendah dan dapat dicairkan lebih awal.
  • Sukuk Tabungan (ST)
    Sukuk Tabungan (ST) adalah Surat Berharga Negara Berbasis Syariah yang dijual kepada warga negara. 
  • Obligasi Negara Ritel (ORI)
    Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah surat utang negara yang dijual pemerintah kepada warga negara. ORI memiliki suku bunga tetap (fixed rate) dan hanya bisa dicairkan sesuai kontrak. 

Tabungan Berjangka

Kebanyakan orang pasti sudah familiar dengan jenis investasi yang satu ini. Bank-bank ternama di Indonesia pasti telah memiliki produk tabungan berjangka.  Salah satu produk tabungan berjangka yang populer di Indonesia adalah tabungan pendidikan anak

Tabungan berjangka menawarkan bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Namun, tabungan berjangka hanya bisa dicairkan di waktu tertentu, tidak seperti tabungan biasa yang bisa dicairkan sewaktu-waktu lewat ATM.

Aplikasi mobile banking yang semakin canggih memungkinkanmu untuk membuka tabungan berjangka dari rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone dan setoran awal. Jenis ini cocok untuk kamu yang punya profil risiko konservatif.

Selain investasi keuangan, investasi skill juga gak kalah penting untuk masa depanmu. Dengan kemajuan teknologi, sekarang kamu bisa ikut kelas pelatihan tanpa perlu repot keluar rumah. Nah, buruan tambah skill kamu sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks