Mencengangkan! Inilah Berbagai Kontroversi PUBG di Seluruh Dunia

pubg - berita populer

PlayerUnknown’s Battleground atau biasa disingkat PUBG merupakan sebuah game online yang sedang marak di tengah masyarakat. Bukan hanya karena pencapaian yang mampu diraih, tetapi juga karena kontroversi PUBG. Game yang satu ini memang terbilang kontroversial dan menimbulkan keresahan, mengingat beberapa hal buruk terjadi akibat meniru adegan-adegan dalam game ini.

Apakah sebenarnya game PUBG? Kontroversi apa saja yang telah ditimbulkan oleh permainan online yang satu ini? Untuk mengetahui lebih banyak mengenai game PUBG, jangan lewatkan penjelasan lengkap di bawah ini.

Apa Itu PUBG?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kontroversi PUBG, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu game PUBG. PlayerUnknown’s Battleground merupakan sebuah game berbasis online, di mana Anda harus bertahan melawan 100 pemain dan tetap hidup. Ketika permainan dimulai, Anda harus terjun dari pesawat kemudian menggunakan parasut untuk menuju lokasi. 

Dalam permainan, terdapat lingkaran putih yang dikenal sebagai zona bermain. Para pemain harus mengikuti lingkaran zona bermain tersebut. Yang membuatnya seru adalah zona bermain akan semakin mengecil dan membuat beberapa area tidak aman.

Pemain di luar zona bermain akan kehabisan darah kemudian mati. Lingkaran putih akan terus menerus mengecil, sehingga pemain harus bersaing untuk menjadi pemain terakhir yang dapat bertahan dan meraih chicken dinner.

PUBG merupakan satu-satunya game online yang mampu mengalahkan Dota 2, game berbasis online yang juga sangat populer. Bagaimana tidak? Dalam waktu yang bersamaan, terdapat sekitar 1.3 juta pemain di seluruh dunia. Hingga saat ini, PUBG telah mengalami penjualan lebih dari 30 juta game.

Pada awalnya PUBG hanya diperuntukkan bagi pengguna PC. Namun kini PUBG juga telah tersedia dalam versi mobile sehingga dapat dimainkan melalui smartphone. PUBG Mobile ini telah didownload sebanyak 10 juta unduhan hanya dalam waktu satu minggu setelah terdaftar di Play Store.

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh game PUBG adalah sistem rank yang dihadirkan. Melalui sistem rank tersebut, Anda dapat menaikkan rank dan bertarung dengan pemain dengan rank yang sama. Cara ini dianggap lebih seru dan menantang adrenalin daripada bermain dengan pemain rank bawah.

Karena PUBG merupakan game berbasis online yang dimainkan oleh gamer di seluruh dunia, maka permainan yang satu ini mempunyai beberapa pilihan bahasa seperti bahasa Indonesia, Inggris, Cina, Thailand, Jerman, dan lain sebagainya. Anda dapat menyesuaikan bahasa sesuai dengan keinginan, meskipun bahasa Inggris menjadi bahasa standar.

5 Permainan untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris

Bagi para gamer, PUBG merupakan sebuah game yang sangat menarik dan menguji adrenalin. Gameplay yang seru serta grafis berkualitas membuat permainan online yang satu ini membuat banyak orang terhanyut di dalamnya. Sayang, hal ini justru menimbulkan beragam kontroversi. Tidak sedikit orang yang terpengaruh terlalu jauh oleh game PUBG. Tidak heran jika game ini disebut sebagai game kontroversial.

Kontroversi PUBG di Seluruh Dunia

Sebagai game dengan genre survival, Anda memang dituntut untuk bertahan hidup sebaik mungkin dengan cara apapun, bahkan dengan membunuh lawan bermain. Hal ini tentu saja membuat PUBG kurang ramah untuk anak-anak, di mana game tersebut dapat berpengaruh langsung pada perkembangan psikologis mereka.

Meskipun kehadiran PUBG di dunia game online disambut dengan antusiasme dari para gamers, tidak sedikit orang yang menyayangkan peluncuran game yang satu ini. Pasalnya ada berbagai kejadian kontroversial yang timbul akibat terinspirasi dari game PUBG. Apa saja kontroversi tersebut? Berikut rangkuman singkat kontroversi dari game PUBG:

  • Remaja terjun dari gedung bertingkat

Di Cina, seorang remaja laki-laki nekat terjun dari lantai empat sebuah gedung karena terinspirasi oleh adegan melompat dari sebuah pesawat yang ada dalam game PUBG. Kematian remaja lelaki tersebut tentu saja menggemparkan Cina dan juga seluruh dunia. Bahkan orang tua sang anak menyalahkan PUBG sebagai penyebab kematian anaknya tersebut.

Pemerintah Cina segera mengambil tindakan tegas mengenai tragedi ini. Game PUBG segera diblokir, berikut dengan Fortnite dan beberapa game kontroversial lainnya.

  • Remaja menusuk orang tak dikenal

Kejadian buruk akibat bermain video game juga terjadi di Rusia, di mana seorang remaja menusuk orang tak dikenal hanya karena ingin mempraktekkan kejadian yang dilihat dalam game PUBG. Bahkan ketika diciduk oleh polisi, remaja tersebut kedapatan masih bermain PUBG di kamarnya. Namun tidak diketahui apakah pemerintah Rusia mengambil tindakan tegas atas kejadian ini.

  • Remaja menembak temannya dengan shotgun

Shotgun merupakan sebuah senjata yang digunakan dalam game PUBG. Mengaku terinspirasi dari game PUBG, seorang remaja di Irak menembak temannya menggunakan shotgun karena ingin mencoba menggunakan senjata di dunia nyata. Pada akhirnya teman yang tertembak meninggal dunia.

  • Wanita menusuk kekasih yang kecanduan PUBG

Hal kontroversial lain yang timbul akibat game PUBG adalah seorang wanita yang menusuk kekasihnya. Wanita asal Washington tersebut mengaku kesal karena sang kekasih lebih memilih bermain PUBG dan tidak mempedulikannya.

Sang kekasih sering lupa waktu ketika bermain PUBG, hanya menghabiskan waktu untuk duduk di dalam rumah dan bermain game. Wanita tersebut kesal karena sang kekasih tidak mau membantu pekerjaan di rumah.

  • Item helm pilot

Selain menimbulkan beberapa kejadian buruk, hal kontroversial ternyata juga muncul dari game itu sendiri. Untuk membuat game tetap menarik, PUBG memang kerap merilis konten baru. Salah satu item terbaru dari PUBG adalah item helm pilot. Alih-alih mendapatkan respon baik dari masyarakat, helm pilot tersebut justru mendapat kecaman karena menggunakan desain rising sun.

Desain rising sun dianggap menyinggung warga Tiongkok dan Korea Selatan. Rising sun sendiri merupakan desain milik tentara Jepang saat melakukan invasi di beberapa negara sekitar seperti Tiongkok dan Korea Selatan.

  • Cheater membuat PUBG kehilangan pemain

Terlepas dari popularitasnya serta jumlah pemain yang cukup fantastis dibandingkan dengan game lain, ada kabar buruk yang menimpa game PUBG. Dikatakan bahwa PUBG mempunyai 3 juta pemain aktif, namun jumlah tersebut hanyalah kabar fiktif. Data menunjukkan bahwa kini PUBG hanya mempunyai pemain aktif sekitar 1.7 jutaan saja. Hal ini disebabkan oleh kemunculan cheater yang dikeluhkan pemain.

  • Item in-game termahal

PUBG merupakan sebuah game berbayar, di mana Anda juga harus membeli beberapa item jika membutuhkan. Sayangya, beberapa item dibanderol dengan harga selangit. Sebut saja item The Oliver Brach Pan, yaitu penggorengan yang dijual dengan harga Rp 25 jutaan. Fantastis bukan?

Meskipun terbilang sangat populer, game online PUBG tidak dapat dilepaskan dari sejumlah kontroversi yang ditimbulkan. Mengingat ada banyak kejadian buruk seperti bunuh diri, pembunuhan, dan lain sebagainya yang terinspirasi dari game tersebut, sudah sewajarnya Anda bersikap bijak dalam menyikapi game tersebut. Bermainlah secukupnya dan hindari untuk terpengaruh dengan hal-hal buruk di dalamnya.  

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google