Ingin Menulis Esai Bahasa Inggris? Begini Caranya! (Part 1)

Ingin Menulis Esai Bahasa Inggris? Begini Caranya! (Part 1)

Menulis esai untuk tujuan akademis bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, apalagi kalau harus ditulis dalam bahasa Inggris.

Ketika kamu ingin kuliah di luar negeri, tidak sedikit yang menjadikan esai berbahasa Inggris sebagai syarat untuk mengikuti ujian saringan masuk. Atau ketika kamu mendapatkan tugas sekolah atau kuliah berupa menulis esai bahasa Inggris dengan topik tertentu. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang memiliki bahasa ibu bukan bahasa Inggris.

Sebelum kamu semakin panik, Cakap akan memberimu tips untuk menulis esai bahasa Inggris. Berikut cara menulis esai bahasa Inggris:

Pahami Pertanyaan

Ingin Menulis Esai Bahasa Inggris? Begini Caranya! (Part 1)
sumber: giphy

Mungkin bagian terpenting dari menulis esai yang baik adalah mengetahui persis apa yang seharusnya kamu tulis. Apakah kamu diberi daftar pertanyaan untuk dipilih atau kamu membuatnya sendiri, penting untuk memiliki kejelasan lengkap sebelum kamu mulai meneliti dan menulis.

Bacalah dengan saksama pertanyaannya dan sorot setiap kata kunci yang akan membantu membentuk dasar argumenmu. Gunakan kamus untuk menerjemahkan kata apapun yang tidak kamu kenal atau minta bantuan teman yang merupakan penutur asli bahasa Inggris.

Kamu juga dapat mendiskusikan pertanyaan dengan dosen atau guru kamu di jam kantor mereka untuk meredakan keraguan yang mungkin dimiliki dan memastikan kamu tahu bagaimana kamu akan menjawabnya. Setelah semuanya jelas, kamu bisa mulai menulis.

Penelitian

Ingin Menulis Esai Bahasa Inggris? Begini Caranya! (Part 1)
sumber: giphy

Bahkan sebelum kamu berpikir untuk menulis esai, kamu perlu melakukan banyak penelitian. Kumpulkan informasi tentang topik yang ingin ditulis dan baca sebanyak mungkin dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal, wawancara, dan artikel surat kabar. Ini bahkan dapat mencakup melakukan pembacaan latar belakang dalam bahasa asli kamu untuk memastikan bahwa kamu sepenuhnya memahami materi.

Semakin mendalam dan solid penelitian, semakin baik esai kamu nantinya. Setelah kamu membaca sekitar subjek dan meneliti pertanyaan secara mendalam, kamu dapat membuat tesis atau ide yang menjawabnya dan mulai merencanakan esai kamu dengan cermat.

Buat catatan dari bacaan kamu di bawah judul referensi bibliografi lengkap, ini akan menghemat banyak waktu kamu ketika menulis dan memberikan sentuhan akhir pada esai kamu nanti.

Struktur

Ingin Menulis Esai Bahasa Inggris? Begini Caranya! (Part 1)
sumber; giphy

Setelah mendapat gagasan kasar tentang apa yang ingin kamu katakan dalam esai, kamu dapat mulai merencanakannya dan memikirkan strukturnya. Esai yang ditulis dalam bahasa Inggris biasanya mengikuti format tiga langkah yang sama: pengantar, isi, dan kesimpulan.

Pendahuluan harus menyajikan topik esai kepada pembaca, ini sering dilakukan dengan membuat pernyataan tesis dan dengan jelas menjelaskan bagaimana makalah kamu akan disusun.

Dalam esai, kamu mendukung tesis dengan beberapa argumen yang didukung menggunakan bukti yang diambil dari penelitian kamu. Selalu ingat dengan PEEL (Poin – buat poin; Evidence – buat cadangan dengan bukti berupa kutipan, statistik, teori dari penelitian kamu; Explain – mengapa atau bagaimana ini relevan dengan argumen kamu?; Link – Gunakan kata sambung sehingga argumen kamu mengalir dari satu paragraf ke paragraf berikutnya dan disusun secara logis).

Kesimpulan adalah bagian terakhir dari esai kamu. Kesimpulan kamu seharusnya tidak hanya merangkum poin-poin yang telah kamu buat sepanjang esai, tetapi juga harus mengikat semua argumen kamu bersama-sama untuk lebih mendukung pernyataan atau tesis awal kamu.

Perhatikan Bahasa

Ingin Menulis Esai Bahasa Inggris? Begini Caranya! (Part 1)
sumber: giphy

Saat menulis dalam bahasa Inggris, kemungkinan tergoda untuk menggunakan kamus atau tesaurus untuk menemukan kata yang terdengar lebih cerdas memang besar. Bahkan penutur asli bahasa Inggris piun berjuang dengan penulisan akademik dari waktu ke waktu. Kunci sebenarnya untuk menulis esai yang baik dalam bahasa Inggris adalah menggunakan bahasa sederhana yang akan menyampaikan poin kamu dengan jelas, menggunakan kata-kata yang menghubungkan untuk menyeimbangkan argumen kamu.

Menghubungkan kata memungkinkan kamu untuk menghubungkan ide, kalimat dan paragraf untuk membuat tulisan kamu lebih lancar dan logis. Contohnya termasuk kata-kata seperti ‘hence’, ‘therefore’, ‘thus’ dan ‘furthermore’, atau frasa seperti ‘in contrast,‘ in conclusion’,‘ this show that ‘. Kamu dapat menemukan daftar yang luas secara online, jadi pastikan untuk menggunakannya saat menulis esai kamu.

Perhatikan Apostrof

Ingin Menulis Esai Bahasa Inggris? Begini Caranya! (Part 1)
sumber: giphy

Hanya ada dua contoh di mana kamu perlu menggunakan tanda apostrof (‘) dalam bahasa Inggris: untuk menunjukkan kepemilikan (mis. Mike’s) dan dalam kontraksi (mis. Don’t).

Mengikuti aturan yang sangat sederhana ini akan membantu kamu dalam menulis esai akademik seperti penutur asli. Tetapi kamu harus ingat bahwa tulisan akademis relatif formal, jadi aturan umum adalah bahwa kontraksi (mis. don’t, won’t, can’t, dll) tidak boleh benar-benar digunakan, tetapi versi yang lebih panjang (do not, will not, cannot) harus digunakan.

Baca Juga: Ingin Menulis Esai Bahasa Inggris? Begini Caranya! (Part 2)

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google