Yuk, Intip Preferensi Orang Tua Seputar Kegiatan Anak Saat Liburan Sekolah!

infografik-liburan-sekolah-untuk-anak

Selama masa liburan sekolah kemarin, kegiatan apa saja sih yang dilakukan anak-anak, Moms? Apakah mereka menghabiskan waktu libur dengan menyenangkan dan bermanfaat? Kegiatan selama liburan juga tidak kalah penting lho Moms & Dads, masa-masa liburan merupakan jeda waktu yang bisa membuat anak lebih fresh saat akan kembali ke sekolah.

Cakap berhasil melakukan survei kepada 100 parents seputar liburan si Kecil. Yuk, cari tahu pendapat mereka lewat survei ini!

Aktivitas Pilihan Parents untuk si Kecil Saat Liburan

Berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan, sebanyak 20% orang tua mengajak anak untuk menghabiskan waktu liburan di luar rumah. Tempat yang paling banyak dikunjungi parents untuk mengajak anak-anaknya liburan di luar adalah taman bermaian. Selain itu, ada pula parents yang mengajak si Kecil liburan di luar kota.

Sedangkan sebanyak 80% atau sebagian besar orang tua memilih anak-anaknya untuk beraktivitas atau liburan di rumah

Rentang dan perbedaan jumlah keduanya sangat jauh ya Moms, ternyata lebih banyak orang tua yang memilih liburan aman di rumah. Selain liburan aman, menghabiskan waktu di rumah juga bisa mempererat hubungan anak dan orang tua. Kalian bisa menciptakan momen-momen seru dan intens bersama anak.

Manfaat Liburan yang Diharapkan bagi si Kecil

Setiap pilihan atau keputusan pasti memiliki harapan dan tujuan masing-masing. Lalu, apa ya kiranya manfaat liburan yang diharapkan orang tua untuk si Kecil? Berikut hasil surveinya!

50% orang tua berharap agar waktu liburan yang dihabiskan si Kecil dapat membuat mereka merasa fresh. Tidak hanya itu, para orang tua juga berharap agar anak bisa belajar hal baru dari liburan mereka.

Lalu, sebanyak 25% orang tua mengharapkan agar waktu liburan yang telah dilewati dapat mengasah kreativitas anak dalam berbagai bidang.

Sedangkan 25% sisanya, hampir sama dengan hasil survei di atas, para orang tua berharap anak-anaknya dapat merasa lebih fresh.

Hal yang Tidak Diinginkan Parents Saat Liburan

Selain ada hal-hal yang diharapkan, ada pula lho hal yang tidak diinginkan para orang tua saat anaknya menghabiskan waktu liburan. Apa saja ya momok menakutkannya? Yuk, lihat data dan deskripsi berikut!

Momok dan ketakutan pertama datang dari dunia teknologi bernama gadget! Sebanyak 67% orang tua merasa takut apabila nantinya si Kecil kecanduan bermain gadget. Sedikit saran ya Moms & Dads, kalian bisa mengatasi hal tersebut dengan mencari tahu tips anak yang kecanduan bermain gadget.

Ketakutan yang dirasakan oleh 33% para orang tua lainnya adalah rasa takut apabila anak tidak mau kembali ke sekolah.

Kegiatan Liburan yang Dilakukan si Kecil

Setelah mengetahui ruang aktivitas liburan anak yang dihabiskan di luar atau di dalam rumah pada penjelasan di atas, kini saatnya melihat hasil survei kegiatan pilihan orang tua untuk si Kecil. Ternyata, 100% Moms & Dads tertarik untuk mengajak si Kecil mengisi kegiatan liburannya dengan bereksperimen sains atau belajar bahasa asing. 

Mengapa tidak, kedua kegiatan tersebut merupakan kegiatan bermanfaat sekaligus menyenangkan. Dengan bereksperimen sains, secara ilmiah anak akan belajar tentang pengetahuan sistematis mengenai alam dan dunia fisik. Tidak kalah penting, belajar bahasa asing juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak.

Itu dia Moms & Dads hasil survei dari 100 orang tua tentang preferensi kegiatan anak selama liburan sekolah. Nah, untuk Moms & Dads yang tidak ingin ketinggalan berbagai informasi menarik dari Cakap seputar parenting dan kegiatan seru untuk anak, segera join Parents Lyfe Club, yuk!

Baca Juga: