Ragam Hewan Khas Indonesia: Yuk Kenali Lebih Lanjut!

hewan khas indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas. Dengan banyaknya pulau yang dimiliki Indonesia, terdapat berbagai jenis flora maupun fauna yang dapat ditemukan di setiap penjuru Indonesia. Setiap pulau memiliki hewan khas dengan keunikannya masing-masing.

Sebagai contoh, Pulau Sulawesi memiliki hewan khasnya sendiri mulai dari jenis burung, primata, hingga mamalia. Hewan-hewan khas Pulau Sulawesi merupakan hewan endemik yang tidak bisa ditemukan selain di habitat aslinya. Selain itu, masih banyak hewan-hewan yang merupakan khas Indonesia yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Apa saja itu? Lalu, bagaimana cara menyebutnya dalam bahasa Inggris? Yuk simak artikel berikut!

Apa itu hewan khas Indonesia?

Hewan khas Indonesia merupakan hewan-hewan endemik yang menjadi khas karena hewan-hewan tersebut hanya dapat ditemukan di Indonesia. Hewan-hewan khas Indonesia, dengan keunikannya masing-masing, harus kita jaga dan lestarikan agar tidak punah.

Tahukah kamu, ada banyak jenis hewan khas Indonesia yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Hewan-hewan tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelas seperti mamalia, reptil, burung, dan sebagainya. Simak penjelasannya lebih lanjut yuk!

Jenis-jenis hewan khas Indonesia

Kamu mungkin sudah sangat familiar dengan jenis-jenis hewan, seperti mamalia maupun reptil. Namun, sudahkah kamu mengetahui seluk beluk dan pengertian dari keduanya? apa ciri-ciri yang menjadi pembeda dari jenis-jenis hewan khas Indonesia? Yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini! 

Hewan khas Indonesia dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, seperti:

1. Mamalia

Menurut KBBI, mamalia merupakan kelompok binatang dalam kelas vertebrata dimana betinanya menyusui anaknya; binatang menyusui. Mamalia adalah salah satu kelas hewan yang paling kita kenal karena banyaknya hewan mamalia yang dapat kita temui disekitar. Hewan yang sering menjadi peliharaan seperti kucing, anjing, dan kelinci termasuk kedalam kelas mamalia. 

Ciri umum mamalia yaitu jenis betinanya memberi makan anak mereka dengan cara menyusui, karena itulah hewan mamalia juga sering disebut sebagai hewan menyusui. Selain itu, mamalia mudah dikenali karena ada beberapa ciri yang tidak ditemukan pada hewan lain seperti memiliki 3 tulang telinga tengah, memiliki bulu atau rambut, dan mamalia betina menghasilkan susu. 

Contoh hewan mamalia khas Indonesia yaitu Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Badak Bercula Satu, Anoa, Babi Hutan, Tapir, Babi rusa, Kuskus, dan sebagainya.

2. Reptilia

Menurut KBBI, reptil atau reptilia dapat diartikan sebagai binatang melata yang merupakan salah satu kelas vertebrata, terdiri atas beberapa bangsa, misalnya kura-kura, penyu, kadal, ular, buaya.

Ciri utama reptil adalah kulitnya yang bersisik. Sisik pada reptil dapat berupa sisik kecil dan berkilau seperti pada ular atau sisik keras dan bergelombang seperti pada buaya. Adapun reptil dengan cangkang keras seperti kura-kura memiliki sisik bertanduk yang menutupi cangkang luarnya yang keras. Selain itu, ciri pengenal lain dari hewan reptil yaitu mereka berkembang biak dengan cara bertelur.

Contoh reptil khas Indonesia yaitu biawak dan komodo.

3. Burung

Burung adalah anggota kelas kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Ciri utama burung yaitu memiliki paruh, sayap, bulu, dan berkembang biak secara bertelur. 

Contoh burung khas Indonesia yaitu Maleo, Cenderawasih, Jalak Bali Putih, Kakatua, dan sebagainya.

4. Amfibi

Menurut KBBI, amfibi merupakan binatang berdarah dingin yang dapat hidup di air dan di darat. Mirip dengan reptil, amfibi membutuhkan kondisi lingkungan yang tepat untuk mengatur suhu mereka.

Contoh amfibi khas Indonesia yaitu katak pohon, katak terbang, dan katak air.

Nama hewan khas Indonesia dalam bahasa Inggris

Berikut list nama-nama hewan khas Indonesia lengkap dengan nama dalam bahasa Latin dan bahasa Inggris.

Nama HewanNama IlmiahBahasa Inggris
Anoa Bubalus depressicornisLowland Anoa
Burung MaleoMacrocephalon maleoMaleo
Badak Bercula SatuRhinoceros sondaicusJavan Rhinoceros
CenderawasihParadisaeidaeBirds-of-paradise
Harimau SumateraPanthera tigris sumatraeSumatran tiger
Gajah SumateraElephas maximus sumatrensisSumatran elephant
KomodoVaranus komodoensisKomodo dragon
Jalak Bali PutihLeucopsar rothschildiBali myna
Kanguru PohonDendrolagus ursinusUrsine tree-kangaroo
OrangutanPongoOrangutan

Kalau kamu penasaran dengan materi-materi bahasa Inggris lainnya, yuk gabung kelas bahasa Inggris online di Cakap. Dengan tutor profesional, kamu akan mendapatkan pengalaman mengikuti kelas yang interaktif dan menyenangkan, belajar bahasa Inggris jadi makin seru! Yuk buruan daftar!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks