Asal Usul Hari Pramuka dan Fakta Unik Seputar Pramuka

Hari Pramuka

Waktu sekolah, kita pasti familiar sama kegiatan yang satu ini. Karena kegiatan ini, kita jadi ngerti sandi morse, kode semapur, dan sandi rumput. Selain itu, kegiatan ini juga punya berbagai tingkatan, dari siaga, penggalang, penegak, dan pandega. Setiap tahunnya di tanggal 14 Agustus, kita bakal merayakan hari kegiatan ini, yaitu Hari Pramuka.

Kalau di Indonesia, kita biasa mengenalnya sebagai praja muda karana atau Pramuka, kalau di dunia internasional, biasanya disebut dengan scout movement.

Biasanya nih, kita cuma tahu kegiatan pramuka dari sekolah aja. Padahal, sebenarnya pramuka ini punya sejarah dan banyak banget manfaatnya. Kenapa bisa ada Hari Pramuka ya?

Asal Usul Hari Pramuka

source: giphy.com

Pencetus gerakan pramuka adalah Robert Baden-Powell, anggota angkatan darat Inggris di tahun 1908. Powell menulis buku berjudul “Scouting for Boys” yang awalnya untuk tujuan militer. Buku tersebut menjadi awal mula terbentuknya gerakan pramuka.

Pramuka Indonesia pertama kali dimulai pada tahun 1912 pada zaman kolonial. Awalnya, pramuka bernama Netherlands Indies Scout Movement. Pramuka pun dulu dikenal sebagai gerakan Kepanduan. Istilah pramuka baru digunakan pada 14 Agustus 1961. Karena itu, setiap tahunnya, 14 Agustus dirayakan sebagai Hari Pramuka di Indonesia.

Kata-kata praja muda karana memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Karena jasa-jasanya dalam gerakan pramuka, Sri Sultan HB IX dinobatkan sebagai Bapak Pramuka Indonesia.

Serba Serbi Fakta Pramuka

source: giphy.com

Masih ingat nggak, saat pramuka di sekolah, pasti kita memakai baju berwarna coklat dengan lambang tunas kelapa, belajar baris berbaris, sampai sandi-sandi. So, what else you should know about scout movement?

Apa Arti dari Lambang Gerakan Pramuka?

source: giphy.com

Siluet tunas kelapa menjadi lambang gerakan pramuka yang sudah dipatenkan. Kenapa harus buah kelapa?

Pertama, buah kelapa yang sedang tumbuh, atau biasa dikenal dengan “Cikal”, memiliki arti bahwa pramuka adalah unsur paling penting dalam keberlangsungan bangsa Indonesia. Selain itu, buah kelapa juga dikenal dapat bertahan lama. Hal tersebut menyimbolkan seorang pramuka adalah orang yang kuat jasmani dan rohani.

Buah kelapa juga bisa tumbuh dimana aja lho. Seorang pramuka harus bisa beradaptasi dalam situasi apapun. Selain itu, kamu pasti tahu bahwa pohon kelapa itu tinggi menjulang. Nah, artinya, pramuka harus memiliki cita-cita yang tinggi.

Nggak cuma itu aja, akar kelapa yang kuat juga memiliki arti, yaitu pramuka memiliki kepribadian yang kuat. Dari ujung ke ujung, kelapa memiliki banyak guna dan manfaat. Harapannya, pramuka akan menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara.

Kenapa Seragam Pramuka Berwarna Coklat?

source: giphy.com

Kalau menurut Powell, warna coklat identik dengan alam sehingga seragam pramuka nggak gampang kotor ketika beraktivitas di alam bebas. Kalau di Indonesia, warna coklat dianggap sebagai warna baju yang banyak dipakai oleh pahlawan kemerdekaan di medan perang. 

Apa Manfaat Pramuka?

source: giphy.com

Jangan kira pramuka hanya identik dengan sandi dan gerakan baris berbaris ya. Nggak cuma lambangnya yang kaya akan makna, manfaatnya juga kaya!

Gerakan pramuka identik dengan kegiatan outdoor dan bekerja dalam tim. Artinya, skill teamwork kamu bakal diasah banget lewat kegiatan ini. Dengan belajar bekerja dalam tim, kamu akan tahu artinya kebersamaan dan toleransi bareng anggota lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa belajar menjadi orang yang lebih open minded. Beraktivitas di alam nggak mudah, kamu harus bisa menerima ide-ide baru dari orang lain untuk survive. Ide-ide yang baru bisa menimbulkan kreativitas yang akan membantu tim nantinya.

Kalau merasa sesak terus-terusan tinggal di kota, kamu bisa dapat kegiatan yang berbeda dengan ikut gerakan pramuka. Kegiatan pramuka sering dilakukan di alam bebas. Kamu bisa ngerasain gimana dekat dengan alam dan cara untuk berdamai dengan alam bebas. Kamu juga bisa paham pentingnya peduli dengan lingkungan kita. 

Karena permasalahan di alam bebas pun pastinya beda banget dengan permasalah di kota, disinilah kemampuan problem solving kamu diasah. Yup, kamu harus bisa menyelesaikan masalah yang nggak hanya tentang kamu, tapi juga orang lain dan lingkungan.

Setelah tahu ini semua, 14 Agustus nggak lagi jadi hari biasa. Kalau kamu orang tua dan si kecil sedang di usia sekolah, dukung terus kegiatan pramukanya di sekolah ya! Percaya deh, si kecil akan belajar banyak dengan gabung menjadi pramuka.

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google