Harbolnas 11.11 Ternyata untuk Para Lajang, Ini Sejarahnya

Gimana Sobat Cakap, kamu udah dapet barang incaranmu belum? 11.11 memang hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, terutama oleh orang-orang yang hobi berbelanja dan berburu diskon. Mungkin kamu juga salah satunya.

Pesta belanja online atau Harbolnas sebenarnya jatuh pada tanggal 12 Desember. Namun seiring berjalannya waktu banyak toko ritel maupun online mengadopsi 11.11 atau Single’s Day.

Berbagai e-commerce menawarkan begitu banyak promo fantastis, mulai dari diskon, promo gratis ongkir, buy 1 get 1, dan banyak lagi. Tapi kamu tahu gak sih kenapa 11.11 disebut Singles’ Day?

Sejarah

Sejarah
sumber: giphy.com

Ternyata, 11.11 disebut Singless Day karena awalnya memang ditujukan untuk para single atau lajang. Hayo di sini siapa yang masih jomblo nih?

Jadi, Singles’ Day ini adalah hari belanja yang pertama kali muncul di Cina. Awalnya, Singles’ Day disebut Bachelors’ Day. Tujuannya tak lain untuk merayakan status lajang para muda-mudi di sana. Tapi, tanggal cantik ini juga banyak dirayakan banyak pasangan, dengan lebih dari 4.000 pasangan di Beijing menikah pada tanggal ini.

Lalu siapa yang pertama kali menciptakan pesta belanja ini? Singles’ Day pertama kali muncul di Nanjing University pada tahun 1993. Dari sana, Singles’ Day kemudian menyebar ke berbagai universitas lain di Nanjing.

Tapi tidak ada yang pernah tahu tepatnya siapa atau bagaimana festival ini terbentuk. Salah satu teori yang paling populer adalah Singles’ Day merupakan budaya asrama mahasiswa Universitas Nanjing.

Kabarnya, festival ini dimulai oleh 4 mahasiswa laki-laki yang tinggal di dorm Universitas Nanjing. Mereka tengah membahas bagaimana caranya agar bisa melepaskan diri dari kebosanan melajang dan akhirnya muncul kesepakatan bahwa 11 November akan menjadi hari perayaan bagi para lajang.

Aktivitas ini pun menyebar di universitas mereka dan menjadi begitu besar hingga akhirnya juga diikuti oleh masyarakat. Dengan adanya media sosial, perayaan ini menjadi semakin populer di masyarakat Cina.

Makna Tanggal

Makna Tanggal
sumber: giphy.com

Kenapa memilih tanggal 11 November? Selain karena 11.11 merupakan tanggal cantik, angka 1 juga melambangkan seorang individu. Artinya, orang tersebut hanya seorang diri saja atau tidak memiliki pasangan, menggambarkan status lajangnya.

Angka 11 menggambar dua individu yang menemukan satu sama lain dan menghabiskan waktu bersama satu sama lain pada tanggal spesial tersebut. Sementara angka 11 yang diulang dua kali menggambarkan dua atau lebih pasangan yang masing-masing menemukan satu sama lain pada hari spesial tersebut.

Tak Hanya di Cina

Tak Hanya di Cina
sumber: giphy.com

Dengan adanya internet dan media sosial, festival belanja ini tersebar tak hanya di Cina saja tetapi ke berbagai penjuru dunia. 11.11 ini sangat menjamur khususnya di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Di Inggris, Singles’ Day juga dirayakan, tapi pada tanggal 11 Maret. Jika di Cina Singles’ Day diprakarsai oleh 4 orang mahasiswa, di Inggris Singles’ Day dimulai oleh sekelompok dating experts untuk membantu para lajang untuk mengubah status mereka atau sebaliknya, menikmati masa lajang mereka itu.

Di Jerman dan Belgia, sebuah perusahaan bernama Media Markt juga ikut mempromosikan Singles’ Day ini, tetapi mereka mendapat reaksi negatif. Hal ini dikarenakan 11 November juga bertepatan dengan Gencatan Senjata 11 November 1918 yang mengakhiri Perang Dunia I. Hari tersebut merupakan hari untuk memperingati para pahlawan perang yang gugur di Belgia.

Pada tahun 2016, perusahaan elektronik ritel Swedia Elgiganten turut mengkampanyekan Singles’ Day di Norwegia. Di tahun-tahun berikutnya, festival ini kemudian juga diadakan di beberapa negara Nordik lainnya.

Nah supaya makin untung di tanggal 11.11 ini, Cakap juga mau bagi-bagi promo asik nih. Belajar jadi makin mudah dan murah deh. Yuk serbu sebelum kehabisan!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google