Parents Wajib Penuhi 6 Hak Anak di Rumah

hak anak di rumah

Meskipun masih anak-anak, tetapi si kecil juga memiliki hak lho. Bukan hanya di sekolah, anak juga memiliki hak di rumah. Apakah parents sudah memenuhi hak anak di rumah? Atau justru engga tau apa hak anak di rumah?

Tenang, di bawah ini ada beberapa hak anak di rumah sehingga parents tak perlu khawatir. Beberapa hak anak di bawah diambil dari Konvensi Hak Anak PBB, jadi langsung aja yuk simak beberapa hak anak di rumah!

Hak Anak di Rumah

Berikut ini adalah beberapa hak anak di rumah:

Hak untuk Menyatakan Pendapat

source: giphy.com

Hak untuk memberikan pendapat terdapat dalam Konvensi Hak Anak PBB. Maksud dari hak pertama ini adalah anak memiliki kebebasan untuk mengutarakan pendapat baik melalui lisan maupun tulisan.

Nah, Moms udah dengerin pendapat si kecil belum kalau di rumah? Jangan lupa untuk menghargai pendapat si kecil ya, Moms!

Hak atas Rasa Aman

source: giphy.com

Tiap orang tua wajib memberikan rasa aman pada anaknya seperti contohnya tidak melakukan kekerasan di rumah. Namun, dilansir dari Tirto, laporan dari Global Report 2017: Ending Violance in Childhood mengungkap bahwa 73,7 persen anak Indonesia mengalami kekerasan di rumah. 

Menurut Konvensi Hak Anak PBB, ada beberapa jenis tindak kekerasan pada anak antara lain:

  • Kekerasan fisik atau mental
  • Pelecehan seksual
  • Perlakuan lalai
  • Eksploitasi

Memukul pantat atau menampar wajah termasuk kekerasan ringan lho, Moms. Terkadang juga kedua hal itu dilakukan parents dengan dalih hukuman atau sanksi pada anak. Padahal masih banyak cara untuk menghukum anak tanpa memerlukan kekerasan.

Hak untuk Mendapat Keputusan Terbaik

source: giphy.com

Anak-anak adalah makhluk hidup yang bergantung pada orang dewasa. Anak-anak belum bisa membuat keputusan sendiri. Maka dari itu, parents wajib memberikan keputusan yang terbaik ketika keputusan itu berhubungan dengan anak.

Jangan ragu untuk mengajak anak berdiskusi ketika parents ingin mengambil keputusan. Sebab, pada akhirnya anak yang akan menanggung dampak dari keputusan tersebut.

Anak Bilingual Lebih Cerdas dan Kreatif, Ajak Si Kecil Belajar di Cakap!

Hak atas Jaminan Kesehatan

source: giphy.com

Dalam masa tumbuh kembangnya, anak pasti sering diserang oleh penyakit. Peran parents sangat penting di sini. Parents wajib memberikan jaminan kesehatan pada anak agar ia sembuh atau terhindar dari penyakit.

Jaminan kesehatan seperti apa yang dimiliki anak? Jaminan kesehatan seperti imunisasi, asupan yang bernutrisi, pemeriksaan darah, dan kesehatan gigi. 

Hak untuk Mendapat Makanan dan Minuman

source: giphy.com

Anak memiliki hak untuk mendapatkan makanan dan minuman yang bernutrisi. Apalagi kalau anak sudah memasuki usia sekolah. Parents bisa cari tau kebutuhan gizi harian anak usia sekolah atau sekitar 6-10 tahun.

Memberikan makanan yang sehat tentu akan memberikan anak tenaga dan zat gizi yang diperlukan untuk menjalani aktivitas harian di sekolah. Berikut ini adalah sumber makanan yang wajib parents berikan setiap hari, antara lain Karborhidrat, Lemak, Protein, Serat, dan Vitamin.

Hak atas Pendidikan Selama di Rumah

source: giphy.com

Hak atas pendidikan tidak hanya di sekolah, tetapi juga di rumah. Parents perlu memberikan pengetahuan yang dapat membantu mengembangkan kepribadian, minat, serta bakat si kecil. 

Selain pendidikan formal, anak juga memiliki hak atas pendidikan informal. Salah satunya adalah kursus bahasa Inggris. Di era globalisasi seperti sekarang, memiliki skill bahasa Inggris adalah kewajiban. Maka lebih baik parents mengajaknya belajar sejak dini.

Pendidikan tidak selalu tentang belajar dari textbook. Bermain juga salah satu bentuk pendidikan, hal ini juga jadi bagian dari hak anak di rumah. Ajak anak memainkan permainan mendidik sehingga dapat merangsang otaknya.

Hak anak di rumah perlu dihormati parents atau anggota keluarga yang lain. Sebab, setiap hak yang dimiliki anak itu penting dan tidak bisa dirampas dari anak. Apakah parents sudah menghargai hak anak di rumah?

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google