Habis Liburan? Ini Dia Cara Agar Tidak Lupa Materi Bahasa Mandarin!

Habis Liburan? Ini Dia Cara Agar Tidak Lupa Materi Bahasa Mandarin!

Dalam belajar bahasa Mandarin atau bahasa asing lainnya, terkadang kamu merasa jenuh dan ingin beristirahat sejenak. Tidak masalah jika kamu memang membutuhkannya. Kamu pun boleh beristirahat selama beberapa hari atau minggu. Masalahnya, setelah “liburan” dari belajar bahasa Mandarin, bagaimana kabar kemampuan berbahasamu? Masih ingat atau sudah lupa?

Tidak sedikit yang mengalami kegoyahan dalam fondasi dasar bahasa Mandarin. Rasa lupa ini terjadi pada kita semua. Ada saatnya di mana kamu mengalami kesulitan dalam memahami materi sehingga tekadmu menjadi goyah, namun ada juga saat di mana materi belajar bahasa Mandarin terasa begitu mudah dipelajari.

Bagi kamu yang sedang mengalami pasang surut dalam belajar dan memang sudah merasa jenuh, sangat disarankan untuk berlibur. Untuk menghindari rasa lupa akan materi yang sudah dipelajari, berikut cara agar tetap ingat mater belajar bahasa Mandarin:

Tekankan pada apa yang sudah diketahui

Habis Liburan? Ini Dia Cara Agar Tidak Lupa Materi Bahasa Mandarin!
sumber: giphy

Jika kamu telah mengambil kursus online bahasa Mandarin tetapi mendapati diri kamu berhenti sejenak, fokuslah untuk meninjau kembali apa yang telah kamu pelajari. Mengarungi materi baru yang mengintimidasi hanya akan mengecilkan hatimu dan pada akhirnya akan membuat kamu ingin berhenti lagi.

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Mandarin Kamu Dengan Belajar di Cakap

Satu metode hebat yang dapat dilakukan adalah dengan meninjau dan mempelajari kembali apa yang telah kamu pelajari. Kamu bisa membaca kembali buku dan catatan lamamu tentang pelajaran dasar bahasa Mandarin atau mendengarkan podcast bahasa Mandarin.

Belajar bahasa Mandarin melalui podcast bukan saja lebih mudah untuk dipahami, tetapi juga membantu memperkuat basis pengetahuanmu yang sudah ada sebelumnya. Teknik ulasan ini dapat membantumu merasa percaya diri ketika menghadapi materi baru yang lebih menantang.

Kembangkan rutinitas

Habis Liburan? Ini Dia Cara Agar Tidak Lupa Materi Bahasa Mandarin!
sumber: giphy

Rasa jenuh setelah beberapa lama belajar bahasa Mandarin memang hampir tidak bisa dihindari. Liburan memang baik namun mengumpulkan niat untuk kembali belajar pun tidak mudah. Salah satu cara untuk kembali membiasakan diri belajar bahasa Mandarin adalah dengan menjadikannya sebagai sebuah rutinitas.

Biasakan beberapa kebiasaan baik seperti mengikuti diskusi online di Cakap Live minimal seminggu sekali atau membuat sepuluh flashcard setiap malam. Bisa juga dengan membiasakan diri untuk membaca beberapa dialog Mandarin sebelum kamu pergi tidur. Ini adalah ritual kecil harian yang telah membantumu mempertahankan tingkat kelancaran berbahasa Mandarin. Seperti halnya dengan berolahraga, kamu harus latihan setiap hari jika ingin melihat kemajuan, otak kamu juga perlu dirangsang sedikit setiap hari agar dapat mempelajari bahasa baru dengan benar.

Ambil jeda yang lebih konstruktif

Habis Liburan? Ini Dia Cara Agar Tidak Lupa Materi Bahasa Mandarin!
sumber: giphy

Kita semua butuh istirahat namun tidka perlu mengambil istirahat panjang dari belajar bahasa Mandarin sehingga menjadi kurang produktif. Mungkin setelah menulis dan mendengarkan bahasa Mandarin beberapa hari berturut-turut, kamu bisa mengambil hari libur. Hal ini dibutuhkan agar otak dapat menyerap semua pengetahuan yang telah kamu dapatkan dengan susah payah.

Belajar terlalu keras dan terlalu cepat hanya akan membuatmu jenuh lebih cepat dan pada akhirnya kamu akan terlalu lama beristirahat. Lebih baik bergerak dengan kecepatan yang lebih stabil dan sesuai dengan kemampuanmu, misalnya seminggu tiga kali mengikuti kelas bahasa Mandarin online dan seminggu sekali mengikuti diskusi online.

Rasa jenuh itu biasa namun memang sulit untuk mengumpulkan kembali sebagian “nyawa” yang hilang ketika liburan. Memaksakan diri untuk memulai kembali terkadang menimbulkan rasa ragu karena mungkin saja kamu takut melupakan sebagian materi yang sudah dipelajari. Untuk mengindari tersebut, dibutuhkan pengulangan berkala agar kemampuan bahasa Mandarinmu pun akan semakin baik. Selamat mencoba!

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google