Gawat, Game PUBG Ditutup!

Gawat, Game PUBG Ditutup!

PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG mungkin merupakan salah satu game terbesar di dunia tapi penerbit game asal Tiongkok, Tencent, dikabarkan telah menghentikan game ini di wilayah tersebut. Meskipun negara ini menjadi pasar yang sangat besar dengan 70 juta pelanggan dari Tiongkok yang memainkan PUBG Mobile setiap hari, Tencent telah menutup game dan menggantinya dengan alternatif yang lebih patriotik.

Alasan Tencent adalah penolakan pemerintah Tiongkok untuk mengizinkan pembelian dalam aplikasi di PUBG Mobile. Sebagai tanggapan, penggantinya, Game for Peace, telah diberikan perubahan sosialis untuk memenuhi peraturan pemerintah yang ketat. Menurut Reuters, Tencent menggambarkan Game for Peace sebagai permainan menembak taktis yang “memberi penghormatan kepada prajurit langit biru yang menjaga wilayah udara negara kita,” mengacu pada angkatan udara Tiongkok.

Gawat, Game PUBG Ditutup!
sumber: giphy

Perubahan termasuk tidak adanya darah dalam Game for Peace dan karakter hanya duduk sambil melambaikan tangan ketika mereka terbunuh. Namun, analis Cui Chenyu mengatakan Game for Peace dinyatakan “hampir persis sama” dengan PUBG. “Gameplay, latar belakang, desain grafis, dan karakter, mereka hampir sama,” katanya. Selain itu, para pemain telah melaporkan bahwa kemajuan mereka telah terbawa dari PUBG ke Game for Peace.

Tencent, di sisi lain, mengatakan dua permainan itu milik “genre yang sangat berbeda.” Masalah ini semakin rumit karena meskipun Tencent memiliki saham di penerbit PUBG, Krafton (sebelumnya dikenal sebagai Bluehole), dan memegang lisensi eksklusif untuk menerbitkan PUBG di Tiongkok, mereka tidak memiliki merek PUBG secara langsung. Seorang juru bicara Krafton mengatakan kepada Reuters bahwa penerbit sedang mencari status PUBG di Tiongkok dan menolak berkomentar lebih lanjut.

PUBG Mobile diluncurkan di negara barat pada tahun 2018, dan itu akan segera bergabung dengan game battle royale besar lainnya: EA yang baru-baru ini mengumumkan bahwa Apex Legends akan hadir di ponsel.

Menurut sobat Cakap bagaimana dengan kasus ini? Ketika kamu hobi main PUBG dan kebetulan juga mendapatkan beasiswa ke Beijing, apa yang akan kamu lakukan jika kamu tidak bisa bermain lagi? Padahal, PUBG bisa sangat membantu kamu yang sedang belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Melalui fitur voice chat, kamu dapat berinteraksi dengan pemain lain dari seluruh dunia. Ini sangat baik untuk melatih kemampuan berbahasa asingmu.

Gawat, Game PUBG Ditutup!
sumber: giphy

Tapi karena mungkin kamu sudah tidak bisa bermain dengan pemain asal Tiongkok, kamu masih bisa berlatih bahasa Mandarin dengan Cakap Live atau Cakap Chat. Kedua fitur teranyar dari Cakap ini bisa membantumu berlatih bahasa Mandarin, Inggris, dan Jepang hanya dari smartphone-mu saja.

Kamu cukup mengunduh aplikasi Cakap di App Store atau Play Store di ponsel kamu. Setelah itu, kamu bisa belajar dan berlatih bahasa asing dengan pengajar profesional dari luar negeri. Tidak hanya itu, dengan fitur Cakap Live, kamu bisa berdiskusi dengan pelajar bahasa asing lainnya mengenai berbagai topik menarik dan didampingi oleh pengajar profesional Cakap.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google