Gaul Bersama Al Quran Oleh Ustadz Khairi Fuadi

islam yang gaul menurut Ustadz Khairi Fuadi

Melalui program Awadah Dakwah Festival yang dapat diakses di aplikasi Cakap, ustadz Khairi Fuadi membuka kajian tentang, “Gaul Bersama Al Quran” dengan melantunkan sebuah syair :

اللهُمَّ ارْحَمْناَ باِلقُرءَانِ

وَاجْعَلْهُ لَنَا إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًا وَرَحْمَة

اللهُمَّ ذَكِّرنَا مِنْهُ ماَ نَسِيْناَ وَعَلِّمْناَ

مِنْهُ ماَ جَهِلْناَ

وَارْزُقْناَ تِلاَوَتَهُ ءَاناَءَ اللَّيلِ

وَأطْرَافَ النَّهاَرِ وَاجْعَلْهُ لَناَ حُجَّةً

ياَ رَبَّ العَالَمِينَ

Artinya : 

“Ya Allah Kasih Sayangilah daku, dengan sebab Al Quran ini, Dan jadikanlah Al Quran ini sebagai pemimpin, sebagai cahaya, sebagai petunjuk, dan sebagai rahmat bagiku. Ya Allah ingatkanlah daku, apa-apa yang aku lupa dalam Al Quran, yang telah Kau jelaskan, dan ajarilah apa-apa yang aku belum mengetahui, Dan karuniailah aku, selalu sempat membaca AlQuran, pada malam dan siang hari, Dan jadikanlah Al Quran ini, sebagai hujjah bagiku, Ya Allah Tuhan semesta alam”

Sungguh menjadi sebuah keutamaan bagi setiap umat Islam untuk mencintai Al Quran. Allah Ta’ala menurunkan Al-Quran tentunya bukan hanya untuk kita lihat. Tapi Allah menurunkan Al-Quran, agar kita membaca dan mengamalkannya. Karena kelak, Al-Quran akan memberi kita syafaat di hari kiamat. 

Sebagaimana hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam :

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ الْبَقَرَةَ وَسُورَةَ آلِ عِمْرَانَ فَإِنَّهُمَا تَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ تُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلاَ تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

Artinya : “Bacalah Al Quran karena Al Quran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi’ (pemberi syafa’at) bagi yang membacanya. Bacalah Az Zahrowain (dua surat cahaya) yaitu surat Al Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan yang lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut. Bacalah pula surat Al Baqarah. Mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya.” (HR. Muslim no. 1910)

Selain menjadi penyelamat di hari akhir, Allah Ta’ala memberikan rahasia cinta-Nya melalui Al Quran. Sehingga umat muslim tentu harus mencintai Al Quran dengan sungguh-sungguh. Bukti terbesar cinta kepada al Qur`an, yaitu seseorang berusaha untuk mehamami, merenungi dan memikirkan makna-maknanya. Sebaliknya, bukti kelemahan cinta kepada al Qur`an atau tidak cinta sama sekali, yaitu berpaling tidak merenungi maknanya. 

Mentadabburi al Qur`an dapat mengobati berbagai macam penyakit hati, membersihkannya dari kotoran, serta dapat memberikan jawaban dan bantahan terhadap syubhat yang dibawakan setan, manusia, dan jin. Berbeda dengan orang munafik, karena enggan merenungi al Qur`an dan tidak mencari petunjuk darinya, maka hati mereka sakit, penuh penyakit syubhat dan syahwat

Ustadz Khairi Fuadi menjelaskan lebih dalam mengenai, “Gaul Bersama Al Quran” pada kajian Awadah Dakwah Festival 2020 melalui tayangan video berikut ini.

Gaul Bersama Al Quran

Oleh Ustadz Khairi Fuadi

Ikuti Awadah Dakwah Festival secara LIVE, pukul 16.00 WIB dan 21.00 WIB setiap hari selama bulan Ramadhan hanya di aplikasi Cakap, sebuah platform belajar bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Jepang, Mandarin dan Indonesia.  

Jangan lupa untuk download aplikasi Cakap untuk dapat terus tonton video Awadah Dakwah Festival setiap hari selama bulan Ramadhan 1441 H. Cari tau di sini untuk jadwal lengkap  Awadah Dakwah Festival 2020.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google