Festival Salju Sapporo

Festival Salju Sapporo

Bulan Februari merupakan puncak dari musim dingin di Jepang. Namun, salju yang tebal dan suhu yang rendah tidak menyurutkan hati tapi lebih membuat bersemangat dan merayakan musim dingin. Bagi kamu yang ingin traveling ke Jepang di bulan Februari, salah satu acara penting yang harus kamu kunjungi adalah Festival Salju Sapporo.

The Sapporo Snow Festival (さっぽろ雪まつり—Sapporo Yuki Matsuri) atau Festival Salju Sapporo diadakan selama satu minggu setiap bulan Februari di ibu kota Hokkaido, Sapporo. Ini adalah salah satu acara musim dingin paling populer di Jepang.

Festival Salju Sapporo dimulai pada tahun 1950, ketika siswa sekolah menengah membangun beberapa patung salju di Taman Odori. Sejak itu berkembang menjadi acara besar yang dikomersialkan, menampilkan patung salju dan es yang spektakuler dan menarik lebih dari dua juta pengunjung dari Jepang dan di seluruh dunia.

Festival Salju Sapporo
sumber: giphy

Festival Salju dipentaskan di tiga situs: Situs Odori, Situs Susukino, dan Situs Tsu Dome. Situs utama adalah Situs Odori di Taman Odori sepanjang 1,5 kilometer yang terletak di pusat kota Sapporo. Patung-patung salju besar yang terkenal di festival ini, beberapa berukuran lebih dari 25 meter dan 15 meter, dipamerkan di sana. Mereka menyala setiap hari hingga pukul 22:00.

Selain sekitar selusin patung salju besar, Situs Odori memamerkan lebih dari seratus patung salju kecil dan menyelenggarakan beberapa konser dan acara, banyak di antaranya menggunakan patung itu sebagai panggungnya.

Pemandangan yang indah dari Situs Odori dapat dinikmati dari Menara TV Sapporo di ujung timur Taman Odori. Menara ini telah diperpanjang jam (8:30-22:30) selama festival. Untuk masuk ke dek observatorium pengunjung harus merogoh kocek sebesar 720 yen per orang dewasa.

Situs Susukino, yang terletak di distrik hiburan terbesar Sapporo dan memamerkan sekitar seratus patung es. Susukino terletak hanya satu halte kereta bawah tanah di selatan Taman Odori. Patung es menyala setiap hari hingga pukul 23:00 (hingga 22:00 pada hari terakhir festival).

Festival Salju Sapporo
sumber: giphy

Situs Tsu Dome adalah situs yang berorientasi keluarga dengan tiga jenis seluncuran salju, arung jeram salju, dan lebih banyak patung salju. Di dalam kubah, ada banyak kios makanan dan panggung untuk acara. Situs Tsu Dome buka setiap hari mulai jam 9:00 hingga 17:00. Situs Tsu Dome dibuka beberapa hari sebelum dimulainya festival, pada 31 Januari 2019.

Sementara Situs Odori dan Susukino berada di pusat kota Sapporo, Situs Kubah Tsu terletak di luar pusat kota. Akses dimungkinkan dengan bus antar-jemput (100 yen sekali jalan, keberangkatan setiap 5-10 menit) atau dalam 15 menit berjalan kaki dari Stasiun Sakaemachi, stasiun terminal Toho Subway Line (10 menit, 250 yen dari Stasiun Sapporo).

Bus antar-jemput ke Situs Tsu Dome juga berangkat dari Situs Odori dan dari Stasiun Sapporo (210 yen sekali jalan, setiap 15-30 menit). Perhatikan bahwa tidak ada parkir tersedia di dekat Situs Tsu Dome.

Berkunjung ke Jepang di musim dingin menyajikan pengalaman berbeda bagi wisatawan. Kamu bisa menikmati suasana musim dingin dan menghadiri berbagai festival sambil berlatih kemampuan bahasa Jepang. Di bulan Februari, Jepang juga merayakan hari Valentine yang tidak bisa dilewatkan. Setelah kamu selesai dengan Festival Salju Sapporo, kamu bisa menikmati suasana romantis di hari Valentine di Tokyo. Menikmari hidangan spesial hari kasih sayang dan hiasan kota yang gemerlap. Jadi, bila kamu tidak ingin merasakan padatnya musim panas di pantai Jepang, kunjungilah Jepang di musim dingin dan hadiri berbagai festival dan acara musim dingin di Jepang.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google