7 Fakta Menarik Bahasa Mandarin yang Belum Kamu Ketahui

bahasa mandarin

Perekonomian Tiongkok terus berkembang pesat akhir-akhir ini. Hal ini membuat sebagian besar pebisnis tertarik untuk belajar bahasa Mandarin untuk memperluas jangkauannya bisnisnya.

Nah, sebagai pengantar belajar bahasa Mandarin, kamu perlu mengetahui fakta-fakta menarik seputar bahasa Mandarin. Dengan begitu, kamu bisa mulai belajar dengan mudah. Daripada penasaran, cek fakta bahasa Mandarin di bawah ini, yuk!

Fakta Menarik Bahasa Mandarin

source: giphy.com

1. Jumlah Penutur Bahasa Mandarin

Jumlah penutur bahasa Mandarin diperkirakan lebih dari satu milyar jiwa. Sebab, satu milyar penduduk China menggunakan bahasa Mandarin. Selain China, negara-negara seperti Singapura, Malaysia, dan Taiwan, juga menggunakan bahasa Mandarin.

Total populasi dunia saat ini sekitar 7 milyar jiwa. Jadi, jika ada satu milyar lebih penduduk yang menggunakan bahasa Mandarin, maka 15% populasi dunia menggunakan bahasa Mandarin. Banyak banget, kan?

2. Asal Usul Karakter Mandarin

Huruf atau karakater Mandarin dikenal sebagai Hanzi. Bagi orang Indonesia mungkin cukup sulit ketika belajar bahasa Mandarin pertama kali karena ada perbedaan bentuk huruf.

Huruf Mandarin atau Hanzi merupakan huruf tertua di dunia. Huruf hanzi berasal dari catatan yang berupa gambar. Sejak zaman dahulu, hanzi terus mengalami perubahan bentuk yaitu Jiaguwen, Jinwen, Xiaozhuan, Lishu, dan juga Khaisu.

Kini penutur bahasa Mandarin menggunakan huruf Hanzi dalam bentuk khaisu. Untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk lama Hanzi, kamu bisa ikut kursus bahasa Mandarin agar bisa sekalian menguasainya juga.

Baca Juga:Mengupas Sejarah Huruf-huruf Bahasa Mandarin

Ini Rahasia Cepat Fasih Bahasa Mandarin dari Rumah!

3. Jumlah Karakter Mandarin

Bahasa Mandarin memiliki jumlah karakter yang banyak. Ada sekitar 100.000 karakter Mandarin yang tercatat dalam kamus bahasa Mandarin. Kemungkinan akan terus bertembah agar tetap mengikuti perkembangan zaman.

Namun begitu, dari sekian banyak karakter Mandarin, hanya sekitar 2500 karakter yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Nah, supaya kamu fasih, kamu bisa mulai belajar dari contoh percakapan bahasa Mandarin.

Baca Juga:Apa Bedanya Huruf Kanji dan Hanzi?

4. Jumlah Nada dalam Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin tergolong unik dan berbeda dari bahasa lainnya. Sebab, bahasa Mandarin merupakan bahasa bernada. Ada empat nada dalam bahasa Mandarin dengan bunyi yang berbeda-beda.

Karena bahasa Mandarin menggunakan nada, hal ini membantu kamu untuk meningkatkan kualitas suara ketika bernyanyi. Apalagi jika belajar sejak dini, hal ini menjadi salah satu alasan mengapa anak harus belajar bahasa Mandarin.

5. Umur Ideal untuk Belajar Bahasa Mandarin

Tidak ada batasan umur untuk mempelajari bahasa Mandarin. Baik dewasa atau anak-anak, kamu bisa mulai belajar bahasa Mandarin kapan saja. Namun, jika kamu sudah memulainya sejak dini, pastinya akan ada keuntungan lainnya yang akan kamu dapatkan.

Maka dari itu, jika kamu sudah memiliki anak atau adik yang masih kecil, segera ajak ia kursus bahasa Mandarin. Dengan begitu, ia dapat menguasai bahasa Mandarin dengan baik.

Baca Juga:5 Alasan Mengapa Anak Harus Belajar Bahasa Mandarin

Kini Si Kecil Bisa Kursus Bahasa Mandarin di Cakap!

6. Anak-anak Tokoh Dunia Mulai Belajar Bahasa Mandarin

Melihat perkembangan ekonomi Tiongkok yang kian pesat, beberapa tokoh dunia mulai mendaftarkan anaknya untuk kursus bahasa Mandarin. Nama-nama tokoh mulai dari Jeff Bezos, Mark Zuckerberg, Ivanka Trump, hingga Pangeran William.

7. Tempat Terbaik Belajar Bahasa Mandarin

Kursus Mandarin online seperti Cakap merupakan tempat terbaik untuk belajar bahasa Mandarin. Sebab, kamu bisa belajar dari mana saja sehingga terbebas dari kemacetan atau jadwalmu yang padat.

Bahkan, anak-anak kini bisa kursus bahasa Mandarin di Cakap. Dengan metode interaktif, anak bisa tatap muka langsung dengan si tutor sehingga ia bisa langsung melatih berbagai kemampuan bahasa Mandarin, seperti berbicara, membaca, atau menulis.

Baca Juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks