Belajar dari Emily In Paris: Bahasa Asing Itu Wajib!

emily in paris

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu diminta untuk bekerja di negara yang kamu tidak mengerti bahasanya? 

Hal inilah yang terjadi pada tokoh Emily Cooper dalam serial Netflix Emily in Paris. Wanita asal Chicago tersebut tiba-tiba diminta menggantikan atasannya yang sedang hamil untuk bekerja di Paris, Prancis. Petualangan seorang Emily di kota yang terkenal dengan fashion dan kuliner tersebut pun dimulai. 

Nah, bagi kamu yang belum menonton maupun penggemar serial Emily in Paris, 5 hal berikut mungkin bisa menjadi motivasimu untuk belajar bahasa. 

1. Bahasa asing itu wajib! 

Source: Emily in Paris Official Trailer @ Youtube

Dari Emily Cooper kita belajar bahwa menguasai bahasa asing itu wajib! Terutama jika kamu berencana untuk menetap dalam jangka waktu yang cukup lama di negara tersebut. Bayangkan sulitnya berada di posisi Emily yang harus berkomunikasi dengan orang-orang yang hanya bisa bahasa Prancis. Kamu tentunya tidak mau, bukan? 

2. Setidaknya kuasai bahasa Inggris

Source: Emily in Paris Official Trailer @ Youtube

Sebagai warga negara Amerika Serikat, Emily tentu saja menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibunya. Salah satu hal yang cukup membantu adalah beberapa orang di sekitarnya cukup mahir berbahasa Inggris karena merupakan bahasa internasional. Kita yang bukan penutur aslinya, wajib banget belajar bahasa Inggris, nih!

3. Bahasa mempermudah memahami budaya

Source: Emily in Paris 2 Official Trailer @ Youtube

Ingin memahami suatu budaya? Pahami dulu bahasanya! Salah satu hal menarik lainnya dari petualangan Emily sebagai wanita Amerika di Paris adalah adaptasi budaya. Ada banyak sekali adegan di mana Emily cengo karena perbedaan budaya antara Prancis dan Amerika. Hal ini diperparah karena Emily tidak mengerti bahasa Prancis melainkan hanya sedikit. 

4. Tidak ada kata terlambat untuk belajar

Source: Emily in Paris 2 Official Trailer @ Youtube

Meskipun tidak menguasai bahasa Prancis sebelum berangkat, Emily tetap mengambil kelas bahasa Prancis ketika sudah di Paris. Pekerjaannya di firma pemasaran pun tidak menjadi penghalang baginya untuk tetap belajar di sela kesibukan berkarier. Selain belajar bahasa baru, Emily juga bertemu dengan orang-orang baru sesama pendatang di Prancis. 

5. Practise makes perfect

Source: Emily in Paris 2 Official Trailer @ Youtube

Sudah bukan rahasia kalau salah satu poin penting belajar bahasa adalah dengan mempraktikkannya. Sepanjang musim pertama serial ini, Emily tampak kurang mempraktikkan bahasa Prancisnya karena dikelilingi orang-orang yang bisa berbahasa Inggris. Namun ia sudah lebih banyak belajar dengan praktik pada musim kedua. 

Nah, itu dia lima pelajaran penting dalam serial Emily in Paris yang mungkin jadi menjadi motivasimu untuk lebih serius mempelajari bahasa asing. Apalagi bagi kamu yang ingin melanjutkan studi atau karier ke Jepang, Tiongkok, dan Korea. Ikut kursus bahasanya di Cakap dulu, yuk! 

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.