Duh, Polusi! Ini 4 Cara Kamu Bisa Membantu Kurangi Polusi Udara

polusi jakarta

Apakah masker menjadi salah satu starter kit kamu untuk berangkat sekolah atau kerja? 

Kualitas udara di Ibukota memang merupakan salah satu yang terburuk di dunia. Sudah berkali-kali Jakarta menduduki peringkat satu dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk AirVisual. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran banyak orang. Oleh karena itu, orang-orang mulai menggunakan masker setiap keluar rumah untuk berlindung dari polusi udara yang mengepung Jakarta.

Polusi udara sangat berbahaya bagi kesehatan. Gangguan pernapasan seperti asma dan infeksi saluran pernapasan, iritasi mata, hingga penyakit jantung dan paru-paru menjadi risiko nyata yang mengancam kesehatan.

Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan serius untuk menangani masalah polusi yang menghantui Jakarta, juga kota-kota lainnya yang menghadapi masalah yang sama. Masyarakat mendesak pemerintah untuk segera mencari solusi. Sejumlah strategi pun telah dirancang, salah satunya dengan membagikan tanaman lidah mertua yang diyakini mampu menjadi anti-polutan.

Selain dari pemerintah, kita sebagai masyarakat juga bisa lho ikut memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kualitas udara di kota kita. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengurangi polusi udara?

Gunakan Transportasi Publik

transportasi public

Asap kendaraan mengeluarkan emisi tak ramah lingkungan yang menjadi salah satu penyebab utama polusi udara lho. Maka itu, sebisa mungkin gunakan transportasi umum ya.

Sekarang sudah banyak transportasi publik yang bisa diakses. Ada Transjakarta, KRL, MRT, dan transportasi umum lainnya. Selain mengurangi polusi udara, kamu juga bisa terlepas dari kemacetan yang sering bikin kepala pusing. Pilihannya di kamu, mau naik kendaraan pribadi atau transportasi publik? Buat keputusan yang bijak ya

Hemat Penggunaan Listrik

electricity

Apa hubungannya penggunaan listrik dengan polusi udara? Tenaga listrik dihasilkan dari pembangkit listrik. Untuk mengoperasikan pembangkit listrik, dibutuhkan bahan bakar minyak atau batu bara. Proses ini mengeluarkan zat-zat yang mencemari udara.

Oleh karena itu, jangan boros-boros menggunakan listrik ya! Kamu bisa mulai dari hal kecil, misalnya selalu mematikan lampu dan mencabut alat elektronik lainnya saat tidak digunakan. Cara ini juga membuat tagihan listrikmu lebih ekonomis.

Tanam Tumbuhan Anti-Polutan

tumbuhan anti-polutan

Lagi mencari dekorasi rumah? Mending beli tumbuh-tumbuhan aja! Selain lebih natural dan menyejukkan, ada beberapa tanaman yang bisa menangkal polusi dengan menghilangkan karbon monoksida.

Tanaman-tanaman ini juga bukan tanaman yang sulit ditemukan. Bahkan, kamu bisa dengan mudah mencarinya di sekitar tempat tinggal atau di toko tanaman terdekat. Berikut tumbuhan anti-polutan yang bisa kamu tanam:

  • Lidah buaya
  • Bambu
  • Pakis
  • Lili
  • Lidah Mertua

Belajar di Cakap

kursus online di cakap

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa hubungannya belajar dengan mengurangi polusi udara? Jadi begini, di Cakap kamu bisa belajar bahasa secara online. Kamu tidak harus naik motor atau mobil untuk pulang pergi ke tempat les. Artinya, kamu tidak menjadi salah satu penyebab meningkatnya polusi udara.

Ini juga menjadi salah satu cara untuk berhemat. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk beli buku, bayar bensin, ataupun parkir. Hanya dengan modal kuota internet atau Wi-Fi, kamu sudah bisa mengakses kelas-kelas di Cakap.

Ditambah lagi, kamu bisa belajar di mana dan kapan saja. Macet, aturan ganjil genap, banjir, atau mati lampu tidak lagi menjadi penghalang kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa asingmu. Belajar jadi lebih fleksibel deh!

Langkah-langkah kecil ini memang terlihat sederhana. Namun, apabila kebiasaan ini dilakukan oleh banyak orang, tentu dampaknya akan terasa. Yuk, mulai berkontribusi untuk mengurangi polusi demi lingkungan yang sehat!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google