Doa Menerima Zakat Fitrah: Doa yang Wajib Dibaca Saat Menerimanya

doa menerima zakat fitrah

Ramadhan sudah hampir selesai, memasuki hari ke 23 Ramadhan berarti tersisa tujuh hari lagi sebelum menjelang Idul Fitri. Namun, sebelum perayaan Idul Fitri tiba, ada suatu kewajiban yang harus dipenuhi, yaitu zakat fitrah.

Kewajiban menunaikan zakat termasuk rukun Islam yang keempat, oleh karena itu zakat merupakan suatu yang harus dilaksanakan. Salah satu zakat yang wajib dikeluarkan di bulan Ramadhan adalah Zakat Fitrah. Lantas sudahkah kamu tahu berapa bagian yang harus dikeluarkan? Seperti apa niatnya dan bagaimana doa menerima zakat fitrah? Check this out!

Apa itu Zakat Fitrah?

source: giphy.com

Seperti yang kita ketahui, zakat fitrah merupakan salah satu zakat yang wajib untuk dipenuhi setiap muslim di dunia. Zakat ini biasanya dikeluarkan setiap satu tahun sekali, yaitu pada bulan Ramadhan sampai sebelum dilaksanakannya sholat Ied. Hal tersebutlah yang membedakan zakat fitrah dengan zakat zakat lain.

Zakat fitrah ini merupakan zakat yang digunakan untuk mensucikan diri setelah ibadah di bulan Ramadhan. Zakat fitrah biasanya diberikan pada mereka yang berhak menerima zakat fitrah, yaitu fakir, miskin, hamba sahaya, gharim, mualaf, fisabilillah, ibnu sabil, dan amil.

Doa Niat Zakat Fitrah

Sebelum menunaikan zakat harus diawali dengan membaca niat, berikut doa niat zakat fitrah beserta artinya dalam bahasa Indonesia;

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhu lillahi ta’ala.

Artinya: Saya niat mengeluarkan zakat fitrah  atas diri saya sendiri, fardu karena Allah Taala”

Kata “Fardhu” di atas memberi penekanan bahwa zakat fitrah merupakan zakat yang memang wajib untuk ditunaikan bagi umat muslim.

Biasanya, bagi yang menunaikan zakat fitrah dalam bentuk bahan pokok, seperti beras, sang penunai zakat fitrah mengucapkan niat seraya menyentuh beras yang akan ia berikan sebagai zakat fitrah.

Setelah menerima zakat fitrah, alangkah baiknya para penerima zakat fitrah membaca doa menerima zakat fitrah yang ada di bawah ini!

Doa Menerima Zakat Fitrah

Selain Niat Zakat fitrah yang wajib dilafalkan sang penunai zakat, ada pula doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang menerima zakat fitrah.

Pada saat menerima zakat fitrah, mereka yang berhak menerima zakat tersebut disunnahkan untuk membaca doa (sebagai bentuk syukur), berikut doa menerima zakat fitrah;

Doanya adalah sebagai berikut:

ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭً

Aajarakallahu fiima a’thaita, wa baaroka fiima abqaita wa ja’alahu laka thohurron

Artinya; Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang sudah engkau berikan (zakatkan), dan semoga Allah memberkahimu dalam harta yang kau simpan dan menjadikkannya sebagi pembersih (dosa) bagimu.

Doa menerima zakat fitrah tersebut memiliki makna yang baik, dari arti doa menerima zakat fitrah di atas jelas terkandung ucapan syukur serta doa dari penerima zakat kepada pemberi zakat agar Allah menjadikan pahala dan berkah atas hartanya, dan Allah sucikan harta mereka melalui zakat fitrah ini. 

Selain diucapkan ketika menerima zakat fitrah, doa tersebut juga bisa diucapkan ketika menerima zakat mal.

Semoga Allah memuliakan mereka yang membaca doa menerima zakat fitrah ketika mereka menerima haknya.

Berapa Banyak Bagian yang Harus Dikeluarkan untuk Zakat Fitrah?

Dari Ibnu Umar Radiyallahu anhuma “Rasullullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau SAW memerintahkannya sebelum orang orang keluar untuk shalat (Shalat Ied)”. (HR. Bukhari Muslim).

Di Indonesia sendiri biasanya zakat fitrah dibayarkan dalam bentuk bahan pokok berupa beras sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter. Para ulama, di antaranya Shaikh Yusuf Qardawi mengatakan bahwa zakat fitrah boleh ditunaikan dalam bentuk uang yang nilainya setara 1 sha’ gandum, kurma, atau beras. 

Demikianlah penjelasan mengenai zakat fitrah dan doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika menerima zakat fitrah. Jangan lupa untuk diamalkan ya, Sobat Cakap!

Maksimalkan sisa sisa hari di bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan positif, Cakap mengundangmu untuk bergabung dan ikutan Cakap Raya Fest. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kamu temukan di Cakap Raya Fest loh. Yuk langsung aja cari tahu dengan cara klik Cakap Raya Fest ini.

 Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks