Doa Berbuka Puasa dan Artinya Lengkap dengan Anjuran

doa berbuka puasa dan artinya

Waktu yang paling dinantikan saat menjalankan puasa seharian ialah waktu maghrib, akan terasa lebih cepat jika kita ngabuburit. Pada waktu tersebutlah umat muslim berbuka puasa, menghilangkan lapar dan dahaga. Untuk menambah keberkahannya, kita dianjurkan membaca doa berbuka puasa dan artinya yang mesti dipahami. 

Membaca doa buka puasa Ramadhan menjadi nilai tersendiri karena menjadi salah satu bagian penting serta waktu puncak setelah melakukan puasa dan menjalani kegiatan Ramadhan di rumah seharian. Selain membaca doa berbuka puasa dan artinya, ada juga loh adab berbuka puasa yang wajib kamu ketahui.

Daftar Isi

Keutamaan Doa Buka Puasa Ramadhan

source: giphy.com

Waktu berbuka puasa memiliki keutamaan-keutamaan yang luar biasa, salah satunya ialah keutamaan untuk berdoa, karena waktu tersebut merupakan salah satu waktu mustajab (waktu di mana doa doa akan dikabulkan). 

Seperti sabda Nabi Muhammad SAW “Terdapat tiga orang yang doanya tidak ditolak, yaitu doa pemimpin yang adil, orang yang berbuka puasa ketika dia berbuka, dan doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majjah) 

Doa Berbuka Puasa dan Artinya

Berikut ini doa berbuka puasa dan artinya:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin. (Aamiin)

Artinya: “Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezikiMu aku berbuka. Dengan RahmatMu wahai zat yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. (Semoga Allah mengabulkan doaku)” (HR. Bukhari dan Muslim)

Makna Doa Buka Puasa Ramadhan

Dari doa berbuka puasa dan artinya di atas, dapat dipetik sebuah makna bahwa sebagai seorang muslim harus senantiasa bersyukur atas rahmat Allah SWT yang masih memberi kesempatan untuk berpuasa pada hari tersebut dan masih diberi rezeki untuk berbuka.

Setelah membaca doa berbuka puasa dan artinya, kamu bisa membaca doa lain yang ingin dipanjatkan, di waktu yang baik tersebut, mudahan Allah mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan. 

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Gratis 14 Hari Cakap Club

Adab Berbuka Puasa

source: giphy.com

Setelah membaca dan mengetahui doa berbuka puasa dan artinya, kamu juga harus tahu adab berbuka puasa. Simak dalam penjelasan singkat mengenai adab berbuka puasa berikut ini:

Menyegerakan Berbuka Puasa

Rasullullah Muhammad SAW menganjurkan untuk para umat muslim agar menyegerakan berbuka puasa sesaat setelah waktunya tiba, yaitu saat maghrib ketika matahari mulai terbenam. Nabi Muhammad SAW Bersabda “Tidak putus putusnya manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Anjuran Berbuka Puasa dengan yang Manis

Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW yang lain, beliau menganjurkan untuk mulai berbuka puasa dengan air putih dan sesuatu yang manis.

Sesuatu yang manis di sini biasanya adalah kurma (sesuai Sunnah nabi), kurma seakan menjadi ikon dan buah yang melengkapi tradisi Ramadhan saat berbuka. Namun, apabila tidak ada kurma, makanan manis lainnya bisa jadi pengganti. Meskipun begitu, harus tetap memperhatikan kadar dan kandungan gula di dalamnya ya!

Intip Resep Praktis untuk Buka dan Sahur di Cakap Raya Fest

Berbagi Makanan Buka Puasa

Adab lain yang tak kalah penting, yaitu memberikan makan kepada orang lain untuk berbuka. Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk berbagi, pahala memberikan makan kepada orang yang berbuka puasa sangatlah besar. 

Nabi Shalallaahu Alaihi Wassalaam bersabda “Barang siapa memberi makan kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majjah)

Gimana? Sekarang udah nambah pengetahuan baru kan tentang doa berbuka puasa dan artinya? MasyaAllah banyak sekali keutamaan-keutamaan saat berbuka puasa ya. Untuk buka puasa hari ini, apa saja yang sudah Sobat Cakap siapkan?

Agar puasa dan ngabuburit jadi semakin seru, kamu bisa ikut jadi bagian Cakap Raya Fest loh. Ada banyak kegiatan menarik yang dapat menemani kamu menunggu waktu berbuka puasa, seperti lomba mengaji cilik dan juga jalan-jalan ke luar negeri. Untuk informasi kegiatan menarik lainya, yuk langsung aja cek di Cakap Raya Fest!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks