Disney+, Netflix, & 4 Streaming Service Lain – Apa Pilihanmu?

12 November kemarin, Disney baru saja merilis platform layanan streaming-nya bernama Disney Plus. Untuk saat ini, tayangan-tayangan yang ada pada Disney+ baru bisa dinikmati oleh warga Amerika Serikat, Kanada, dan Belanda.

Hadirnya Disney+ menambah deretan layanan video-on-demand yang sudah ada seperti Netflix, Hooq, dan Apple TV+, dan HBO Max yang akan diluncurkan 2020 mendatang. Belum lagi streaming service dari Indonesia seperti HOOQ, iFlix, VIU, dan lainnya.

Era persaingan tv kabel sudah mulai menurun secara berangsur, tergantikan oleh perang streaming service. Para pecinta film dan serial televisi patut bergembira, tapi juga kemungkinan akan menghadapi dilema dihadapkan dengan begitu banyak pilihan.

Untuk membantu kamu para movie lovers untuk memutuskan layanan mana yang akan kamu pilih, kami akan membahas 6 streaming service besar yang bisa membantumu menentukan pilihan.

Netflix

Harga: Rp 109.000 – 169.000/bulan

Netflix source: giphy.com

Merupakan pelopor layanan on-demand dan bisa dibilang sebagai streaming service terkuat saat ini. Dari layanan ini, muncullah istilah “netflix and chill”. Netflix punya begitu banyak pilihan film dan series, mulai dari film-film bioskop ternama, film produksinya sendiri, hingga ratusan bahkan ribuan serial TV keren.

Beberapa judul terkenal dari Netflix di antaranya ada “Stranger Things”, “Black Mirror”, “The Haunting of Hill House”, “To All the Boys I’ve Loved Before”, dan banyak lagi. Tapi munculnya kompetitor yang menarik beberapa serial klasik seperti “Friends” dan “The Office” membuat Netflix kehilangan sejumlah pelanggannya.

Kalau kamu tipe orang yang gemar mengeksplorasi beragam konten dan terbiasa dengan budaya binge-watching, Netflix cocok untuk kamu pilih.

Disney+

Harga: $6.99/bulan

Disney+ source: giphy.com

Siapa sih yang gak tau Disney? Perusahaan raksasa ini akhirnya merilis streaming service-nya sendiri. Disney Plus akan menjadi rumah bagi banyak film blockbuster, mengingat film-film dengan fanbase yang besar seperti Star Wars dan Marvel juga milik Disney.

Serial apa aja yang bakal hadir di Disney+? Ada series Marvel seperti “The Falcon and the Winter Soldier” dan “WandaVision”, series Star Wars seperti “The Mandalorian”, film-film animasi Pixar dan Disney, series Disney Channel, dan masih banyak lagi.

Disney+ cocok untuk kamu yang merupakan fans berat MCU dan Star Wars, pecinta film animasi, orang tua yang memiliki anak kecil, atau kamu yang ingin menikmati layanan video-on-demand dengan harga yang relatif lebih murah. 

Baca Juga:
Apple TV+
Harga: $4.99/bulan

Apple TV+ source: giphy.com

Streaming service yang juga baru dirilis oleh Apple, tepatnya 1 November kemarin. Walaupun dibanding dengan kedua streaming service yang telah disebutkan sebelumnya konten-konten Apple TV+ bisa dibilang kurang tedengar, harganya yang paling murah di antara layanan lainnya membuat banyak orang tertarik.

Apple TV+ saat ini kelihatannya berfokus untuk memproduksi series dan film-filmnya sendiri. Detail konten-kontennya sendiri masih terkesan misterius. Belum ada katalog lengkap mengenai konten-kontennya.

Salah satu series yang paling ditunggu dan banyak dibahas dari Apple TV+ adalah “The Morning Show” yang dibintangi oleh Jennifer Aniston dan Reese Witherspoon. Serial ini bercerita tentang drama di balik layar sebuah program berita di tengah skandal pelecehan seksual.

Untuk para pengguna dan pecinta produk Apple, Apple TV+ bisa nih jadi produk Apple favoritmu selanjutnya.

Hulu

Harga: $5.99 – $11.99/month

Hulu source: giphy.com

Hulu bisa dibilang menawarkan segalanya. Mulai dari serial televisi yang bisa kamu tonton secara on-demand, film-film baru dan klasik, juga series-series original. Walaupun konten originalnya tidak sebanyak Netflix, Hulu punya keuntungan. Kamu gak perlu nunggu waktu lama sampai satu season penuh dirilis seperti pada layanan streaming lainnya.

Di Hulu, episode yang tayang di tv kemarin, “Riverdale” atau “This is Us” misalnya, akan bisa kamu streaming keesokan harinya. Hulu saat ini juga sudah sepenuhnya dikontrol oleh Disney. Artinya, series-series yang dimiliki oleh anak perusahaan Disney seperti ABC dan Fox kemungkinan besar juga akan aada di Hulu.

Series populer dari Hulu di antaranya ada “The Handmaid’s Tale” dan “Killing Eve”.

HBO Max

Harga: $14.99/bulan (berdasarkan laporan terbaru)

HBO Max source: giphy.com

Salah satu nilai jual yang dimiliki HBO Max adalah kontennya yang beragam. Dimiliki oleh WarnerMedia, HBO Max rencananya akan dirilis April 2020 mendatang. Katalognya akan terdiri dari film dan series Warner Bros., The CW, HBO, dan sejumlah konten original.

Pecinta serial klasik “Friends”? Inilah streaming service untukmu. Serial tersebut kabarnya akan segera pindah dari Netflix ke HBO Max. Selain “Friends”, juga ada series terkenal lainnya seperti “Doctor Who” dan “Game of Thrones”.

Ditambah lagi, HBO Max juga menjadi layanan on-demand pertama yang berhasil meyakinkan Hayao Miyazaki untuk menayangkan film-film Studio Ghibli di streaming service. Sementara untuk konten originalnya, HBO Max telah membuat kesepakatan dengan artis papan atas seperti Reese Witherspoon, Joss Whedon, dan Ellen DeGeneres.

Untuk kamu yang memang ingin menikmati konten-konten premium dan eksklusif, serta rela merogoh lebih banyak uang untuk menonton konten-konten tersebut, HBO Max bisa menjadi opsi.

Amazon Prime Video

Harga: $5.99/bulan

Amazon Prime Video source: giphy.com

Salah satu keunggulan Amazon Prime Video adalah ia punya banyak konten original yang telah memenangkan banyak penghargaan, misalnya “The Marvelous Mrs. Maisel” dan “Fleabag”.

Film-film yang tersedia juga tidak kalah mengesankan. Ada “The Big Sick”, “Logan Lucky”, “Cold War”, dan banyak lagi. Bagi kamu pecinta film-film indie, mungkin Amazon Prime Video adalah layanan yang tepat untukmu.

Itu dia 6 streaming service yang paling terkenal yang bisa jadi opsi kamu. Pilih yang mana nih? Ngomong-ngomong, konten-konten pada layanan on-demand ini kan kebanyakan bahasa Inggris. Ya ada subtitle sih, tapi lebih enak lagi kalo bisa benar-benar nonton tanpa perlu pusingin subtitle-nya kan? Biar pengalaman nontonmu makin kerasa, yuk belajar bahasa Inggris di Cakap!

Baca Juga :
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google