Tips Jitu Persiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

dana pendidikan anak

Kebahagiaan menjadi orangtua semakin lengkap ketika dikaruniai anak. Meski begitu, ketika anak lahir, Anda perlu menyiapkan mulai dari kebutuhan sampai dengan dana pendidikan anak sejak dini.

Membicarakan dana pendidikan anak mungkin akan sangat tidak relevan ketika si kecil baru lahir. Tapi, perlu diketahui dana pendidikan anak setiap tahunnya mengalami kenaikan hingga 10 persen. 

Sehingga ketika anak ingin memiliki pondasi edukasi yang cerah maka menyiapkan dana pendidikan sejak dini adalah kuncinya.

Lantas, bagaimana cara menyiapkan pendidikan anak agar di masa depan bisa terjamin? 

Untuk mengetahui jawabannya, Lifepal merangkumkan tips jitu untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.

1. Menentukan Sekolah Anak

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk menentukan dana pendidikan anak sejak dini adalah menentukan sekolah. Apakah anak akan disekolahkan di sekolah negeri atau swasta.

Tentunya jika memilih menyekolahkan anak di sekolah swasta, biaya yang harus dipersiapkan akan lebih banyak. Apalagi, sekolah swasta biasanya juga didukung dengan fasilitas serta tenaga pendidikan berskala Internasional. Jadi biaya yang harus dipersiapkan akan lebih banyak.

Jangan heran juga ketika ingin mendapatkan semua fasilitas tersebut, biaya yang harus dikeluarkan akan lebih mahal. Bahkan, biaya fasilitas seperti les, buku dan berbagai fasilitas lain bisa lebih mahal dari sekolah.

2. Riset dan Kalkulasi Biaya Pendidikan

Setelah Anda memutus jenis sekolah untuk anak kelak, hal yang harus dilakukan adalah melakukan riset dan kalkulasi biaya. 

Dengan mencari informasi mengenai biaya masuk sekolah, biaya bulanan, dan berbagai fasilitas untuk menunjang pendidikan akan membuat Anda bisa menghitung besaran dana pendidikan anak di masa depan.

Namun, jangan lupa ketika ingin mengkalkulasikan biaya pendidikan anak, pertimbangkan juga kenaikan biaya. 

Sebab, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019 lalu, inflasi biaya pendidikan mencapai 3,81 persen. Jadi, akan sangat mungkin 20 tahun ke depan biaya pendidikan akan semakin mahal.

dana pendidikan anak

3. Evaluasi Keuangan

Tahapan yang tidak kalah penting untuk mempersiapkan dana pendidikan anak adalah melakukan evaluasi keuangan. 

Pasalnya, Anda harus menghitung berapa pendapatan tiap bulan dan berapa persen uang harus disisihkan ketika ingin menyekolahkan anak sesuai rencana.

Jangan sampai Anda merencanakan anak mendapatkan sekolah dengan fasilitas baik di masa depan, tapi mengganggu pengeluaran pokok lainnya. 

Misalnya, pengeluaran pokok, mempunyai dana darurat, membayar asuransi kesehatan, dan berbagai kebutuhan utama lainnya.

4. Pilihlah Instrumen Biaya Pendidikan Anak

Untuk mencapai rencana biaya pendidikan anak di masa depan, Anda bisa memilih instrumen menabung atau memilih asuransi pendidikan.

Ketika Anda memilih menabung untuk mencapai biaya pendidikan anak sesuai dengan rencana awal maka harus menyetorkan biaya dalam jumlah tertentu setiap bulan. Jadi, biaya yang Anda setorkan akan diakumulasi sesuai kebutuhan Anda. 

Sayangnya, ketika Anda memilih instrumen menabung maka ketika terjadi kasus tidak terduga seperti meninggal dunia, simpanan akan dikembalikan sesuai dengan nominal tabungan.

Sementara itu, ketika Anda memilih asuransi jiwa maka premi yang dibayarkan juga akan menanggung biaya pendidikan. Artinya, jika Anda membeli asuransi jiwa berjangka dengan produk pertanggungan biaya pendidikan anak, ketika ada kasus Anda meninggal pendidikan anak akan tetap terjamin.

Selain itu, ketika Anda membeli asuransi pendidikan jika tertanggung masih hidup sampai akhir polis, tentunya dana pendidikan anak akan bisa dicairkan dalam bentuk tunai. 

dana pendidikan anak

Jadi, Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu manfaat asuransi jiwa juga investasi serta tabungan dana pendidikan anak. Sebab premi yang dibayarkan akan dibagi dalam dua pos, yaitu produk asuransi dan pos investasi atau tabungan.

Itulah tips jitu untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Biaya pendidikan memang akan terus meningkat setiap tahunnya, itulah sebabnya sebagai orang tua Anda harus mempersiapkan biaya pendidikan sedini mungkin. 

Lakukan riset untuk mengkalkukasikasi biaya pendidikan yang dibutuhkan oleh anak Anda di masa depan dengan melakukan perhitungan nilai inflasi dana pendidikan. Selain itu, jangan lupa pilih instrumen untuk mencapai biaya pendidikan anak melalui tabungan, investasi sampai dengan asuransi pendidikan.

Usahakan juga ketika memilih instrumen untuk mencapai biaya pendidikan sesuai perhitungan setelah melakukan evaluasi pendapatan serta pengeluaran. Jadi, mempersiapkan pendidikan anak tidak akan mengganggu kebutuhan pokok, dana darurat sampai dengan cicilan Anda.

Catatan Penulis

Tips ini dibuat oleh Siti Ruli Wahyuni, SEO Content Writer di Lifepal. Segala informasi yang ada pada artikel ini dapat dipertanggungjawabkan. 
Ketika mengambil, menyadur, atau mengutip informasi di artikel ini diharapkan memberi link ke https://lifepal.co.id/asuransi/kesehatan/ agar memudahkan pembaca mendapatkan informasi selengkapnya.

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks