Daftar Film-Film Terbaik di Tahun 2019, Apa Aja?

daftar film 2019

Tahun 2019 diramaikan dengan berbagai film besar. Ada film yang menjadi penutup dari sebuah era universe, ada film yang mengangkat kisah hidup badut psikopat, ada juga film dark comedy Korea yang banyak mendapat sorotan di berbagai ajang penghargaan.

Penggemar Star Wars tahun ini juga patut berbahagia. Atau sedih? Karena kabarnya The Rise of Skywalker bakal jadi film Star Wars terakhir nih. Filmnya besok udah tayang di bioskop lho.

Sebagai catatan, daftar ini belum final ya. Masih banyak film-film bagus tahun ini yang gak masuk ke daftar ini karena beberapa alasan, salah satunya karena adanya film-film luar yang gak dirilis di Indonesia, The Farewell misalnya.

Tanpa berlama-lama, ini daftar film terbaik di tahun 2019. Ada film favoritmu gak? Dicek ya!

Joker

source : giphy.com

Film garapan Todd Phillips ini bercerita perjuangan hidup Arthur Fleck di kota suram bernama Gotham. Arthur mencari nafkah sebagai badut. Namun, Arthur memiliki kelainan, yaitu selalu tertawa terbahak-bahak tanpa alasan yang jelas.

Arthur memiliki gangguan mental, dan lewat sederet kejadian buruk yang menimpanya, baik yang datang dari luar maupun dari dirinya sendiri, membuat Arthur akhirnya menjadi sosok Joker. Film ini dilabeli sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa dalam situs IMDb lho.

Eits, tapi film ini memiliki kategori usia dewasa karena materinya yang ‘berat’ dan ‘dark’. Jadi tontonlah sesuai usiamu, oke?

Us

Us source: giphy.com

Setelah sukses dengan film perdananya Get Out, Jordan Peele kembali menghadirkan film horor yang kental dengan kritik sosial. Kali ini, Us menceritakan tentang sebuah keluarga yang diburu oleh orang-orang dengan wajah yang sama dengan mereka atau disebut juga sebagai doppelganger.

Awal filmnya terlihat seperti film tentang home invasion tapi seiring berjalannya film, ceritanya semakin berkembang dan memunculkan pertanyaan-pertanyaan mendalam dan mengandung pesan politik.

Parasite

Parasite source: giphy.com

Berbicara tentang home invasion, film Korea yang satu ini gak bisa dilewatkan. Pemenang penghargaan Palme d’Or di ajang festival film bergengsi Cannes Film Festival 2019 ini disutradarai oleh Bong Joon-ho. Banyak yang menobatkan film ini sebagai film terbaik tahun ini.

Film ini bakal memberikan kesan yang berbeda dari film-film lainnya. Di setengah awal film kamu akan dibuat terpingkal-pingkal, sedangkan setengah ke belakangnya kamu akan dibuat terdiam dengan alur plot yang berubah menjadi drama bercampur horor.

Lewat film satir/komedi gelap ini, Bong Joon-ho memasukkan kritik terhadap sistem kapitalisme dan ketimpangan kelas sosial. Kalau mau tau ceritanya tentang apa, mending ditonton sendiri deh! Soalnya film ini bakal lebih seru kalo kamu gak tau jelas plotnya. Banyak yang prediksi film ini bakal menang Best Foreign Language Film di Oscar. Aku sih yes.

Ready or Not

Ready or Not source: giphy.com

Mungkin tidak bisa dibilang film terbaik tahun ini, tapi patut dikatakan sebagai film horor 2019 yang paling asyik. Kok bisa? Karena film ini gak cuma menyajikan kisah thriller yang menegangkan, tapi juga memiliki sentuhan komedi yang sangat pas.

Plotnya sederhana, tentang seorang wanita muda bernama Grace yang menikahi seorang pria dari keluarga yang super kaya. Keluarga kaya ini punya ritual yang sangat aneh dimana  anggota keluarga baru mereka harus main suatu game. Kurang beruntung, Grace mendapat game petak umpet (hide and seek).

Tapi petak umpetnya bukan petak umpet biasa. Petak umpet di sini seperti permainan kejar-kejaran dengan senjata yang sesungguhnya, dengan pistol dan panah. Gak sekadar seru, film ini juga mengandung unsur kritik kelas dan status sosial.

Once Upon a Time in Hollywood

Once Upon a Time in Hollywood source: giphy.com

Kisah tragedi, kebrutalan, aksi, dan dark comedy. Semua ini menjadi unsur yang khas dalam tiap film Quentin Tarantino, termasuk juga Once Upon a Time in Hollywood. Berlatar tahun 60-an, film ini memberikan sekilas pandang mengenai kehidupan di era itu, khususnya dalam hal budaya pop dan industri dunia hiburan.

Film ini dibintangi artis-artis papan atas, seperti Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt. Di samping itu, film ini juga sedikit banyak menceritakan tentang keluarga Manson, yang menjadi kunci kegilaan bagian klimaks dari film ini.

Marriage Story

Marriage Story source: giphy.com

Kalo yang ini baru aja rilis di Netflix. Noah Baumbach merupakan salah satu sutradara dengan film-film tentang kehidupan sehari-hari yang sederhana namun begitu realistis dan menyayat hati.

Kalau kamu suka film-film Noah Baumbach sebelumnya seperti Frances Ha, kamu pasti bakal suka sama kisah yang satu ini. Ceritanya sangat simpel, tentang pasangan yang tengah menjalani proses erceraian.

Tapi drama di film ini tidak dilebih-lebihkan sehingga seperti menonton kisah nyata. Pemerannya, Adam Driver dan Scarlett Johansson, banyak mendapat pujian atas akting mereka di film ini.

Avengers: Endgame

Avengers: Endgame source: giphy.com

Film yang bikin orang rela membeli tiket dari jauh-jauh hari dan menahan pipis selama 3 jam film diputar. Film epik ini merupakan film terakhir dari MCU yang menjadi puncak dari 22 film yang mengisahkan perjalanan para superhero.

Menghibur penonton dalam durasi 3 jam bukan hal mudah. Maka itu, Avengers: Endgame bisa dibilang merupakan salah satu proyek film yang paling ambisius, juga film superhero yang paling sukses.  Pasalnya, Endgame mengalahkan sebagai film terlaris sepanjang masa, mengalahkan rekor film James Cameron, Avatar.

Kamu udah nonton berapa nih dari daftar film di sini? Kamu setuju sama daftarnya gak atau menurut kamu ada film lain yang harusnya masuk daftar ini? Apapun itu filmnya, kalau kalian lancar bahasa Inggris bakal jadi lebih mudah deh buat nonton film ini itu. Karena menonton film merupakan salah satu bagian dari cara belajar bahasa Inggris cepat yang bisa kamu manfaatkan sehari-hari.

Film 2020 juga tidak kalah menarik dan seru lho. Tentu saja, Cakap juga mengulas beberapa film yang paling ditungu-tunggu tahun 2020. Penasaran?

aplikasi cakap

Baca Juga:
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google