Contoh Gagasan Pokok, Ciri, dan Cara untuk Menemukannya

Setiap bacaan baik fiksi maupun nonfiksi pasti memiliki sebuah gagasan utama atau gagasan pokok untuk menjadi acuan yang tersimpan di dalamnya, gagasan pokok biasanya terletak di paragraf awal, paragraf tengah, atau juga di akhir paragraf.

Menentukan gagasan pokok dalam sebuah bacaan merupakan hal yang sangat penting, Namun sudahkah kamu tahu apa itu gagasan pokok, seperti apa contohnya, bagaimana ciri dan cara menemukannya? Temukan jawabanya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Gagasan Pokok?

source: giphy.com

Gagasan memiliki arti hasil pemikiran atau ide, pokok sendiri berarti dasar atau inti sari. Dari penjelasan mengenai “gagasan” dan “pokok” di atas dapat diambil kesimpulan bahwa singkatnya, gagasan pokok adalah inti dari sebuah pemikiran atau bahasan. 

Gagasan pokok biasanya menjadi tumpuan untuk pemikiran selanjutnya, karena ia merupakan dasar dari sebuah tulisan itu sendiri. Karena gagasan pokok merupakan sebuah kunci dari segala pesan yang disampaikan, maka memahaminya merupakan suatu keharusan yang mengasyikkan.

Ciri khusus gagasan pokok biasanya mengandung topik permasalahan yang bisa dijabarkan lebih lanjut, berupa kalimat lengkap yang bisa berdiri sendiri, dan biasanya dibentuk tanpa konjungsi maupun transisi.

Buat Akun Cakap Sekarang, Dapatkan Gratis 14 Hari Cakap Club

Cara Menemukan Gagasan Pokok

Gagasan pokok biasanya bisa dengan mudah ditemukan apabila kita sudah mengerti apa itu arti dari gagasan pokok sendiri, setelah itu cara lain untuk bisa dengan mudah menemukannya adalah dengan sering berlatih dan membaca bacaan bacaan dengan teliti. 

Gagasan pokok juga bisa ditemukan dengan cara mengetahui jenis-jenis paragraf. Ada tiga jenis paragraf yang wajib kamu ketahui, diantaranya:

1. Paragraf Deduktif 

Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan pokoknya terletak di awal kalimat dalam paragraf.

2. Paragraf Induktif 

Paragraf induktif adalah paragraf yang gagasan pokoknya ada di akhir kalimat dalam paragraf).

3. Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan pokoknya berada di awal dan akhir paragraf. Biasanya gagasan pokok yang ada di akhir kalimat fungsinya untuk mempertegas gagasan pokok yang ada di awal kalimat dalam paragraf.

Contoh Gagasan Pokok

Ada tiga contoh gagasan pokok yang akan dipaparkan berdasarkan jenis paragraf, yaitu contoh gagasan pokok yang terletak di awal paragraf, di tengah paragraf, dan di akhir paragraf.

1. Contoh Gagasan Pokok Paragraf Deduktif

Ada banyak manfaat mengonsumsi buah pisang. Buah pisang memiliki kandungan gizi yang sangat baik, kaya akan mineral dan juga vitamin A serta vitamin B yang berupa tiamin dan riboflavin. Buah pisang mampu memberi energy dan menambah berat badan, memperkuat tulang, mengatasi sembelit, meringankan stres, mengatasi maag, dan mampu menurunkan tekanan darah.

Gagasan pokok paragraf tersebut terletak pada kalimat awal di dalam paragraf, yaitu “Manfaat mengkonsumsi buah pisang”.

Cari Tahu Level Bahasa Inggris Kamu di Cakap, Gratis!

2. Contoh Gagasan Pokok Paragraf Induktif

Lahir di Tanjungpura, Langkar (Sumatera Utara), pada 28 Februari 1911, ialah Amir Hamzah seorang Sastrawan angkatan Pujangga Baru. Karya karyanya tidak perlu diragukan lagi, beberapa karya yang paling dikenal adalah Nyanyi Sunyi, Buah Rindu, dan Padamu Jua. Ketiganya ialah puisi yang setiap baitnya begitu indah dan mampu mengiris hati pembacanya. Karya karyanya yang lain berupa terjemahan, yaitu Setanggi TImur dan Baghawad Gita. Itulah Amir Hamzah yang karya karyanya yang melegenda.

Gagasan pokok paragraf tersebut terletak pada kalimat akhir di dalam paragraf, yaitu “Amir Hamzah dan karya karyanya.”  

3. Contoh Gagasan Pokok Paragraf Campuran

 Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang bersifat arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasikan diri. Bahasa menjadi unsur yang sangat penting dalam kelancaran berkomunikasi. Bahasa merupakan suatu yang unik, dinamis, manasuka, konvensional dan produktif. Kelima hal tersebut dikenal sebagai hakikat bahasa, hal hal yang menjadi ciri atau sifat bahasa.

Gagasan pokok paragraf tersebut terletak di awal dan akhir kalimat yang ada di dalam paragraf, yaitu “Pengertian bahasa” dan “Hakikat bahasa”.  

Setelah membaca pengertian, ciri khusus, dan contoh gagasan pokok di atas, sekarang kamu pasti lebih mudah bukan untuk menentukan Gagasan Pokok?

Lantas bagaimana dengan gagasan pokok bahasa asing seperti bahasa Inggris dan Bahasa Korea? Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengikuti kelas bahasa Inggris dan kelas bahasa Korea bersama Cakap loh. Yuk tunggu apa lagi? Langsung daftarkan dirimu di Cakap ya!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks