Citayam Fashion Week, Harajuku versi Indonesia? Ini Faktanya!

citayam fashion week
CNN Indonesia

Fenomena Citayam Fashion Week belakangan ini telah menjadi sorotan publik. Para remaja yang berasal dari Citayam, Bojonggede, Depok, dan sekitarnya meramaikan kawasan Dukuh Atas, Sudirman untuk sekadar nongkrong dan mencari hiburan. Namun, uniknya, para remaja ini tampil dengan gaya pakaian nyentrik yang menjadi pusat perhatian.

Fenomena berkumpulnya para remaja ini tentunya menarik perhatian banyak orang. Bahkan, saking viralnya, fenomena Citayam Fashion Week ini hingga dilirik oleh salah satu media Jepang, lho. Jangan salah, gaya busana jalanan yang nyentrik ini juga dikenal di Jepang pada street fashion Harajuku

Harajuku versi Indonesia

Bukan hanya di Indonesia, di Jepang, street fashion nyentrik juga kerap menarik perhatian terutama di kawasan Harajuku. Gaya unik busana jalanan Harajuku sendiri terkenal dengan ciri khas kreativitas dan perpaduan warna yang mencolok. 

Meski awalnya kehadiran street fashion Harajuku ini dianggap nyeleneh, Seiring berjalanya waktu, perlahan-lahan gaya busana ini diterima oleh masyarakat setempat. Gimana, Sobat Cakap? Menurut kamu gimana perbandingan Citayam Fashion Week dan Fashion Street Harajuku?

Disorot Media Jepang

Citayam Fashion Week bukan hanya menjadi sorotan dalam negeri saja, namun juga menarik perhatian salah satu media jepang. Lewat akun twitternya, salah satu surat kabar Jepang yang banyak mengulas gaya busana jalanan, @TokyoFashion juga menyoroti fenomena Citayam Fashion Week.

Dalam thread nya, Tokyo Fashion mengapresiasi kreativitas para remaja dalam menghiasi jalanan kota menjadi tempat mengekspresikan diri mereka. Tokyo Fashion juga membandingkan fenomena Citayam Fashion Week dengan lahirnya street fashion Harajuku. Bahkan, Tokyo Fashion meminta situs dan akun street snap Indonesia untuk mendukung mereka.

Gaya Busana Jalanan yang Nyentrik

Hal yang paling membuat Citayam Fashion Week ini unik adalah tentunya gaya busana jalanan yang nyentrik dan berani. Kemeja flanel, celana dan baju oversize, serta topi dan sneakers menjadi item yang banyak dikenakan pada Citayam Fashion Week. 

Meski sama-sama nyentrik, street fashion Harajuku banyak menggunakan perpaduan warna yang mencolok. Tak hanya itu, gaya Harajuku juga mengambil imajinasi dari karakter sehingga terciptalah gaya busana yang unik.

Nah, kalau kamu lebih suka gaya berpakaian yang seperti apa nih, Sobat Cakap? Kalau kamu ingin cari tahu lebih banyak seputar industri fashion, kamu bisa ikut kelas Cakap Upskill bareng sang expert Ivan Gunawan, lho. Yuk, cari tahu kelasnya di sini. Jangan sampai ketinggalan!

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.