Cara Mengatasi Overthinking untuk Hindari Parenting Stress

cara mengatasi overthinking

Kegiatan parenting memang menjadi tanggung jawab yang besar bagi orang tua. Salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap kesuksesan masa depan anak juga bergantung pada pola asuh yang diterapkan.

Namun, besarnya peran orang tua pada diri anak ini kadang kala menjadi faktor yang memicu overthinking dalam kegiatan parenting. Alih-alih memberikan yang terbaik untuk anak, overthinking justru membuat para orang tua sulit untuk berpikir jernih dan sulit mengambil keputusan yang terbaik untuk anak. 

Menyadari hal tersebut, Cakap mengajak Santi Kusriny, Creative Learning Designer dari Librina, untuk berbagi ilmu mengenai cara mengatasi overthinking untuk hindari parenting stress di Cakap Upskill. 

Pada tanggal 23 April lalu, Santi membagikan cara untuk menciptakan pikiran yang jernih terutama ketika menjalani peran sebagai orang tua. Ada 3 cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menciptakan pikiran yang jernih demi mengatasi overthinking dan mencegah parenting stress.

Cara Menciptakan Pikiran yang Jernih 

source: giphy.com

1. Menyaring Informasi yang Diterima

Saat ini, baik melalui media sosial maupun internet, berbagai informasi dapat ditemukan dengan mudah. Namun, tidak semua informasi itu bernada positif. Banyak berita yang justru menyebarkan ketakutan dan bersifat bohong atau hoax. Akibatnya, pikiran-pikiran overthinking seringkali terbangun akibat informasi-informasi tersebut. 

Untuk itu, coba atasi pikiran-pikiran overthinking ini dengan menyaring informasi yang diterima. Jangan percaya pada informasi dengan sumber yang tidak jelas atau tidak bisa dipastikan kredibilitasnya. Belajar berpikir kritis sehingga overthinking bisa teratasi.

Tambah Ilmu Parenting di Cakap Upskill, Gratis!

2. Mengatur Titik Fokus

Selanjutnya, aturlah titik fokus bukan kepada ketakutan atau kekhawatiran. Fokuskan diri parents kepada solusi atau tindakan yang dapat membuat keadaan menjadi lebih baik. Carilah informasi yang tepat dan berusaha selalu mengedukasi diri. Hal ini bertujuan agar tercipta pemahaman yang lebih baik akan isu-isu yang menimbulkan overthinking

3. Belajar untuk Menerima Keadaan

Terakhir, berusahalah untuk menerima keadaan. Sekeras apapun parents berusaha, akan ada hal-hal yang tidak bisa dikendalikan. Untuk itu, ketika keadaan tidak sesuai dengan harapan parents, belajar untuk berbesar hati dan menerima keadaan. Dari sini, parents bisa menyadari bahwa hal-hal ini terjadi demi kebaikan dan pertumbuhan parents ketika mengasuh si kecil.

Itulah beberapa cara mengatasi overthinking agar parents terhindar dari parenting stress ketika mendidik dan mengasuh si kecil. Selain itu, parents juga bisa menambah ilmu parenting lainnya bersama pemateri profesional di Cakap Upskill, gratis!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks