Mau Menambah Kosakata Bahasa Inggris, Simak Caranya!

cara menambah kosakata bahasa Inggris

Belajar bahasa memang tidak lepas dari yang namanya kosakata. Kalau mau menguasai suatu bahasa, pasti kamu harus mempelajari kosakatanya. Semakin banyak kosakata yang kamu tahu, semakin mudah juga bagi kamu untuk memahami dan berkomunikasi dalam bahasa tersebut. 

Sebaliknya, kalau perbendaharaan kosakatamu tidak luas, kamu akan kesulitan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri. Pasalnya, untuk bisa mendengarkan, menulis, dan berbicara dalam suatu bahasa, kamu tentu harus menguasai kosakatanya. 

Tapi bagaimana ya cara menambah kosakata bahasa Inggris yang seru dan tidak membosankan? Simak beberapa cara berikut ini!

1 Kata per Hari

Waktu awal, kamu mungkin punya rasa semangat yang tinggi dan berusaha untuk belajar kosakata sebanyak-banyaknya. Walaupun semangat seperti ini bagus dan harus dipertahankan, langsung belajar sederetan kosakata sekaligus bisa membuat kamu malah jadi bingung, kewalahan, dan akhirnya hilang semangat. 

Untuk mengakali ini, kamu bisa mulai dengan mempelajari 1 kosakata per hari. Kamu bisa menggunakan kamus atau ensiklopedia untuk mencari kosakata baru. Sekarang ini juga ada banyak situs yang menyediakan kosakata baru setiap harinya. Mulai belajar dari kata-kata dasar yang belum ada imbuhan seperti kata friend (teman), bukan friendly (ramah) yang sudah mendapat imbuhan -ly.

Dengan mempelajari kata dasar terlebih dahulu, nantinya kamu jadi lebih mudah memahami kata yang berimbuhan. Catat setiap kata yang kamu pelajari di buku atau smartphone-mu. Akan lebih baik lagi jika kamu berlatih juga cara membacanya. Supaya lebih ingat, kamu bisa membuat jadwal untuk mempelajarinya kembali setelah beberapa hari. Kalau sudah terbiasa mempelajari 1 kosakata per hari, tingkatkan jadi 2 kosakata per hari dan seterusnya sehingga lama-lama kosakatamu jadi luas.  

Mulai dari Topik yang Menarik Buatmu

Kalau kamu bingung mau mulai dari kosakata yang seperti apa, kamu bisa mulai dengan mempelajari kosakata yang berkaitan dengan topik yang kamu suka. Misalnya kamu suka topik tentang kuliner, kamu bisa cari artikel, video, atau audio tentang makanan yang menggunakan bahasa Inggris. 

Dari sana, kamu pasti akan mendapat kosakata baru. Catat kosakata baru tersebut di buku atau handphone kamu. Karena kamu menyukai topiknya, belajar kosakatanya jadi gak terasa membosankan. Lama-kelamaan, kosakatamu terkait topik tersebut jadi banyak deh! 

Tapi jangan puas pada satu topik saja ya. Setelah merasa sudah lumayan familiar dengan kosakata tentang suatu topik, pilih lagi topik baru lainnya untuk dipelajari. Jadi kosakatamu juga gak itu-itu aja!

Asosiasi Kata

Menurut riset, otak kita akan lebih mudah memahami kosakata baru jika dikaitkan dengan hal atau konsep lain. Kamu bisa menggunakan cara ini saat mempelajari kosakata baru. Misalnya kamu lagi belajar kata ‘heat’ yang artinya panas. Supaya lebih mudah hafalnya, kamu bisa mengingat kata ‘hot’ atau membayangkan seseorang sedang kepanasan. Dengan mengaitkan kata baru dengan suatu situasi atau kata lain yang sudah kita ketahui, kata tersebut jadi lebih mudah kita ingat.

Game dan Kuis

Agar lebih seru, kamu bisa belajar kosakata lewat game atau kuis, baik game yang kamu buat sendiri ataupun game yang sudah ada seperti scrabble atau game lainnya di handphone. Kamu juga bisa mengikuti kuis-kuis dari Cakap lho!

Salah satu permainan sederhana yang bisa kamu buat adalah flashcards. Di satu sisi, tulis kosakata baru yang kamu pelajari. Di sisi baliknya, tuliskan artinya. Jadi kamu bisa bermain sambil berlatih kosakata menggunakan kartu tersebut. Jadi diri kamu lebih tertantang untuk menghafal lebih banyak kosakata deh!

Baca Juga : 5 Game untuk Belajar Bahasa Inggris

Manfaatkan Berbagai Sarana

Sekarang ini ada banyak banget sarana yang bisa membantumu menambah kosakata. Ada film, buku, tv series, podcast, video di Youtube, artikel di internet, dan banyak lagi. Manfaatkan sumber-sumber tersebut untuk memperkaya kosakatamu.

Misalnya jika kamu suka nonton tv series, jangan asal nonton aja! Manfaatkan momen tersebut untuk belajar kosakata baru. Kamu juga bisa mengakalinya dengan cara nonton dengan subtitle bahasa Inggris atau malah tanpa subtitle

Kalau ketemu dengan kosakata yang sulit, segera catat di buku kosakatamu. Setelah selesai, coba nonton, baca, atau dengarkan ulang lagi supaya kamu lebih paham maknanya dan konteks dari kata tersebut. Lama-kelamaan, kamu jadi terbiasa menggunakan bahasa Inggris di berbagai kegiatan.

Baca Juga : Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris

Jangan Langsung Lihat Kamus Dulu!

Semakin sering kamu mengonsumsi berbagai konten bahasa Inggris, semakin banyak juga kosakata yang kamu tahu. Kalau sudah mulai terbiasa, coba deh tantang dirimu untuk tidak terlalu sering cek kamus atau Google Translate. Terkadang tanpa perlu mengecek kamus pun kita bisa menebak arti dari suatu kata dari konteks kalimatnya. 

Misalnya saat sedang membaca buku atau artikel, jangan memeriksa arti kata per kata setiap menemui kata baru. Nanti kamu malah tidak paham soal cerita atau artikel yang kamu baca. Cukup tandai kata tersebut dan tebak saja kira-kira apa artinya. Setelah selesai membaca, baru kembali ke kata tersebut dan periksa artinya. Dengan cara ini, kamu juga jadi lebih mudah memahami cara menggunakan suatu kosakata dalam konteks yang tepat.

Praktikkan 

Yang paling terakhir dan paling penting, jangan lupa untuk berlatih dan mempraktekkannya secara konsisten! Kalau mau lancar dalam suatu bahasa, tentu kita harus membiasakan diri menggunakannya, bukan? 

Jadi setelah mempelajari kosakata baru, jangan lupa untuk menggunakannya baik dalam tulisan maupun secara lisan. Akan lebih seru lagi kalau kamu berlatih bersama teman seperti di Cakap English Club! Lewat percakapan secara langsung dengan pengajar profesional dan Sobat Cakap lainnya, proses belajar jadi lebih seru dan kamu pun bisa menambah kosakata bahasa Inggrismu dengan mudah!

Baca Juga : 25 Kosakata Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google