Cara Mempertahankan Keterampilan Bahasa Asing

Cara Mempertahankan Keterampilan Bahasa Asing

Kamu sudah berhasil kuliah di luar negeri dan kembali ke tanah air. Selama di sana, kamupun berhasil menyempurnakan kemampuan berbahasa asingmu. Namun, tidak sedikit di antara mereka yang pernah bersekolah di luar negeri, kemampuan berbahasa asingnya berkurang dan bahkan lupa.

Sayang sekali kan kalau dulu kamu sudah susah-susah belajar bahasa asing dan kini kamu melupakan semuanya. Lalu, bagaimana cara mempertahankan keterampilan bahasa asing setelah belajar ke luar negeri? Simak artikel berikut!

Teman Bahasa

Cara Mempertahankan Keterampilan Bahasa Asing
sumber: giphy

Di mana pun kamu berada, kemungkinan kamu tidak akan pernah terlalu jauh dari penutur asli bahasa yang baru saja kamu pelajari. Temukan satu dan coba bergabung dengan mereka dengan meminta mereka untuk menjadi teman bahasamu atau mitra pertukaran bahasa. Bahkan jika kamu hanya bertemu selama satu jam seminggu sambil minum kopi, kamu akan dapat secara aktif mempraktikkan bahasa yang telah kamu pelajari.

Kamu dapat menggunakan situs web seperti Meetup untuk mencari grup bahasa, atau bahkan memulai sendiri jika kamu tidak menemukan bahasa yang kamu cari. Atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi Cakap dan bergabung dalam Cakap Live. Cakap Live merupakan sebuah fitur dari aplikasi Cakap yang dapat memfasilitasimu untuk berdiskusi dalam bahasa asing bersama berbagai pelajar bahasa asing dengan topik yang sangat menarik.

Baca Berita

Cara Mempertahankan Keterampilan Bahasa Asing
sumber: giphy

Membaca dapat menambah wawasanmu dan membaca berita dalam bahasa asing, selain menambah wawasan, juga bisa mempertahankan atau bahkan menambah kemampuan berbahasa asingmu.

Kamu bisa berlangganan atau sekedar membaca di situs berita asing secara rutin. Dengan demikian, kamu akan tetap mengikuti perkembangan terkini dan kemampuan berbahasa asingmu pun tetap terjaga. Ingin lebih dari sekedar membaca? Ikutilah forum diskusinya agar kemampuan berkomunikasimu pun juga tetap baik dan siapa tahu kamu mendapatkan teman berbahasa asing di sana.

Menulis Blog

Cara Mempertahankan Keterampilan Bahasa Asing
sumber: giphy

Banyak siswa internasional memilih untuk menulis blog tentang perjalanan mereka saat mereka jauh dari rumah. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengirimkan kabar hidup di perantauan ke semua orang yang kamu cintai. Kamu pun dapat menggunakan blog untuk mengingat semua pengalaman yang kamu miliki, jalinan pertemanan yang kamu buat, dan perasaan yang kamu rasakan selama di perantauan.

Salah satu cara untuk membuat otak kamu tetap aktif adalah dengan menulis dalam bahasa baru kamu. Meskipun berbicara dan mendengarkan sangat penting untuk melakukan percakapan cepat dengan penduduk asli, menulis juga penting agar kamu tidak membiarkan kemampuan tersebut menjadi tidak sebaik kemampuan berbicara dan mendengarkan.

Menonton Serial atau Acara TV

Cara Mempertahankan Keterampilan Bahasa Asing
sumber: giphy

Dengan menonton acara TV dan film dalam bahasa baru kamu, kamu akan menggunakan semua keterampilan utama yang kamu ambil saat belajar di luar negeri.Tanyakan rekomendasi acara atau serial TV yang bagus ke temanmu di luar negeri. Kamu bisa menontonnya dengan streaming online atau dengan Netflix dan Youtube. Dengan demikian, kemampuan berbahasa asingmu tetap terjaga walau kamu sudah pulang ke tanah air

Video Call

Cara Mempertahankan Keterampilan Bahasa Asing
sumber: giphy

Video call, salah satu teknologi yang paling sering digunakan untuk berinteraksi dengan mereka yang tinggal jauh dari kita. Mungkin kamu biasa menggunakannya untuk berinteraksi dengan keluarga di kampung halaman ketika bersekolah di luar negeri. Sekarang, kamu bisa menggunakannya untuk berinteraksi dengan teman-teman di perantauanmu dulu dan bercakap dengan bahasa asing yang dulu kamu gunakan untuk berkomunikasi.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Cakap untuk berinteraksi sambil belajar kembali bahasa asing yang sempat kamu kuasai dengan baik. Kamu dapat mengunduhnya melalui App Store atau Play Store. Dengan aplikasi Cakap, kamu dapat berinteraksi dan belajar kembali dengan penutur asli dari bahasa asing yang sempat kamu kuasai tersebut.

Dengarkan Radio

Cara Mempertahankan Keterampilan Bahasa Asing
sumber: giphy

Semakin banyak interaksi yang kamu miliki dengan bahasa barumu, semakin kecil kemungkinan untuk melupakannya dan semakin besar kemungkinan untuk berhasil mempertahankan kefasihan. Biarkan telingamu tetap terbiasa dengan bahasa asing. Dengan teknologi internet, kini kamu sudah dapat mengakses radio atau podcast bahasa asing kapanpun dan di manapun. Baik saat kamu berjalan-jalan, naik bus ke kantor, atau melakukan pekerjaan rumah, mendengarkan stasiun radio asing adalah cara yang menyenangkan untuk menjaga bahasa baru kamu tetap fasih. Coba situs web seperti Tunein atau Live-Radio untuk menemukan stasiun radio dari seluruh dunia. Bahkan jika itu hanya untuk lima menit sehari, paparan ini dapat menjaga telinga kamu tetap terhubung ke bahasa asing yang kamu kuasai.

Baca Juga: 10 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google