5 Cara Membuat Kartu Nama yang Unik dan Menarik Tahun 2020

kartu nama canva

Tahukah Anda cara membuat kartu nama yang unik dan menarik? Jika belum, ada beberapa hal penting untuk diikuti pada poin berikut. Selama menerapkan cara membuat kartu nama yang baik, hasilnya nanti bisa memuaskan serta penuh percaya diri saat diberikan pada orang lain.

Kartu nama bisa menjadi andalan dalam banyak hal. Tak sekadar perkenalan, ia dapat melancarkan bisnis Anda sesuai kebutuhan. Meski kecil dan terkesan sepele, namun kartu nama yang didesain dengan mumpuni mampu meninggalkan kesan baik untuk rekan bisnis.

Perlu diakui bahwa sampai sekarang, kartu nama masih menjadi andalan bisnis. Jika tidak memiliki kartu tersebut, Anda bakal sukar memperkenalkan diri pada calon klien atau kolaborator. Ya, jangan sampai Anda kehilangan peluang pemasaran utama yang satu ini!

Sekarang kita hidup pada masa di mana rata-rata bisnis kecil dapat membuat kartu nama sendiri dan memesannya dari printer online terkenal dengan harga makan malam. Terlepas dari itu, Anda bisa menerapkan cara membuat kartu nama secara mandiri di bawah ini…

Cara Membuat Kartu Nama Unik dan Menarik

Pelajari Standar Desain

Cara membuat kartu nama yang pertama adalah memahami serta mempelajari standar desain. Bagaimanapun, kartu nama adalah bagian dari materi cetak seperti yang lainnya. Maka dari itu, prinsip dasar desain berbasis kertas berlaku dengan catatan sebagai berikut:

– Seluruh isi tulisan atau informasi setidaknya berada pada 5mm dari tepi trim

– Pakai kualitas 300dpi untuk reproduksi gambar terbaik

– Pertahankan ukuran minimum font agar tetap terbaca

– Desain dengan warna CMYK supaya kualitas saat dicetak tetap bagus

Tentukan Ukuran Sesuai Kebutuhan

Ada beberapa ukuran standar untuk kartu nama tergantung dengan kebutuhan pribadi. Satu ukuran kartu nama yang khas adalah 55 x 85mm, meskipun banyak rekomendasi ukuran lain. Tampak kecil, namun sebetulnya Anda masih bisa berkreasi dengan ruang pada kartu tersebut.

Mulailah dengan mempertimbangkan informasi utama yang ingin disertakan seperti nama, nomor telepon, dan alamat email atau pegangan sosial. Setelah itu, kerjakan desain Anda dengan menyajikan informasi tersebut lewat cara yang kreatif.

Pakai Bahan Rekomendasi

Sejak awal, Anda mesti memikirkan bahan dan finishing apa yang hendak digunakan dalam kartu nama. Hal-hal seperti ini termasuk pemblokiran foil, tinta spot-UV dan logam. Pikirkan juga soal penambahan biaya yang signifikan pada setiap cetakan tersebut.

Upayakan cara membuat kartu nama yang satu ini demi memberikan kesan unggul secara visual dan mengesankan. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara mendekati ini, lihatlah contoh kartu nama di internet untuk membandingkan antara desain satu dengan yang lain.

Printer yang berbeda menawarkan opsi penyelesaian yang berbeda. Maka dari itu, bicarakan dengan pihak pencetak untuk mencari tahu kebutuhan Anda berdasarkan kartu nama. Permasalahan seperti ini dapat diperbincangkan dengan orang terdekat yang paham betul.

Multifungsi Lebih Baik

Beberapa orang menyimpan kartu nama yang mereka terima, sementara sisanya membuang atau diabaikan begitu saja tanpa dilihat. Ada banyak cara untuk menciptakan kartu nama multifungsi, semisal menjadikannya penanda buku atau aksesoris mini lain berbasis kertas.

Cek Ulang Setelah Dibuat

Saat mengirim desain kartu nama ke toko percetakan, pastikan Anda telah memeriksa ulang setiap detail. Tidak ada yang lebih buruk daripada mendapati ada salah ketik di alamat email atau kekeliruan desain. Periksa dua kali sampai Anda benar-benar merasa percaya diri.

Itu tadi cara membuat kartu nama yang unik dan menarik. Selebihnya Anda dapat bereksplorasi dan mengikuti berbagai macam kartu nama kekinian lewat diskusi bersama teman yang paham atau toko percetakan. 

Selamat mencoba!

Instagram
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google