Cara Efektif Membagi Saldo Prakerja: Digital Marketer

cara membagi saldo prakerja

Setiap peserta Kartu Prakerja wajib menggunakan bantuan dana Rp1.000.000 untuk membeli pelatihan. Namun, banyaknya pilihan pelatihan dan harga yang bervariatif membuat sebagian besar peserta tidak menggunakan bantuan dana dengan efektif.

Nah, di bawah ini ada cara efektif membagi saldo Prakerja untuk kamu yang ingin berkarier di dunia digital marketing. Dengan dana Rp1.000.000, kamu bisa mengambil berbagai pelatihan yang berguna untuk karier impianmu ini. Yuk, cari tahu pelatihan apa aja perlu diambil!

Chapter 1: Hard Skill

Pelatihan hard skill merupakan pelatihan yang perlu kamu pilih pertama kali. Pelatihan ini berguna untuk memiliki pemahaman teknis yang berguna untuk pekerjaanmu sehari-hari atau dalam hal ini yaitu digital marketing.

Berikut beberapa checkpoint kamu perlu lewati agar lolos dari Chapter 1, diantaranya:

Checkpoint: Dasar-dasar Digital Marketing

Untuk mencapai checkpoint pertama, kamu perlu belajar dasar-dasar digital marketing. Contoh ilmu dasar yang perlu kamu pelajari yaitu seperti apa itu digital marketing, channel-channel dalam digital marketing, serta marketing funnel.

Ilmu-ilmu dasar digital marketing yang ada di atas bisa kamu pelajari di pelatihan ‘Digital Marketing Strategy’ milik Pakar. Bahkan di dalam pelatihan tersebut kamu juga bisa mempelajari seni menulis iklan.

Instruktur pelatihan ini memiliki jam terbang yang tinggi dalam dunia digital marketing. Maka, dengan harga Rp300.000, kamu bisa belajar ilmu dasar digital marketing dengan efektif dan efisien.

Checkpoint: Tools Digital Marketing

Salah satu tools yang sering digunakan oleh digital marketer adalah Google Analytics. Tools ini berfungsi untuk menganalisis kinerja website, seperti melacak, melihat umur, dan mengetahui jumlah pengunjung.

Pelatihan yang dapat kamu ambil untuk mencapai checkpoint ini adalah pelatihan ‘Kelas Google Analytics’ milik Tech in Asia Edu. Di pelatihan ini, kamu akan mengupas tuntas apa itu Google Analytics serta cara mengoperasikannya.

Tak tanggung-tanggung, instruktur pelatihan ini adalah CEO dari Tech in Asia itu sendiri lho. Jadi, biaya pelatihan yang kamu keluarkan sebesar Rp199.000 sebanding dengan ilmu yang kamu dapat.

Gugup Pas Interview Bahasa Inggris? Ini Solusinya!

Checkpoint: Ilmu Copywriting

Tak hanya menjalankan tools, seorang digital marketer juga perlu mengetahui bagaimana cara menulis iklan yang menjual. Maka dari itu, di checkpoint terakhir, kamu perlu mempelajari ilmu copywriting.

Untuk mempelajarinya kamu dapat ambil pelatihan ‘COPYWRITING : MENYAMPAIKAN PESAN YANG EFEKTIF UNTUK AUDIENS’ milik Lingkaran. Di pelatihan ini, kamu dapat belajar bagaimana cara menulis copywriting dan apa saja yang perlu dipersiapkan.

Hanya dengan Rp150.000, kamu akan dibimbing oleh dua instruktur yaitu penulis sekaligus dosen Universitas Multimedia Nusantara dan Creative Copywriter dari salah satu startup besar di Indonesia. 

Chapter 2: Soft Skill

Setelah menyelesaikan chapter Hard Skill, saatnya kamu lanjut ke chapter Soft Skill. Chapter ini diperlukan agar kamu dapat mempelajari ilmu yang mampu menopang atau mendukung pekerjaan sehari-harimu. Berikut checkpoint yang perlu kamu lewati:

Checkpoint: Skill Analisa

Menjadi seorang digital marketer tidak hanya sebatas memasarkan iklan atau produk. Profesi ini juga wajib memiliki kemampuan analisa yang baik sehingga dapat membuat strategi atau keputusan yang tepat.

Nah, kemampuan menganalisa dapat kamu asah melalui pelatihan ‘Belajar Berpikir Analitis’ milik Zenius. Cukup sisihkan Rp99.000, kamu bisa mempelajari langkah-langkah berpikir analitis serta mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang dialami.

Kuasai Skill Bahasa Inggris, Perluas Peluang Karier

Chapter 3: Bahasa Inggris

Yap, kamu berada di chapter terakhir dalam perjalananmu menjadi seorang digital marketer. Di chapter terakhir, kamu akan mempelajari ilmu bahasa asing yang diperlukan dalam pekerjaan sehari-harimu. Berikut checkpoint yang perlu kamu lewati:

Checkpoint: Interview Bahasa Inggris 

Kini banyak perusahaan yang mewajibkan karyawannya memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Biasanya hal ini dibuktikan lewat proses interview, contohnya seperti interview berbahasa Inggris.

Agar kamu dapat melewati proses interview bahasa Inggris dengan lancar, kamu bisa ambil pelatihan ‘Cepat Cakap Inggris Khusus Job Interview’ milik Cakap. Hanya dengan Rp250.000, kamu bisa belajar kosakata bahasa Inggris dan materi lain yang relate dengan interview kerja.

Itu dia cara paling efektif untuk menjadi digital marketer lewat Kartu Prakerja. Dengan budget Rp1.000.000, kamu bisa membeli semua rekomendasi kelas yang ada di atas dengan meninggalkan sedikit sisa yaitu Rp2.000. Efektif banget, kan?

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks