Belajar Online di Masa Pandemi Tetap Efektif dengan Cara Ini!

cara belajar efektif di masa pandemi

Semenjak pandemi datang dan mulai diberlakukannya social distancing, ada banyak kebijakan-kebijakan baru yang diberlakukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah sistem belajar di sekolah/kampus, yang dulunya para siswa/mahasiswa datang langsung ke sekolah, sekarang sistem pembelajaran mereka dialihkan dengan metode daring. 

Beradaptasi dengan sebuah kebiasaan baru pasti perlu proses, sejak awal kamu pasti bertanya-tanya bagaimana pembelajaran online akan berlangsung dan bagaimana cara belajar yang efektif di masa pandemi. Buat kamu yang masih susah beradaptasi dengan sistem belajar online, yuk pantengin tips belajar efektif di masa pandemi di bawah ini!

Pelajari Silabus, RPS, dan Buku Teks

cara belajar efektif di masa pandemi

Cara belajar efektif di masa pandemi yang pertama adalah mempelajari silabus, RPS, dan teks book. Setiap sekolah atau kampus pasti memiliki Rencana Pembelajaran Semester. Pahami apa saja yang akan kamu pelajari selama semester berlangsung. Jika kamu sudah memahami RPS, silabus, dan buku panduannya, maka kamu bisa mempersiapkan materi pembelajaran online lebih awal.

Pahami RaP dan SLO

cara belajar efektif di masa pandemi

Bagi kamu yang belum tahu apa itu RaP dan SLO, maka kamu menemukan artikel yang tepat! RaP adalah Role and Purpose, so sebelum kuliah/sekolah dimulai, kamu harus memahami terlebih dahulu peran dan mata pelajaran atau mata kuliah tersebut. Selanjutnya, kamu bisa mencari tahu tentang Subject Learning Outcomes-nya (SLO) atau hasil yang ingin dituju dari materi tersebut. Mengetahui RaP dan SLO di awal semester menjadi keuntungan dan salah satu cara belajar efektif di masa pandemi. Mengapa demikian? Karena hal itu berarti bahwa kamu sudah bisa menerka apa yang akan dituju atau diujikan di akhir semester.

Siapkan Alat Penunjang Belajar

cara belajar efektif di masa pandemi

Alat penunjang belajar secara daring memiliki sedikit perbedaan dengan belajar secara offline di sekolah. Jika dulu kamu cukup menyiapkan alat tulis, kalkulator, dan sebagainya, maka saat pembelajaran online kamu perlu alat penunjang berupa gadget, komputer, dan bahkan kamu juga membutuhkan listrik agar proses belajarmu dapat berjalan efektif. 

Pastikan Jaringan Internet-mu Stabil

cara belajar efektif di masa pandemi

Jika semua peralatan belajar berupa perangkat keras sudah disiapkan dengan baik, maka cara belajar efektif di masa pandemi selanjutnya adalah memastikan bahwa koneksi internet lancar. Jaringan internet yang lancar akan mendukung proses belajarmu. Sehingga, kamu tidak akan menemukan kendala saat sekolah/kuliah online melalui Zoom meeting. 

Sebagai catatan tambahan, kamu perlu menyematkan dan mempersiapkan link/username Zoom sebelum kelas online dimulai.

Beberapa cara belajar efektif di masa pandemi di atas semoga dapat membantu proses belajarmu menjadi semakin lancar ya, Sobat Cakap. Dan buat kamu yang punya cerita menarik atau tips belajar efektif di masa pandemi, bisa banget lho bagikan dan kirimkan pengalamanmu ke Cakap Cuap Cuap Competition. Selain bisa sharing cerita dan pengalaman, kamu juga bisa berkesempatan memenangkan hadiah menarik! Yuk, daftar dan ikutan sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks