Jauhi Bullying: Kenali Dampak, Bentuk dan Seluk-beluknya

bullying

Istilah “bullying” cukup akrab di telinga kita dan dapat terjadi di mana-mana, baik di lingkungan pendidikan maupun di lingkungan pekerjaan. Hal ini bukanlah sesuatu yang positif dan cenderung menimbulkan kerugian secara psikologi. Dalam artikel kali ini, akan dibahas seluk beluk mengenai bullying, mulai dari pengertian hingga bentuk-bentuk tindakannya. 

Apa Itu Bullying?

Dalam bahasa Indonesia bullying disebut perisakan atau perundungan. Bullying adalah tindakan penindasan atau intimidasi yang mengarah pada ancaman, pelecehan, dan kekerasan terhadap seseorang. Perilaku ini biasanya merupakan bentuk pemanfaat kesenjangan sosial atau fisik, di mana pelaku biasanya merasa lebih unggul daripada korban. 

Perilaku ini dapat memberikan dampak jangka panjang bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Seseorang yang menjadi korban bullying dapat mengalami masalah percaya diri hingga depresi. Tidak sedikit pula yang berujung tragis, di mana korban justru melakukan tindakan yang ekstrem seperti perlawanan balik atau bahkan menyakiti diri sendiri. 

Jenis-jenis Bullying

Ada beberapa kategori tindakan dalam penindasan atau bullying yang masing-masingnya memberi dampak psikologis bagi korban. 

Physical Bullying 

Jenis penindasan yang termasuk dalam physical bullying adalah memukul, menendang, mencubit, mendorong atau merusak barang-barang seseorang. Jenis penindasan ini dapat berdampak terhadap jangka pendek maupun jangka panjang terhadap korban tidak hanya secara fisik, namun juga secara psikologi. 

Verbal Bullying

Memberi sebutan tidak menyenangkan, mengolok-olok, memaki, berteriak, dan melakukan kekerasan verbal termasuk ke dalam verbal bullying. Meskipun tidak secara langsung meninggalkan bekas fisik dan awalnya tampak tidak berbahaya, namun dapat menjadi semakin parah. Penindasan verbal umumnya dapat langsung merusak rasa percaya diri seseorang.

Social Bullying

Jenis penindasan ini biasanya tidak dilakukan oleh satu atau dua orang tertentu, melain dalam lingkungan sosial yang cukup luas, misalnya kelas di sekolah. Tindakan yang termasuk penindasan jenis ini adalah menyebar fitnah, rumor, mengolok-olok (secara bersama), mengucilkan dan mengajak orang lain untuk mengucilkan seseorang. 

Cyber Bullying

Cyber bullying adalah segala bentuk penindasan yang disengaja dengan menggunakan teknologi baik perangkat keras, maupun lunak. Termasuk pengiriman teks, gambar, atau video yang menyakitkan, mengucilkan seseorang secara online, serta menyebar gosip dan fitnah. Selain itu, berpura-pura menjadi seseorang secara online juga termasuk cyber bullying

Apa yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Bullying?

Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan jika terjadi bullying, baik terhadap dirimu sendiri maupun terhadap orang yang kamu kenal. 

Jika terjadi pada diri sendiri

1. Jika kamu masih berusia di bawah umur, kamu perlu melaporkan tindakan bullying kepada orang tua atau orang dewasa yang bisa dipercaya (misalnya guru di sekolah). 

2. Pada tahap awal bullying verbal seperti teman yang mengolok-olok, berusahalah untuk mengabaikannya dan tetap menjadi diri sendiri. 

3. Berusahalah untuk tidak melakukan konfrontasi, karena tindakan tersebut tindakan menjadi semakin parah dan semakin berbahaya bagimu. 

4. Yakinlah bahwa dirimu berharga serta layak mendapatkan hal-hal baik dan berprestasi. Berlatihlah menunjukkan bahwa kamu percaya diri dengan apa yang kamu miliki. 

Jika terjadi pada orang lain

1. Catat atau rekam apa yang dilakukan pelaku terhadap korban dan kumpulkan barang bukti dan pastikan kamu menyimpannya dengan aman. 

2. Tidak perlu melakukan aksi heroik, tetapi kamu bisa berusaha mengalihkan perhatian pelaku atau korban ketika kamu melihat tanda-tanda perisakan. 

3. Bangunlah pertemanan atau komunitas yang nyaman bagi korban untuk memperkecil kesempatan korban bertemu sendirian dengan pelaku. 

4. Jika tindakan bullying sudah parah dan tidak bisa kamu atasi, kamu dapat melaporkan tindakan bullying terhadap pihak yang berwenang di lingkunganmu. 

Nah, itulah seluk-beluk bullying yang perlu kamu ketahui. Hindari tindakan bullying mulai dari diri sendiri dengan meyakini bahwa tidak ada satu orang pun yang pantas dirisak. Selain itu, jangan pernah membiarkan orang yang dirisak dan bertemanlah dengan siapa saja. 

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks