Biar Lebih Produktif, Lakukan 7 Hal Ini di Pagi Hari

Salah satu resolusi yang paling umum adalah menjadi lebih produktif. Namun seringkali resolusi ini gagal untuk dicapai, entah itu karena sibuk, lupa waktu, ataupun rasa malas. Kenapa sih menjadi produktif itu susah sekali?

Salah satu kunci untuk menjadi produktif adalah dengan melihat bagaimana kamu memulai harimu. Apakah kamu mulai dengan mengeluh? Terburu-buru? Marah-marah? Cara kamu memulai harimu bisa menentukan mood dan aktivitas kamu seharian.

Banyak CEO-CEO sukses seberti Jeff Bezos dan Elon Musk yang melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu setiap harinya agar lebih produktif. Apabila produktif sejak pagi hari, kamu akan lebih mudah untuk terus produktif sepanjang hari.

Bagi pelajar, produktif berarti kamu jadi lebih fokus saat belajar di sekolah. Bagi pekerja, kamu bisa mengerjakan pekerjaan kantormu dengan lebih efektif. Bagi pebisnis, produktif bisa membuat bisnismu lebih berkembang.

Jadi kebiasaan apa aja yang bisa kamu lakukan di pagi hari supaya lebih produktif?

Bangun lebih pagi

Bangun lebih pagi
source: giphy.com

Tebak CEO Apple bangun jam berapa setiap harinya? 3.45 pagi! Richard Branson? 5.45. Oprah? Antara pukul 6.02 dan 6.20. Menurut beberapa riset, 90% eksekutif bangun sebelum jam 6 pagi pada hari kerja.

Menurut Richard Branson, bangun pagi membuatnya sempat berolahraga dan menghabiskan waktu sebentar dengan keluarga. Dengan demikian, kamu bisa dengan tenang mulai bekerja tanpa terganggu urusan pribadi. Selain itu, kamu juga gak perlu terburu-buru dalam melakukan ini-itu.

Jalankan rutinitas yang efektif

Jalankan rutinitas yang efektif
source: giphy.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh psikolog Roy Baumeister, rata-rata orang memiliki niat dan kemauan yang terbatas setiap harinya. Membuat keputusan-keputusan yang menjemukan di pagi hari akan memberi dampak yang kurang baik bagi harimu.

Oleh karena itu, buat sebuah rutin yang meminimalkan pengambilan keputusan di pagi hari. Tapi rutinitas pagi yang efektif itu seperti apa ya? Kamu bisa ‘nyontek’ kebiasaan dari tokoh-tokoh sukses atau ikuti rekomendasi di artikel ini.

Minum air putih

Minum air putih
source: giphy.com

Minum air putih bisa bikin produktif? Kelihatannya sederhana tapi banyak orang gak sadar kalau kekurangan cairan tubuh bisa menghambat produktivitas. Padahal dehidrasi ringan saja sudah bisa memengaruhi mood dan fungsi kognitif kita.

Supaya cairan tubuh cukup, bisa dimulai dengan minum air putih di pagi hari. Siapkan segelas air di meja sebelah ranjangmu dan mulai biasakan minum sampai habis begitu kamu bangun pagi. Minum sedikit-dikitnya 4 gelas sehari.

Meditasi

Meditasi
source: giphy.com

Nanti siang makan apa ya? Abis pulang kantor mau jalan-jalan atau langsung pulang? Barang yang aku pesen kemarin kira-kira sampainya kapan ya? Pikiran sering ke mana-mana saat kerja bikin aktivitasmu terganggu lho!

Nah, bermeditasi membantu agar pikiran kamu gak berkeliaran ke mana-mana. Coba deh praktikkan meditasi tiap pagi supaya kamu bisa lebih fokus sepanjang hari. Gak perlu susah-susah, kamu hanya perlu cari ruangan yang tenang, duduk, tenangkan pikiran, dan dengarkan hal-hal di sekitarmu.

Jangan lupa sarapan

Jangan lupa sarapan
source: giphy.com

Sarapannya bukan sembarang ‘sarapan’ kopi ya. Menurut riset, sarapan meningkatkan energimu sepanjang hari. Apa yang harus dimakan saat sarapan?

Sarapanmu harus mengandung protein seperti Greek yogurt, telur, atau kacang-kacangan, gandum seperti roti atau sereal, dan beberapa buah dan sayur-sayuran. Hindari karbohidrat olahan dan lemak jenuh.

Berolahraga

Berolahraga
source: giphy.com

Menurut sebuah studi, orang-orang yang berolahraga pada jam 7 pagi mengalami sejumlah manfaat, seperti tidur lebih nyenyak dan menurunnya tingkat stres dan kecemasan. Jadi sudah jelas kan apa yang harus kamu lakukan?

Gak perlu yang ribet-ribet, cukup 15 menit lari pagi bisa membuatmu lebih siap menjalani hari.

Tentukan prioritas

Tentukan prioritas
source: giphy.com

Menurut pakar kepemimpinan Brian Tracy, perencanaan selama 12 menit akan membuatmu hemat waktu 1-2 jam. Jadi, saat bangun di pagi hari, jangan lupa untuk merencanakan harimu.

Sebelum kelas dimulai atau berangkat kerja, duduk dulu sebentar dan tentukan tugas paling penting di hari itu. Ini merupakan tugas yang harus kamu kerjakan sesegera mungkin.

Dengan mengerjakannya, kamu akan merasa telah mencapai sesuatu yang membuatmu jadi lebih termotivasi melakukan tugas-tugas lainnya. Kemudian buat sebuah misi agar kamu bisa fokus mencapai tujuanmu.

Tanyakan dirimu, “Apa yang bisa saya capai hari ini yang membawa saya lebih dekat ke goal saya?”

Nah rutinitas ini bisa kamu terapkan di pagi hari supaya kamu bisa lebih fokus, misalnya saat kamu belajar bahasa Inggris, Mandarin, atau Jepang di Cakap. Selamat jalani hari!

 

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google