Berikut Deretan Aktris yang Pernah Memerankan Catwoman

Batman Figure

Baru kemarin Warner Bros mengumumkan Zoe Kravitz sebagai pemeran Catwoman di film The Batman mendatang. Sebelumnya, Warner Bros mengumumkan Robert Pattinson sebagai pemeran Batman.

Hal ini langsung ramai diperbincangkan di Twitter dan sempat menjadi trending topic. Zoe Kravitz sebelumnya sempat membintangi Fantastic Beasts, Divergent, dan serial HBO Big Little Lies.

Sebelum diumumkan, terdapat sejumlah nama-nama besar yang rumornya dipertimbangkan untuk memerankan Selina Kyle alias Catwoman. Dalam daftar nama tersebut di antaranya terdapat Tessa Thompson (Thor: Ragnarok), Vanessa Hudgens (Sucker Punch), Vanessa Kirby (Mission Impossible: Fallout), dan Lupita Nyong’ O (Black Panther).

Peran Catwoman ini memang menarik perhatian banyak orang. Sejumlah aktris ikonik telah memerankan penjahat dengan sembilan nyawa di layar perak. Beberapa berhasil menaklukkan peran tersebut, yang lainnya tidak begitu.

Menyambut Zoe Kravitz sebagai anggota terbaru dalam deretan aktor yang akan berperan dalam film The Batman yang akan datang, berikut deretan aktris yang pernah memerankan Catwoman.

Lee Meriwether – Batman: The Movie (1966)

Lee Meriwether - Batman: The Movie (1966) source: giphy.com

Sebelumnya lebih dikenal sebagai Miss America tahun 1955, film Batman: The Movie menjadi penampilan besar pertamanya di layar perak. Ia menggantikan Julie Newmar yang sebelumnya memerankan Catwoman pada season pertama serial Batman.

Pendekatan Lee sebagai Catwoman bisa dikatakan membawa kesan yang lebih seirus dibandingkan Catwoman versi Julie. Semenjak itu, Lee mulai mendapatkan peran-peran besar di serial-serial televisi seperti Star Trek, Murder She Wrote, dan Mission Impossible.

Michelle Pfeiffer – Batman Returns (1992)

Michelle Pfeiffer - Batman Returns (1992) source: giphy.com

Coba kamu tanya-tanya ke penggemar Batman, khususnya karakter Catwoman. Kemungkinan besar mereka akan menjawab Michelle Pfeiffer sebagai aktris favorit mereka.

Pfeiffer berperan dalam Batman Returns, film yang disutradarai Tim Burton. Film ini mendapat rating yang cukup tinggi yaitu 79% di Rotten Tomatoes. Pfeiffer mengambil inspirasi dari seri Batman orisinal tahun 1960-an. Dengan aktingnya, Pfeiffer diklaim berhasil memberikan kedalaman dan karakter pada tokoh Catwoman.

Walaupun Catwoman yang diperankan Pfeiffer digadang-gadang sebagai penokohan Catwoman yang paling ikonik, Batman Returns bukanlah film dengan rating tertinggi yang menampilkan Catwoman.

Halle Berry – Catwoman (2004)

Halle Berry - Catwoman (2004) source: giphy.com

Dibintangi aktris papan atas tidak menjanjikan keberhasilan atas sebuah film. Catwoman buktinya. Dirilis tahun 2004, Catwoman merupakan film yang sayangnya tidak disukai baik oleh penonton maupun kritikus.

Film ini hanya mendapat rating 18% dari penonton dan 9% dari kritikus di Rotten Tomatoes. Kerennya, Halle Berry tidak terlalu mengambil hati ulasan-ulasan buruk terhadap film yang dibintanginya.

Wajar saja, beberapa tahun sebelum berperan sebagai catwoman, ia memenangkan Oscar kategori Aktris Terbaik untuk film Monster’s Ball. Ia bahkan hadir di Razzie Awards (penghargaan satirikal untuk film, aktor, dan sineas terburuk) 2004. Tebak apa yang ia bawa? Yep, Halle Berry membawa piala Oscar-nya ke ajang penghargaan tersebut.

Anne Hathaway – The Dark Knight Rises (2012)

Anne Hathaway - The Dark Knight Rises (2012) source: giphy.com

Tadi mungkin kamu bertanya-tanya. Jika film The Batman Returns bukan film dengan rating tertinggi yang menampilkan Catwoman, lalu film apa dong? Nah ini dia jawabannya. Anne Hathaway dalam film The Dark Knight Rises.

Jika Catwoman versi Pfeiffer lebih menggambarkan sebagai seorang wanita yang ingin membalas dendam, Catwoman versi Hathaway sebagai ‘kucing’ pencuri yang licik bisa dibilang lebih ‘merakyat’.

Jadi siapa Catwoman favoritmu dari nama-nama di atas? Dari berbagai penokohan Catwoman, kira-kira Zoe Kravitz bakal memerankan Catwoman dengan pendekatan yang seperti apa ya? Kita tunggu 2 tahun lagi ya. The Batman, disutradarai Matt Reeves, kabarnya baru akan rilis pada Juni 2021.

Ngomong-ngomong, mau kasih tahu nih. Kalau kamu penggemar Batman maupun Catwoman, bisa lho nonton film-filmnya sambil belajar bahasa Inggris lewat dialog-dialog yang diucapkan.

Kamu bisa mendiskusikan mengenai film-film Batman atau film-film lain favoritmu sambil belajar bahasa Inggris dengan guru profesional di Cakap Chat. Atau, kamu juga bisa mendiskusikannya dengan teman-teman baru di Cakap Club. Seru!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google