Berikut 5 Universitas Terbaik di Asia yang Patut Kamu Simak!

Berikut 5 Universitas Terbaik di Asia yang Patut Kamu Simak!

Banyak yang bermimpi untuk kuliah di luar negeri namun masih bingung ingin kuliah di mana. Selain Eropa, Asia juga merupakan benua yang memiliki perkembangan peradaban dan pendidikan yang sangat maju. Masalahnya, jika kamu ingin menuntut ilmu di universitas terbaik di Asia ini, kemampuan berbahasa Inggris saja tidak cukup. Kamu juga harus belajar bahasa Mandarin dan mungkin bahasa Jepang dan Korea.

Lalu, apa saja sih 5 universitas terbaik di Asia ini? Simak artikel berikut!

National University of Singapore (NUS)

Berikut 5 Universitas Terbaik di Asia yang Patut Kamu Simak!
sumber: qswownews.com

Peringkat pertama untuk perguruan tinggi terbaik se-Asia tahun 2019 versi QS World University Rankings adalah National University of Singapore (NUS).

National University of Singapore (NUS) adalah universitas riset otonom pertama di Singapura. NUS adalah universitas riset yang komprehensif dan menawarkan berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu: kedokteran dan kedokteran gigi, desain dan lingkungan, hukum, seni dan ilmu sosial, teknik, bisnis, komputasi dan musik di tingkat sarjana dan pascasarjana. Universitas ini didirikan pada tahun 1905 sebagai Fakultas Kedokteran King Edward VII, NUS adalah institusi pendidikan tinggi tertua di Singapura.

Ayo Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing Kamu Bersama Cakap

Kampus utama NUS terletak di bagian barat daya Singapura yang berdekatan dengan Kent Ridge. Duke-NUS Medical School merupakan sekolah kedokteran pascasarjana yang bekerjasama dengan Duke University dan terletak di kampus Outram. Kampus Bukit Timah memiliki Fakultas Hukum dan Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew. Yale-NUS College merupakan perguruan tinggi seni liberal yang bekerja sama dengan Universitas Yale dan terletak di University Town.

The University of Hong Kong (HKU)

Berikut 5 Universitas Terbaik di Asia yang Patut Kamu Simak!
sumber: hku.hk

Perguruan tinggi terbaik Asia tahun 2019 versi QS World University Rankings selanjutnya adalah The University of Hong Kong (HKU).

The University of Hong Kong (HKU) adalah universitas riset negeri di Hong Kong. Didirikan pada tahun 1911 dan asal-usulnya berasal dari Hong Kong College of Medicine yang didirikan pada tahun 1887. Universitas ini merupakan adalah institusi tersier tertua di Hong Kong. Selain itu, HKU adalah universitas pertama yang didirikan oleh Kerajaan Inggris di Asia Timur.

Pada 2019, HKU menempati peringkat kedua di Asia oleh QS dan keempat oleh Times Higher Education World University Rankings (THE), dan sekitar 30 teratas secara internasional. HKU juga secara umum dianggap sebagai salah satu universitas paling internasional di dunia serta salah satu universitas paling bergengsi di Asia.

Saat ini, HKU memiliki sepuluh fakultas akademik dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama, jadi pastikan kamu memiliki nilai TOEFL dan IELTS yang mumpuni sebelum mendaftar. HKU juga memiliki peringkat tinggi dalam bidang sains, kedokteran gigi, biomedis, pendidikan, humaniora, hukum, ekonomi, administrasi bisnis, linguistik, ilmu politik, dan ilmu sosial.

Nanyang Technological University, Singapore (NTU Singapore)

Berikut 5 Universitas Terbaik di Asia yang Patut Kamu Simak!
sumber: google

Nanyang Technological University (NTU) adalah universitas riset otonomi negeri tertua kedua di Singapura.

Dengan populasi sebesar 33.500 siswa dan 10.000 staf pengajar seserta staf lainnya, NTU adalah universitas terbesar kedua di Singapura. Universitas ini diatur dalam delapan perguruan tinggi dan sekolah, termasuk Sekolah Tinggi Teknik, Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan, Sekolah Bisnis Nanyang, Sekolah Kedokteran Lee Kong Chian, dan Sekolah Tinggi Ilmu Humaniora, Seni dan Ilmu Sosial. NTU juga merupakan rumah bagi beberapa lembaga otonom seperti Institut Pendidikan Nasional Singapura, Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam, Observatorium Bumi Singapura, Pusat Teknik Ilmu Lingkungan Hidup Singapura, Institute on Asian Consumer Insight, dan baru saja meluncurkan NTU Institute of Science and Technology for Humanity. Kampus utama NTU meliputi 200 hektar tanah, sehingga menjadikannya kampus universitas terbesar di Singapura.

Tsinghua University (THU)

Berikut 5 Universitas Terbaik di Asia yang Patut Kamu Simak!
sumber: twitter.com

Tsinghua University (THU) atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan 清华大学 (Qinghua) merupakan salah satu perguruan tinggi yang paling dicari dan diminati untuk program teknik dan ilmu komputer yang hebat karena sejak 2015, universitas ini telah menempati peringkat terbaik di dunia untuk kedua disiplin ilmu tersebut.

Sejak didirikan pada tahun 1911, THU telah meluluskan banyak pemimpin Cina di bidang politik, bisnis, akademisi, dan budaya. Merefleksikan moto “Disiplin Diri dan Komitmen Sosial”, Universitas Tsinghua didedikasikan untuk keunggulan akademik, memajukan kesejahteraan masyarakat Tiongkok, dan pembangunan global.

Tsinghua terus-menerus menempati peringkat sebagai salah satu lembaga akademik terbaik di Cina, Asia, dan di seluruh dunia, dan diakui sebagai universitas terbaik ke-14 dalam Times Higher Education World Reputation Rankings tahun 2017. Sejak 2015, Tsinghua telah diperingkatkan sebagai sekolah teknik dan ilmu komputer terbaik di dunia berdasarkan faktor termasuk total hasil penelitian dan kinerja. Tsinghua adalah lembaga Kelas A dalam Double First Class University Plan.

Peking University

Berikut 5 Universitas Terbaik di Asia yang Patut Kamu Simak!
sumber: school.cucas.edu.cn

Universitas Peking atau Peking University adalah universitas riset utama di Beijing, Tiongkok. Universitas nasional modern pertama yang didirikan di Cina ini, didirikan pada akhir Dinasti Qing pada tahun 1898 sebagai Universitas Kekaisaran Peking dan merupakan penerus Guozijian, atau Imperial College.

Mulai dari awal 1920-an, universitas ini menjadi pusat gerakan progresif Cina. Fakultas dan mahasiswa memegang peran penting dalam memulai Gerakan Budaya Baru, protes Gerakan 4 Mei, dan acara budaya dan sosiopolitik penting lainnya, sejauh sejarah universitas terkait erat dengan Tiongkok modern. Universitas Peking telah mendidik dan menjadi tuan rumah bagi banyak tokoh Cina modern termasuk Mao Zedong, Lu Xun, Gu Hongming, Hu Shi, Mao Dun, Li Dazhao, Chen Duxiu, dan Perdana Menteri Li Keqiang.

Pada 2018, Universitas Peking secara konsisten diperingkatkan sebagai salah satu dari dua institusi akademik terbaik di Cina, bersama dengan Universitas Tsinghua. Universitas ini juga merupakan salah satu universitas paling selektif untuk penerimaan sarjana di Cina.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google