Belajar Bahasa Mandarin Lebih Asyik dengan Metode Edutainment

belajar bahasa mandarin

Dalam hal belajar bahasa, film adalah salah satu bentuk edutainment yang menyenangkan dan efektif. Edutainment adalah sebutan untuk cara belajar melalui hiburan seperti music atau film. Hari ini Cakap akan membahas tentang film Mandarin yang dapat membantumu belajar bahasa dan budaya Mandarin. Apa saja filmnya? Simak di sini!

The New Year’s Eve of Old Lee

Belajar Bahasa Mandarin Lebih Asyik dengan Metode Edutainment
sumber: blogspot.com

The New Year’s Eve of Old Lee atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan 过年好—Guòniánhǎo—adalah sebuah film drama komedi keluarga yang dibintangi oleh Aaron Yan dan dirilis pada tahun 2016. Film ini mengisahkan tentang Old Lee, seorang pria tua yang memiliki anak perempuan bernama Yangduo. Old Lee sangat merindukan anak dan keluarganya yang mengunjunginya setiap Tahun Baru Imlek.

Selain untuk belajar bahasa Mandarin, film ini juga sangat disarankan untuk kamu yang ingin belajar kebudayaan Tiongkok dan bagaimana perbedaannya dengan kebudayaan Barat. Kamu akan sering menemukan kosakata yang menunjukkan tentang peranan seseorang dalam sebuah keluarga seperti “paman” dan “bibi”.

The Rooftop

Belajar Bahasa Mandarin Lebih Asyik dengan Metode Edutainment
sumber: thecoopercompany.biz

The Rooftop (天台爱情—The Rooftop Love) merupakan sebuah film musikal Taiwan berbahasa Mandarin yang kisahnya berlatar di sebuah dunia fiktif di mana terdapat konflik antara dua komunitas, kelompok yang tinggal dan bernyanyi di atap dengan kelompok yang hidup di bawah atap. The Rooftop adalah film kedua yang disutradarai oleh penyanyi/aktor Taiwan Jay Chou.

Mengapa film Mandarin The Rooftop direkomendasikan untuk membantumu belajar bahasa Mandarin? Film musikal adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin karena dengan belajar melalui lagu, kamu dapat mengingat kosakata baru dengan lebih baik dibandingkan hanya dengan membaca.

Dialog yang disajikan pun lebih ke percakapan sehari-hari sehingga kamu yang berada di tingkat pemula, bisa belajar percakapan dalam bahasa Mandarin dari film ini. Selain itu, film ini juga sangat menghibur karena penuh dengan nyanyian dan lawakan sehingga kamu tidak akan bosan ketika menontonnya.

Raise the Red Lantern

Belajar Bahasa Mandarin Lebih Asyik dengan Metode Edutainment
sumber: jamescabellferguson.files.wordpress.com

Raise the Red Lantern (大紅燈籠高高掛—Dà Hóng Dēnglong Gāogāo Guà—Raise High the Red Lanterns) adalah film rilisan tahun 1991 yang disutradarai oleh Zhang Yimou (张艺谋) dan dibintangi oleh Gong Li (鞏俐). Film ini adalah adaptasi oleh Ni Zhen dari novel keluaran tahun 1990 yang berjudul Wives and Concubines karya Su Tong.

Berlatar di era tahun 1920-an, Songlian, seorang remaja yang berpendidikan, mendapati dirinya selir ketiga (istri keempat) dari seorang lelaki tua yang kaya setelah ayahnya meninggal sehingga keluarganya bangkrut.

Songlian segera menemukan bahwa status empat istri dan akses ke hak istimewa ditentukan oleh kemampuan mereka untuk menyenangkan suami mereka yang akan menyalakan lentera istri yang diinginkan untuk bergabung dengan sang suami di ranjang perkawinan. Persaingan untuk memenangkan hati sang suami pun mengarah pada para wanita di rumah tangga yang akhirnya diabaikan, dihukum, dibunuh, atau dibiarkan gila.

Film ini memang lebih direkomendasikan untuk orang dewasa yang sedang belajar bahasa Mandarin di tingkat menengah atau lanjutan. Alur cerita dan dialog yang cukup berat untuk ditangkap oleh para pemua namun kisahnya berbeda dan tentunya, novel dari film ini pun sangat menarik untuk dibaca.

Red Cliff

Belajar Bahasa Mandarin Lebih Asyik dengan Metode Edutainment
sumber: alphacoders.com

Red Cliff atau Chibi (Mandarin: 赤壁) adalah film perang epik berbahasa Mandarin yang dirilis menjadi dua bagian, bagian pertama di tahun 2008 dan bagian kedua di tahun 2009. Kisahnya berdasarkan Pertempuran Tebing Merah (208-209 M) dan peristiwa di akhir dinasti Han.

Film ini sangat cocok untuk kamu yang senang dengan film bertema perang dan kebetulan juga sedang belajar bahasa Mandarin. Dialog yang digunakan dalam percakapan di film memang cenderung ke kosakata yang digunakan di masa lalu namun mempelajari hal tersebut pun juga sangan menyenangkan. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari sejarah Tiongkok dan jenderal-jenderal legendaris yang terlibat dalam perang ini.

Itu dia film Mandarin yang keren dan bisa membantumu berlatih bahasa Mandarin. Film tidak hanya akan mengajarkanmu tentang bahasa dan kebudayaan tapi juga tentang pesan kehidupan. Bila kamu menemui kosakata yang sulit atau kamu sukai, kamu bisa mendiskusikannya ketika kursus bahasa Mandarin online bersama Cakap.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google