Belajar Bahasa Mandarin dengan Lebih Mudah Melalui 3 Kanal Podcast Berikut

podcast mandarin -- feature

Bagi sebagian orang, menyimak atau mendengarkan bahasa Mandarin merupakan hal yang sulit. Kecepatan, intonasi, dan keterbatasan pengetahuan akan kosa kata bahasa Mandarin membuat menyimak merupakan hal yang cukup menakutkan bagi para pelajar. Padahal, menyimak merupakan kemampuan penting yang wajib dimiliki selain membaca, menulis, dan berbicara.

Mendengarkan atau menyimak pada dasarnya berbeda dari membaca, menulis, dan berbicara karena mendengarkan sering mengacu pada momen agar sesuai dengan konteks. Pada saat kamu berbicara dengan seseorang, kamu tidak dapat benar-benar berharap orang mengulangi hal-hal dua kali, tiga kali, empat kali dan lebih hanya untuk mengejar apa yang mereka katakan.

Podcast bahasa Mandarin mungkin merupakan cara yang sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Mandarin kamu. Kamu dapat mempelajari beberapa kosa kata bahasa Mandarin yang terkait dalam topik khusus sambil mempelajari sesuatu yang menarik tentang budaya Tiongkok.

Cara Memilih Kanal Podcast Bahasa Mandarin yang Sesuai Untukmu

Belajar Bahasa Mandarin dengan Lebih Mudah Melalui 3 Kanal Podcast Berikut
sumber: giphy

Sesuaikan dengan tingkatan belajar

Untuk menghindari kesulitan dalam belajar, usahakan untuk menyesuaikan bahasa yang digunakan dalam podcast dengan tingkatan bahasa Mandarin yang sedang dipelajari. Misalnya kamu berada di tingkat pemula, usahakan untuk mencari podcast yang minim akan istilah sulit atau kecepatan penuturan yang tinggi.

Tidak terlalu banyak mengandung bahasa gaul atau dialek local

Ini adalah masalah besar lainnya. Kebanyakan orang mengatakan bahwa bahasa Mandarin adalah bahasa yang sulit untuk dipelajari, tetapi yang mengejutkan, kosa kata bahasa Mandarin cenderung tidak memiliki banyak istilah bahasa gaul. Namun kamu akan menemukan berbagai dialek sehingga kamu tetap harus hati-hati agar kamu tidak lebih cepat bingung.

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Mandarin-mu Hanya Dengan Belajar di Cakap

Hindari podcast bahasa Mandarin yang terlalu beraksen

Bahasa Mandarin cenderung memiliki banyak variasi aksen yang membuatnya sulit untuk didengarkan. Misalnya, aksen GuangDong yang berat dapat membuat bahasa Mandarin terdengar sangat mirip bahasa Kanton.

Memiliki transkrip atau subtitel

Transkrip sangat baik untuk membantumu memahami apa yang sedang dibicarakan, apalagi jika kamu masih berada di tingkat pemula. Namun kamu juga harus membatasi diri agar tidak terlalu bergantung pada transkrip atau subtitel.

3 Rekomendasi Kanal Podcast Bahasa Mandarin

Belajar Bahasa Mandarin dengan Lebih Mudah Melalui 3 Kanal Podcast Berikut
sumber: giphy

青春愛消遣 (The Pastimes of Youth)

Podcast ini cocok untuk kamu yang berada di tingkat pemula hingga menengah. Kamu bisa mempelajari kosa kata bahasa Mandarin baru dan sekaligus memahami Taiwan dengan lebih dalam melalui sudut pandang anak muda di sana. Podcast ini dibawakan dengan nada yang sangat mirip seperti sebuah percakapan. Karena ditargetkan untuk audiens yang lebih muda, dialognya jauh lebih tidak formal dan jauh lebih mudah untuk didengarkan.

Slow Chinese (慢速中文)

Podcast ini cocok untuk kamu yang sudah cukup mahir berbahasa Mandarin (tingkat menengah-atas atau lanjutan). Dibuat oleh mahasiswa asal Tiongkok dan pada dasarnya, para siswa ini berbicara tentang bagaimana rasanya tinggal di Tiongkok dalam durasi di bawah 10 menit.

Dengan menyajikan potongan asli dari kehidupan seperti apa yang dilihat oleh mahasiswa, kamu tidak hanya akan belajar kata-kata baru tapi juga akan mendengar beberapa hal unik tentang budaya Tionghoa dari perspektif penduduk asli.

開卷八分鐘(Eight Minutes Reading)

Ini adalah podcast yang disiarkan di jaringan TV besar Tiongkok dan pada dasarnya, podcast ini adalah sebuah acara di mana pembawa acara berbicara tentang rekomendasi buku dalam cuplikan singkat selama delapan menit. Pembawa acara berbicara tentang pemikirannya tentang buku itu, merangkumnya, dan berbicara tentang mengapa ia merekomendasikan kamu untuk membaca buku tersebut.

Yuk Belajar Kosakata Bahasa Mandarin Sehari-Hari

Jika kamu seorang pembaca yang rajin dan ingin memperluas pilihan buku kamu ke karya-karya literature Cina, ini adalah cara yang bagus untuk menjadi lebih dekat dengan buku-buku Cina (sastra, esai, cerita pendek, dll). Namun sebelum kamu mencari buku-buku yang direkomendasikan, pastikan kemampuan membaca bahasa Mandarinmu sudah memadai.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google