Belajar Bahasa Inggris Lewat Nonton Series, Ini Strateginya

Banyak yang bilang nonton film menjadi salah satu cara yang efektif dan menyenangkan untuk belajar bahasa. Tapi apa benar begitu? Tergantung metode yang kamu pakai. Metode? Bukannya tinggal nonton saja?

Tidak semudah itu ferguso. Belajar dengan cara nonton film juga harus ada strateginya. Tanpa strategi yang tepat, bisa jadi kamu tidak benar-benar menyerap bahasa yang sedang kamu pelajari dan yang ada hanya sekadar nonton saja.

Jika kamu hobi nonton, serial televisi memang bisa jadi salah satu teman belajarmu. Karena, lewat film kamu melatih kemampuan listening-mu, juga belajar kosakata baru dalam konteks yang relevan sehingga pengalaman belajarmu jadi lebih mendalam.

Bagimana strategi yang tepat untuk belajar bahasa Inggris lewat serial televisi? Cari tahu jawabannya dengan baca artikel ini sampai habis ya!

Pilih Material yang Tepat

Pilih material yang tepat source: giphy.com

Agar lebih optimal dan usaha belajarmu gak sia-sia, pastikan kamu memilih serial pada level bahasa yang tepat. Tontonan dengan bahasa yang terlalu rumit akan membuatmu kewalahan dan frustasi sendiri. Serial yang terlalu mudah bisa memperlambat perkembangan belajarmu.

Bagaimana cara memilih serial yang tepat? Pertama, perhatikan genre yang kamu pilih. Genre sangat berpengaruh pada tingkat kesulitan suatu bahasa. Misalnya, serial anak-anak tentunya akan menggunakan bahasa dan kosakata yang sangat dasar. Sebaliknya, serial detektif akan menggunakan istilah-istilah khusus yang lebih rumit.

Untuk tahu apakah serial yang kamu tonton tepat sebagai bahan belajarmu, coba tonton 5 menit pertamanya. Hiraukan subtitle dan sepenuhnya tonton berdasarkan audionya. Apakah kamu mengerti semua yang kamu dengar? Berarti serial itu terlalu mudah untukmu. Jika kamu nyaris tidak memahami semuanya, serial itu terlalu sulit.

Namun, jika kamu kurang lebih mengetahui garis besar cerita tapi tidak memahami beberapa kata, ini merupakan pertanda bahwa serial ini mungkin tepat untuk materi belajarmu.

Berinteraksi Dengan Serial yang Kamu Tonton

 

Menonton serial memang cara belajar yang efektif. Akan lebih efektif lagi jika kamu mempraktikan yang sudah kamu dapat dari serial yang kamu tonton dengan ‘berinteraksi’ dengan serial itu.Maksud dari berinteraksi adalah kamu tidak hanya secara pasif menonton dan menerima materi tetapi kemudian juga terlibat secara aktif.

Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya dengan menuliskan ringkasan dari episode yang baru saja kamu tonton. Bisa juga dengan meringkasnya secara lisan untuk melatih kemampuan speaking kamu.

Hindari Untuk Selalu Menggunakan Subtitle

Hindari untuk selalu menggunakan subtitle source: giphy.com

Subtitle memang bisa sih membantumu memahami serial yang kamu tonton. Tapi ini juga bisa menghambat ritme belajarmu karena kamu hanya menyerap materi yang sudah tersedia tanpa melakukan apa-apa.

Maka itu, bijak-bijak ya menggunakan subtitle. Baca subtitle kalau kamu memang benar-benar butuh, tapi jika memungkinkan jangan sering bolak-balik baca teks di bawah ya.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti subtitle-mu dari yang awalnya bahasa Indonesia kemudian ke bahasa Inggris saat menonton kedua kalinya. Setelahnya, baru hilangkan subtitle sepenuhnya sebagai latihan.

Hindari Binge-watch

Hindari binge-watch source: giphy.com

Bukannya dengan binge-watch berarti materi belajar jadi lebih banyak? Hmm, memang sih tapi ternyata ini gak efektif lho. Belajar bahasa asing butuh banyak upaya, fokus, dan konsentrasi.

Mencoba belajar bahasa langsung dalam waktu yang panjang kemungkinan besar akan membuatmu merasa keteteran sangking banyaknya materi yang kamu serap. Apalagi kalau kamu baru mulai mempelajari bahasa tersebut.

Cara yang baik adalah dengan membagi serial televisi yang kamu tonton ke dalam beberapa bagian sehingga kamu punya waktu untuk benar-benar memroses tiap bagiannya sebelum lanjut.

Kamu bisa membaginya 1 episode ke dalam beberapa bagian, misalnya tiap 10 menit. Setelah 10 menit, ulangi bagian yang sudah kamu tonton dan coba benar-benar memahami bagian tersebut. Setelah sudah, baru lanjut ke 10 menit berikutnya.

Cara ini mungkin lumayan memakan waktu, tapi setidaknya kamu bisa benar-benar fokus mendalami isinya dibanding hanya sekadar lewat tanpa benar-benar kamu pahami. Cara lain adalah dengan mencari serial dengan durasi yang pendek.

Jangan Menerjemahkan Semuanya

Jangan menerjemahkan semuanya source: giphy.com

Menerjemahkan kata per kata ke bahasa Indonesia akan membuatmu pusing sendiri. Lagipula, ini membuat kamu jadi berfokus ke tiap kata alih-alih memahami konteksnya secara general. Lebih baik, kamu catat kosakata penting yang sering kamu dengar untuk memperkaya vocabulary kamu.

Belajar bahasa Inggris lewat film bakal lebih seru lagi kalau kamu ada teman diskusi. Apalagi kalau diskusinya juga menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa ketemu sesama Sobat Cakap yang sama-sama ingin belajar bahasa Inggris dan berdiskusi dengan mereka di Cakap English Club. Yuk coba sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google