Bukan Games, Hal Ini yang Ampuh Menajamkan Daya Pikir

belajar bahasa inggris

Games, kata yang memiliki padanan arti ‘permainan’ dalam bahasa Indonesia itu rupanya mampu membius berbagai kalangan. Games seakan ikut andil dalam membuat generasi muda menjadi generasi menunduk. 

Pernahkah kamu mendengar pernyataan bahwa bermain games dapat meningkatkan kemampuan otak, melatih menyelesaikan masalah, dan memengaruhi ketangkasan? Banyak pengembang games yang mengklaim adanya hal tersebut. Pandangan bahwa games dapat atau tidak dapat meningkatkan ketajaman otak masih banyak diperdebatkan.

Games Tidak Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak (real-world test)” begitulah tertulis dalam sebuah judul besar artikel Science News. Di sana dijelaskan dengan detail sebuah fakta bahwa tahapan dalam brain training games yang mencakup taktik untuk memecahkan dan memenangkan permainan ternyata tidak bisa boost brainpower.

Dalam penelitian melalui Cambridge Brain Science yang melibatkan 8563 volunteers global tentang games brain training (1009 partisipan diantaranya menggunakan brain training games selama kurang lebih delapan bulan). 

Diadakan sejumlah 12 tes kognitif yang dapat menilai kekuatan memori, penalaran, dll. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan brain traininggames rata-rata tidak memiliki keterampilan verbal, penalaran, dan keunggulan mental serta memori di atas kelompok lain.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa brain training games tidak meningkatkan kemampuan berpikir di atas orang yang tidak menggunakan games tersebut. Mereka mengklaim bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan brain training games dapat dikaitkan dengan kemampuan kognitif. 

Pandangan yang hampir serupa juga disuarakan oleh Prof. Ryuta Kawashima dari Universitas Sendai Tohoku Jepang, menurutnya beberapa sound dan vision games dapat merusak sebagian fungsi otak. 

Games mungkin bisa menjadi teman fana yang mengatasi kebosananmu, tapi ia tidak bisa meningkatkan ketajaman otak dan pikiranmu. Jangan jadikan games sebuah candu yang bisa membuatmu lupa hal lain yang lebih penting. Kamu perlu kegiatan lain yang lebih positif, yang dapat membantumu meningkatkan kecerdasan otak. Kegiatan seperti apakah itu? Simak penjelasan di bawah ini!

Belajar Bahasa Asing dapat Memacu Brainpower

Seperti fakta yang diketahui bahwa games doesn’t boost brainpower, lalu apakah ada hal lain di sekitarmu yang bisa memacu brain boosting? Tentu ada, dan jawabannya adalah bahasa! Bahasa adalah salah satu hal pertama yang kamu temui, peroleh, dan pelajari dalam hidupmu kurang lebih sejak umur 2 tahun. 

Belajar bahasa asing atau bahasa baru berarti belajar dan melihat kata serta makna secara berbeda. Hal itu tentu memerlukan kinerja lebih yang harus diproses di dalam otak. Belajar bahasa asing juga akan membuatmu melatih pikiran dan memiliki fleksibilitas kognitif yang lebih baik. Berikut kelebihan-kelebihan belajar bahasa asing:

  • Menajamkan Daya Pikir
    Terlepas dari B1 (bahasa pertama) apa yang kamu pelajari terlebih dahulu, mempelajari B2 bahasa asing akan membuatmu mengolah sebuah konsep baru yang datang dari bahasa itu. Hal tersebut akan melatih kinerja otak untuk berhadapan dengan kompleksitas dan konsep yang dimiliki bahasa asing itu sendiri. 
  • Meningkatkan Daya Ingat
    Dengan belajar bahasa asing berarti akan semakin banyak kata yang tersimpan dalam ingatan. Saat kamu akan menggunakanya berarti kamu harus mengambil kata itu dari ingatanmu. Jika hal itu dilakukan berulang, maka tentu dapat melatih daya ingat menjadi semakin baik. 
  • Menunda Penyakit Demensia
    Penelitian menyebutkan bahwa orang dengan kemampuan bilingual atau multilingual dapat menunda penyakit demensia (kemerosotan pikiran karena adanya penyakit pada otak).
  • Meningkatkan Kemampuan B1/Bahasa Ibu
    Belajar bahasa asing dapat meningkatkan kemampuan bahasa pertamamu. Saat kamu belajar bahasa asing, pasti kamu akan mencari dan mencocokkan makna padanannya dalam bahasa pertama yang kamu kuasai.

Menarik bukan? Ternyata hal yang dapat meningkatkan ketajaman otak bukanlah bermain games, melainkan belajar bahasa asing. Tanpa disadari, ketika seseorang mempelajari bahasa asing, mereka juga belajar mengenai budaya yang ada dalam masyarakat penutur bahasa tersebut.

Bingung pilih belajar bahasa asing apa? Kamu bisa mulai dari bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris. Cakap hadir dan siap membantumu belajar Bahasa Inggris online dengan metode pembelajaran yang interaktif. Di sana kamu bisa mengatur jadwal kelas bahasa Inggris sendiri. Yuk kursus Bahasa Inggris di Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks