Banjir Promo 12.12, Baca Dulu Tips Belanja Biar Tetap Hemat

Momen yang ditunggu-tunggu datang lagi! Harbolnas kembali hadir. Banyak aplikasi belanja online mengadadakan promo besar-besaran. Ini dia waktu yang tepat untuk belanja ini itu! Mumpung lagi diskon gede-gedean, kan?

Eits, emang sih berasa untung. Tapi pemikiran seperti ini yang ada bikin kita boros. Alih-alih belanja barang-barang yang kita butuh dan emang sudah kita incar lama, kita malah membeli begitu banyak barang yang sebenarnya hanya menggiurkan sesaat saja karena melihat potongannya yang besar.

Akhirnya duit gaji dan bonus akhir tahun yang ada malah habis buat belanja. Kamu jadi gak bisa jalan-jalan deh! Supaya gak begini, baca dulu tips belanja hemat dari Cakap.

Bikin wishlist, kemudian pilah lagi

Bikin wishlist, kemudian pilah lagi
source: giphy.com

Simpan barang-barang yang kamu incar ke dalam wishlist. Dengan begini, kamu udah ada daftar barang yang memang kamu ingin beli alih-alih melihat ini-itu tanpa tujuan. Setelah masuk ke wishlist, pilah lagi barang-barang yang memang kamu butuhkan dalam waktu dekat dan yang hanya kamu inginkan sesaat.

Jangan lupa sebelum masukkan barang ke wishlist, periksa rating dan review dari pembeli lain supaya tidak kecewa. Kamu juga bisa membandingkan harga barang yang kamu beli antara satu toko dengan toko lainnya.

Beli beberapa barang di satu toko

Beli beberapa barang di satu toko
source: giphy.com

Iya sih banyak barang murah, tapi kalau kamu belinya di banyak toko yang ada uang kamu habis buat bayar biaya ongkirnya. Bayangin, kalo kamu beli di 3 toko dan ongkirnya masing-masing Rp 8.000, kamu sudah menghabiskan Rp 24.000 buat ongkir.

Emang sih ada voucher gratis ongkir, tapi itu kan juga terbatas dan ada syarat & ketentuannya. Nah cara mengakali ini adalah dengan beli beberapa barang di satu toko. Jadi ongkirnya bisa satu aja. Lagian ada beberapa merchant yang menawarkan potongan kalau beli lebih dari 1 barang. Lumayan untung ya?

Buat budget

Buat budget
source: giphy.com

Batasi dirimu sendiri. Buat komitmen, batas transaksi belanjamu adalah di nominal sekian. Kalau sudah mencapai nominal tersebut, tandanya kamu gak boleh lanjut belanja. Kamu juga bisa mengatur limit transaksi di kartu ATM, online banking, ataupun kartu kreditmu.

Cek promo tambahan

Cek promo tambahan
source: giphy.com

Belanja di Harbolnas emang bikin kamu pengen serba buru-buru karena takut kehabisan. Karena buru-buru, jadinya kamu gak teliti sama promo-promo tambahan yang kadang terselip. Sangking banyaknya promo sih ya.

Buru-buru boleh aja, tapi periksa dulu promo-promo apa aja yang ada dan baca syarat-syaratnya ya. Biasanya ada kode-kode tertentu atau cashback spesial yang bisa buat kamu jadi makin untung dan bikin dompet gak jebol. 

Manfaatkan aplikasi cashback

Manfaatkan aplikasi cashback
source: giphy.com

Mau pake voucher cashback atau gratis ongkir ya? Aduh kenapa gak bisa dua-duanya sih! Siapa bilang. Sekarang ada banyak aplikasi cashback yang tersedia lho. Kamu tinggal pilih salah satu aplikasinya, unduh, terus pakai deh.

Biasanya aplikasinya sudah terhubung langsung dengan e-commerce. Tapi jangan lupa cek syarat & ketentuan ya. Nanti udah susah-susah download malah gak dapet cashback lagi. Nah, nanti kalau udah mencapai nominal tertentu, cashback­-nya bisa kamu tarik. Untung sekali ya!

Jadi makin semangat belanja nih! Jangan lupa buat belanja hal-hal yang bermanfaat juga ya. Salah satunya dengan memanfaatkan promo belajar bahasa di Cakap. Jangan sampai ketinggalan ya!

 

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google