Arti Nuzulul Quran dan Rangkaian Diturunkannya Al-quran

arti nuzulul quran

Nuzulul Quran atau malam ke-17 bulan Ramdhan merupakan salah satu momen berharga pada bulan Ramadhan. Sebab, pada momen ini Al-quran diturunkan pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW dengan berbagai proses dan rangkain yang mengiringinya.

Di bulan Ramadhan tahun 2021/1442 Hijriah ini, malam Nuzulul Quran bertepatan pada hari Kamis, 29 April. Bagi umat muslim, malam nuzulul quran menjadi salah satu malam yang istimewa dan paling ditunggu di bulan Ramadhan. Mengapa demikian? Berikut ulasan mengenai arti nuzulul quran dan rangkaian diturunkannya alquran.

Apa Arti Nuzulul Quran?

source: giphy.com

Nuzulul Quran terdiri dari dua kata, yaitu Nuzul dan Al-quran. Keduanya memiliki arti masing-masing, secara harfiah Nuzul berarti turun (dalam hal ini berarti menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah), sedangkan quran ialah Al-quran, kitab suci umat Islam.

Jadi, apabila digabungkan, arti nuzulul quran ialah proses turunnya Al-quran dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah (yaitu bumi). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti nuzulul quran adalah turunnya wahyu Al-quran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW. Ketika beliau menyepi di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadhan, pada usia beliau yang ke-40.

Allah SWT mewahyukan kitab suci A-lquran (kitab yang di dalamnya tidak ada keraguan) kepada Nabi Muhammad SAW, seperti firman Allah dalam Al-quran Surah As-Sajdah; 2

“Turunnya Al-Qur’an itu tidak ada keraguan padanya, (yaitu) dari Tuhan seluruh alam.”

Peristiwa tersebutlah yang kini dikenal dan diperingati sebagai peristiwa nuzulul quran.

Buat Akun Cakap Sekarang, Dapatkan Gratis 14 Hari Cakap Club

Runtutan/Rangkaian Turunnya Al-quran

Setelah mengetahui arti nuzulul quran, berikut akan dipaparkan mengenai rangkaian diturunkannya Al-quran kepada Nabi Muhammad SAW.

Menurut firman Allah dalam Al-quran Surah Al-Qadr ayat 1, Al-quran diturunkan pada malam qadr (malam kemuliaan). “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr.” (Q.S, 97:1) 

Menurut Ibnu Abbas, Al-quran diturunkan secara sekaligus dari Lauh Mahfudz menuju Baitul Izzah atau langit dunia. Barulah setelah itu diturunkan kepada nabi Muhammad untuk pertama kalinya di malam nuzulul quran. 

Setelah ayat pertama turun, ayat-ayat berikutnya diwahyukan secara bertahap kepada Nabi Muhammad SAW selama kurang lebih 23 tahun. Hal ini berbeda dengan proses turunnya kitab kitab sebelum Al-quran, yang diturunkan secara sekaligus.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra’, ayat 106.

“Dan Al-Qur’an (Kami turunkan) berangsur-angsur agar engkau (Muhammad) membacakannya kepada manusia secara perlahan-lahan dan Kami menurunkannya secara bertahap.”   

Saatnya Si Kecil Unjuk Gigi di Lomba Jagoan Mengaji Cilik. Menangkan Hadiah Total 11,5 juta Rupiah!

Ayat Pertama yang Diturunkan

Pada malam nuzulul quran, ayat pertama yang Allah wahyukan kepada Nabi Muhammad adalah Quran Surah Al-Alaq ayat 1-5, yang pada ayat pertama terdapat perintah langsung dari Allah, yaitu bacalah! Jika direnungi dan dipahami lagi, terlihat jelas pentingnya perintah tersebut.

Sumber ilmu pengetahuan dan segala literasi dunia, bisa diperoleh dengan cara membaca, memperbanyak bacaan dapat memperluas pengetahuan. Tentunya bukan hanya sekedar membaca, tapi juga memahami dan menafsirkan makna dari bacaan-bacaan yang dibaca.

Surah Al-Alaq ayat 1-5 ini juga sekaligus sebagai tanda diangkatnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul utusan Allah.

Itulah penjelasan mengenai arti nuzulul quran dan rangkaian diturunkannya Al-quran. Ketika sudah memasuki nuzulul quran, artinya Ramadhan tersisa 13 hari lagi. Jadi, jangan lewatkan momentum-momentum di bulan Ramadhan. Perbanyak ibadah dan beri’tikaf agar semakin sempurna ibadahmu selama bulan Ramadhan. 

Meriahkan momen Ramadhanmu bersama Cakap Raya Fest! Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu ikuti loh, seperti lomba mengaji cilik dan Ramadhan di negeri orang. Yuk tunggu apa lagi? Langsung aja cek info lengkapnya di Cakap Raya Fest!

 Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks