Apa itu Generasi Alpha? Ini Penjelasannya, Moms!

generasi alpha

Kalau biasanya parents melihat meme Baby Boomers vs Millennial, nah sekarang ada kelompok generasi baru. Generasi ini dinamakan Generasi Alpha. Umumnya anak dari Generasi Alpha memiliki orang tua dari Generasi Y atau Millennial.

Anak dari Generasi Alpha tentunya memiliki perbedaan dengan anak dari generasi sebelum-sebelumnya. Perbedannya seperti karakteristik, lingkungan, sampai tantangan orang tua. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan mengenai Generasi Alpha!

Apa itu Generasi Alpha?

Generasi Alpha adalah kelompok generasi setelah Generasi Z yang lahir pada tahun 2010 sampai 2024. Dilansir dari Tirto, Generasi Alpha pertama kali diperkenalkan oleh analis sosial cum-demograf bernama Mark McCrindle.

Karakteristik dari Generasi Alpha masih menjadi misteri karena generasi ini masih sangat muda, bahkan masih anak-anak. Meskipun begitu, Generasi Alpha disebut-sebut sebagai generasi paling pintar dibanding generasi sebelum-sebelumnya.

Selain itu, seperti yang dilansir dari The Atlantic, seorang anak dari Generasi Alpha akan menjadi generasi yang sangat memanfaatkan teknologi, generasi terkaya, dan generasi yang paling sedikit menghabiskan waktu bersama orang tua.

Terbiasa hidup dengan kecanggihan teknologi yang serba cepat, membuat anak dari Generasi Alpha memiliki kepribadian yang kurang penyabar. Hal ini menjadi tantangan buat parents dalam mendidik anak.

Webinar Hari Anak Sedunia Bersama Cakap, GRATIS untuk Moms!

Cara Mendidik Anak Generasi Alpha

Berikut ini beberapa cara mendidik anak generasi alpha:

Sisihkan Waktu Bermain

Bermain dapat menjalin hubungan antara parents dan si kecil. Selain menyenangkan, si kecil juga bisa belajar melatih kesabaran dari permainan. Dengan begitu, si kecil bisa memiliki kepribadian yang sabar meski semua udah serba cepat. 

Ajari Penggunaan Teknologi

Teknologi bisa membawa dampaik baik dan buruk. Anak bisa kecanduan bermain gadget tapi anak juga bisa menambah ilmu dari gadget. Jadi, parents harus mengajarkannya cara menggunakan teknologi yang baik.

Belajar Bahasa Asing

Di era globalisasi seperti sekarang, anak tidak cukup hanya menguasai satu bahasa aja. Persaingan global yang semakin ketat memaksa kita harus beradaptasi. Maka dari itu, parents wajib mengajak anak untuk belajar bahasa asing.

Parents bisa memulainya dengan belajar bahasa Inggris. Kini bahasa Inggris menjadi bahasa internasional sehingga memiliki kemampuan bahasa Inggris sangat baik untuk masa depan. Ajak anak belajar bahasa Inggris menggunakan kurikulum cambridge!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google