Heboh Karena Black Friday? Cari Tahu Penyebabnya!

apa itu black friday

Kalau di Indonesia ada Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional, di luar negeri ada yang namanya Black Friday.

Black Friday merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu di luar negeri. Tapi sebenarnya apa itu Black Friday? Yuk simak fakta-fakta menariknya!

Apa itu Black Friday?

source: giphy.com

Black Friday adalah fenomena tahunan yang  populer di Amerika Serikat dan Eropa.  Menurut beberapa sumber, ada banyak versi terkait asal Black Friday sendiri. Awalnya, Black Friday terjadi karena hasil pembukuan perusahaan yang membiru atau dari rugi menjadi untung.

Istilah Black Friday dipakai pertama kali pada tahun 1960-an oleh polisi di Philadelphia. Istilah itu digunakan untuk menggambarkan fenomena kemacetan panjang di sepanjang kota. Dimana penyebabnya adalah karena banyak orang berbondong-bondong mengantri di  toko-toko yang sedang memberikan diskon.

Hal tersebut tentunya menjadi sesuatu yang suram atau “black” bagi polisi, karena mereka harus mengamankan jalanan kota. Bukan hanya polisi saja, tapi juga para pengunjung dan pegawai.

Saat hari itu, pengunjung juga kerap berkelahi akibat memperebutkan barang-barang diskonan yang diinginkan. Bahkan pesta diskon itu bisa menimbulkan korban jiwa. Inilah yang melatarbelakangi hari tersebut disebut sebagai Black Friday.

Kapan Black Friday Dirayakan?

source: giphy.com

Nah bagi kamu yang belum tahu, Black Friday adalah istilah yang dipakai untuk menandai hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving day.

Thanksgiving day sendiri jatuh pada hari kamis, minggu keempat bulan November di setiap tahunnya. Maka dari itu, perayaan Black Friday jatuh pada hari Jumat setelahnya di minggu yang sama. Di Indonesia, Black Friday tahun ini jatuh pada tanggal 27 November yang akan datang.

Makna “Black Friday”

source: giphy.com

Kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, Black Friday berarti Jumat hitam. Hitam bukan berarti horror ya! 

Menurut berbagai sumber, “black” (hitam) yang dimaksud mengacu pada warna tinta yang ada di laporan keuangan, makna lainnya yaitu laba atau untung. 

Karena Black Friday hadir tepat setelah Thanksgiving day dan menjelang perayaan hari Natal, momen ini merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Dalam perayaan ini, baik toko offline maupun online dalam berbagai bidang akan memberikan diskon besar-besaran hingga 80%.

Baca Juga: Tahukah Kamu Sejarah Diskon? Yuk Simak!

Cakapin Temanmu, Black Friday versi Indonesia?

Meskipun di Indonesia tidak ada tradisi perayaan Thanksgiving, namun kemeriahan dan keistimewaan Black Friday pun tetap bisa dirayakan lewat Cakapin Temanmu.

Cakapin Temanmu punya arti yang sama dengan kata black pada Black Friday yaitu laba atau keuntungan. Dengan mengajak temanmu gabung Cakap, kamu akan mendapat voucher belanja senilai 250.000.

Keuntungan Cakapin Temanmu tidak berhenti di kamu saja, temanmu pun akan ikut merasakannya. 

Meskipun sebagian orang mengatakan bahwa belanja merupakan obat untuk menghilangkan stress, kamu tetap perlu mengontrol kebiasaanmu ini. Jangan sampai kamu kecanduan dan tidak bisa menghemat uang

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google