Apa Bedanya Bahasa Mandarin dengan Kanton?

Apa Bedanya Bahasa Mandarin dengan Kanton?

Ketika mendengar lagu atau menonton film dari Tiongkok, terkadang kamu merasa bingung karena bahasanya terdengar berbeda dengan apa yang kamu pelajari selama ini. Setelah kamu lihat aksara atau karakter yang digunakan, kamu yakin bahwa itu adalah hanzi Mandarin, lalu mengapa terdengar berbeda? Bisa saja itu adalah bahasa Kanton.

Ada sejumlah variasi regional bahasa Mandarin lainnya yang digunakan di seluruh dunia. Tetapi bahasa Kanton dan Mandarin adalah yang paling banyak digunakan dan yang paling banyak dipelajari. Jadi, apa bedanya? Yuk, ulas lebih lanjut!

Sama di Tulisan, Beda di Pengucapan

Apa Bedanya Bahasa Mandarin dengan Kanton?
sumber: topschools.com

Bahasa Mandarin dan Kanton keduanya merupakan varietas bahasa Cina. Apakah kamu mendefinisikan mereka sebagai bahasa sendiri atau dialek Cina adalah perdebatan tersendiri. Jadi, dua bahasa yang diucapkan itu terdengar berbeda dan sama-sama tidak dapat dipahami. Untuk sebagian besar, dengan petunjuk kontekstual, seorang Mandarin dan penutur bahasa Kanton mungkin dapat mengenali beberapa kata atau frasa dari bahasa lain di sana-sini.

Tetapi meskipun terdengar berbeda, keduanya memiliki struktur dasar dan sejumlah besar kosakata yang sama. Kedua bahasa tersebut juga berbagi sistem penulisan yang sama. Meskipun Kanton dan Mandarin berbeda ketika diucapkan, mereka berbagi sistem penulisan dasar yang sama. Ini berarti bahwa penutur bahasa Mandarin dan penutur bahasa Kanton tidak akan mengerti banyak ketika berkomunikasi secara lisan tapi mereka berdua bisa berkomunikasi dengan baik secara tertulis.

Lokasi

Apa Bedanya Bahasa Mandarin dengan Kanton?
sumber: tripsavvy.com

Mandarin adalah dialek mayoritas di Tiongkok dan bahasa Kanton adalah salah satu dari banyak dialek minoritas. Bahasa Mandarin dan Kanton, keduanya merupakan dialek Cina, bukan bahasa yang berbeda. Dialek Cina lainnya termasuk Taiwan, Shanghai, dan Hakka.

Penggunaan bahasa Kanton berpusat di sekitar Kanton, yaitu Guangzhou di provinsi Guangdong. Diperkirakan ada 63 juta penutur bahasa Kanton di Tiongkok (5% dari populasi Tionghoa dibandingkan dengan 933 juta penutur bahasa Mandarin yang sebesar 67% orang di Tiongkok).

Mandarin adalah lingua franca Cina dan merupakan bahasa resmi Tiongkok. Mandarin juga merupakan dialek utama di seluruh kota besar, walau banyak kota dan provinsi juga mempertahankan dialek lokal mereka. Bahasa ini adalah dialek lokal untuk sebagian besar Tiongkok utara dan tengah, termasuk Beijing.

Belajar Bahasa Mandarin Kini Lebih Mudah di Cakap Live

Bahasa Kanton adalah dialek lokal di sudut tenggara Tiongkok. Bahasa ini digunakan di Provinsi Guangdong (ibukota Guangzhou, yang sebelumnya dikenal sebagai Canton, oleh karena itu “Cantonese”) serta di Provinsi Guangxi selatan di sebelah barat, dan juga bahasa utama Hong Kong, serta Macau.

Nada

Apa Bedanya Bahasa Mandarin dengan Kanton?
sumber: giphy

Mandarin memiliki lima jenis nada, sedangkan bahasa Kanton memiliki sembilan nada berbeda. Nada-nada ini sangat penting ketika mencoba menyampaikan maknamu, hal ini yang membuat bahasa Kanton lebih sulit dipelajari daripada bahasa Mandarin.

Ekspresi dan Idiom

Apa Bedanya Bahasa Mandarin dengan Kanton?
sumber: giphy

Kedua bahasa juga menggunakan ungkapan ekspresi dan idiom yang berbeda. Berarti jika seseorang dari Hong Kong dapat membaca hanzi yang disederhanakan, mereka mungkin tidak dapat memahami apa yang sebenarnya disampaikan oleh penulis jika idiom atau bahasa sehari-hari digunakan (dan sebaliknya).

Karakter

Apa Bedanya Bahasa Mandarin dengan Kanton?
sumber: kaleidoscopebooks.com.au

Karakter yang digunakan untuk bahasa Mandarin dan Kanton memiliki akar yang sama di Tiongkok kuno, tetapi bahasa Mandarin menggunakan karakter yang disederhanakan, yang ditetapkan sebagai standar oleh pemerintah Tiongkok pada tahun 1950-an, sementara bahasa Kanton masih menggunakan karakter tradisional.

Sebagai contoh, ‘naga’ ditulis seperti ini dalam bahasa Mandarin (hanzi yang disederhanakan): 龙, tetapi seperti ini dalam bahasa Kanton (hanzi tradisional): 龍. Versi Mandarin memiliki 5 goresan, tetapi “versi Kanton” memiliki 16 goresan.

Contohnya adalah Guangzhou, ibukota Provinsi Guangdong, yang ditulis sebagai 广州 dalam bahasa Mandarin, tetapi 廣州 dalam “Kanton”. Kamu bisa mengatakan ada beberapa kesamaan, tetapi itu juga akan sulit sebagai penutur bahasa Mandarin untuk memahami tulisan Kanton.

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Mandarin, kamu tinggal mengunduh aplikasi Cakap di Play Store atau Google Store. Di aplikasi Cakap, kamu bisa kursus bahasa Mandarin online dengan pengajar bahasa Mandarin profesional yang juga penutur asli bahasa Mandarin. Selain untuk belajar bahasa Mandarin, aplikasi Cakap juga memiliki fitur Cakap Live yang memungkinkan kamu berdiskusi online dengan sesama pelajar bahasa asing dan didampingi oleh pengajar profesional Cakap.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google