Ampuh Banget! Belajar Bahasa Jepang dengan Pokemon

Ampuh Banget! Belajar Bahasa Jepang dengan Pokemon

Sebagian dari sobat Cakap pasti suka main game Pokemon waktu kecil atau bahkan sampai sekarang. Tapi apakah kamu tahu kalau Pokemon ini bisa menjadi cara efektif belajar bahasa Jepang, Inggris, dan bahasa asing lainnya?

Pokémon atau Pocket Monsters adalah waralaba media yang dikelola oleh The Pokémon Company, konsorsium Jepang antara Nintendo, Game Freak, dan Creatures. Hak cipta waralaba dibagi oleh ketiga perusahaan, tetapi Nintendo adalah pemilik tunggal merek dagang tersebut. Waralaba ini dibuat oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995 dan berpusat pada makhluk fiksi yang disebut “Pokémon” dan untuk karakter manusia yang menangkap dan berlatih untuk saling bertarung untuk olahraga disebut dengan Pokémon Trainers.

Mengapa Belajar Bahasa Jepang dengan Pokémon?

Ampuh Banget! Belajar Bahasa Jepang dengan Pokemon
sumber: giphy

Ramah Pemula

Pokemon bisa menjadi cara belajar yang hebat bagi kamu yang ingin keluar dari buku teks dan belajar bahasa Jepang yang lebih interaktif.

Apa yang membuat Pokémon sangat menarik sebagai alat belajar bahasa Jepang adalah kontennya ditujukan untuk anak-anak. Sebagian besar kata dan frasa yang digunakan dalam versi Jepang akan mengandung kanji dan kata majemuk yang diharapkan diketahui oleh anak-anak di sekolah menengah. Selain itu, dalam game terdapat opsi hiragana dan katakana juga, sehingga untuk kamu yang masih pemula juga bisa mencobanya.

Baca Juga

Kaya Konten

Pokemon adalah seri yang, bahkan setelah 23 tahun, tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Ada ribuan jam konten yang bisa kamu konsumsi dari beberapa generasi dan perulangan dari game yang dirilis. Karena kamu belajar bahasa Jepang, itu hal yang baik. Membenamkan diri dalam latihan membaca berjam-jam akan mempersiapkan kamu untuk menangani permainan yang lebih kompleks dan bahkan buku.

Platform seluler

Pokémon yang asli memulai debutnya untuk Game Boy pada tahun 1996. Namun kini sudah merambah ke smartphone dan PC. Jika kamu ingin merasakan sensasi nostalgia namun Game Boy sudah tidak mendukung, kamu bisa menggunakan aplikasi emulator di smartphone atau PC. Game ini juga bisa diakses melalui NDS atau 3DS.

Belajar Bahasa Jepang dengan Pokémon

Ampuh Banget! Belajar Bahasa Jepang dengan Pokemon
sumber: gipy

Jika ini adalah game Jepang pertama kamu, kamu mungkin terintimidasi setelah melewati layar judul. Tidak apa-apa jika kamu merasa tersesat atau dikalahkan karena mungkin kamu kurang memahami dialog dalam permainan namun kamu masih bisa mengulanginya dan memperbaiki kesalahanmu.

Ini adalah petualanganmu sendiri dan kamu harus menghadapinya. Jika kamu keluar hanya karena merasa kesulitan, maka kamu kurang cocok untuk belajar bahasa Jepang lewat metode ini. Pokemon hanyalah salah satu bagian dari cara asyik belajar bahasa Jepang.

Pelajari Konteks dan Kosakata Bahasa Jepang

Walaupun ceritanya mungkin sederhana, kosakata dan frasa yang digunakan biasanya paling cocok untuk mereka yang sudah tahu kanji dasar dan setidaknya pelajar bahasa Jepang tingkat menengah. Pemahaman membaca untuk melawan Pokémon sebagian besar terdiri dari kosakata. Cari tahu arti dari nama-nama serangan dan baca deskripsi dari serangan tersebut sehingga kamu telah mempelajari kosakata bahasa Jepang yang baru.

Untuk pelajar bahasa Jepang tingkat lanjut, dapat mempelajari makna di balik nama-nama Pokemon.

Sebagai contoh:

ヒ ト カ ゲ (ひ と か げ)—Hitokage terurai menjadi ひ atau 火 (ひ)—api dan ト カ ゲ (と か げ)—kadal.

Penjelasan itu jauh lebih masuk akal ketika kamu tahu bahwa ini adalah nama Jepang dari Charmander!

Permainan kata berlimpah di Pokémon dan kamu akan menemukan semua permainan kata dan pergantian bahasa dalam nama-nama Pokemon yang kamu kenal.

Mau Lancar Bahasa Jepang? Yuk, Download Aplikasi Cakap

Catat!

Ketika kamu menemukan kata atau frasa yang tidak kamu ketahui, tulislah di kertas. Jangan hanya kosakata itu saja tapi seluruh kalimatnya. Ini akan membantu penulisan kamu dan memperkuat kata-kata dengan lebih efektif dalam ingatan kamu.

Jika kamu seorang pelajar yang lebih serius, kamu dapat menulis jurnal tentang petualanganmu. Meringkas cerita, trainer favorit kamu atau kekalahan telak akan memberi kamu kesempatan untuk melatih bentuk kalimat, tata bahasa, dan penggunaan kosakata bahasa jepang.

Baca Juga

Jadi begitulah cara belajar bahasa Jepang dengan mudah lewat game Pokémon. Jika kamu sudah mahir dengan Pokémon, kamu bisa mencoba game lainnya yang menuntut kamu untuk memahami percakapan agar dapat memenangkan permainan. Ketika kamu menemui kesulitan untuk memahami dialog atau frasa dalam game, kamu bisa berdikusi dengan pengajar ketika kursus bahasa Jepang online di Cakap. Selamat mencoba!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google