5 Akibat Terlalu Lama Bekerja di Depan Layar Laptop

kerja depan laptop

Dewasa ini kehidupan kita tidak lepas dari bekerja di depan laptop atau bermain dengan HP. Terutama ketika memasuki pandemi di mana semua aktivitas pekerjaan pendidikan, dan sosialisasi terbatas dalam jaringan internet. Hal tersebut membuat banyak yang mengabaikan bahwa gawai seperti laptop dan HP memiliki efek negatif yang dapat berakibat pada kesehatan. Cari tahu penjelasannya dalam artikel ini ya!

5 Akibat Terlalu Lama Bekerja di Depan Layar Laptop

Source: GIPHY

Terlalu lama menatap layar, baik di depan laptop maupun di hadapan smartphone, akan memberikan dampak negatif sebagai berikut:

1. Mata kering dan merah

Hal pertama yang akan terdampak akibat dari terlalu lama menatap layar, seperti bermain HP dan bekerja dengan laptop adalah penglihatan. Kamu rentan terhadap gangguan penglihatan seperti mata menjadi kering dan merah atau mengalami iritasi. Hal ini tentunya akan sangat menimbulkan ketidaknyamanan bahkan mengganggu produktivitasmu. 

2. Sensitivitas terhadap cahaya

Sinar biru yang dipancarkan oleh gadget seperti laptop dan ponsel akan diperburuk jika kamu bekerja di ruangan yang terlalu terang atau terlalu gelap. Ketika cahaya laptop dan cahaya dari luar bercampur, kedua hal ini akan mengganggu penglihatanmu dan menjadikannya lebih sensitif. 

3. Menurunnya penglihatan

Menurunkan kemampuan penglihatan seperti minus atau silindris juga akan sangat dekat dengan orang yang selalu bekerja dengan menggunakan laptop. Selain itu sering pula terjadi penglihatan kabur atau penglihatan berbayang, jika sudah terlalu lama di depan layar tanpa mengistirahatkan mata. 

4. Sakit kepala

Selain mempengaruhi penglihatan yang membuat berkurangnya pandangan, bekerja di depan komputer juga bisa menyebabkan dan memperparah sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh radiasi yang dipancarkan oleh laptop dapat membuat pusing dan sakit kepala. Apalagi jika kamu bekerja di tempat yang terlalu terang dan cenderung menyilaukan. 

5. Sakit leher, bahu, dan punggung 

Terus-terusan berada dalam posisi duduk menatap layar laptop akan membuat nyeri dan sakit pada bagian leher, bahu dan punggung. Apalagi jika kamu tidak menerapkan posisi duduk dan arah pandangan yang ideal. Jika tidak diatasi, hal ini bisa semakin memburuk dari waktu ke waktu, dan mengganggu aktivitasmu. 

Meringankan Efek Samping Bekerja di Depan Laptop

Source: GIPHY

Beberapa gangguan dan ketidaknyaman di atas bisa kamu atasi dengan beberapa cara berikut:

1. Atur pencahayaan

Pencahayaan pertama yang harus kamu atur adalah brightness di layar komputer atau laptop yang kamu gunakan. Buatlah senyaman mungkin, akar tidak terlalu menyilaukan ataupun terlalu gelap sehingga susah dilihat. Selain itu, hindari bekerja di tempat yang menyilaukan seperti di depan jendela yang terkena matahari. 

2. Jaga jarak pandang

Jarak pandang ideal dari mata ke komputer adalah sekitar 50-66 cm atau sekitar satu rentangan tangan. Posisi ini akan membuat mata dan otot-otot seperti leher dan pundak berada dalam posisi yang tidak tegang. Selain itu jangan lupa untuk memposisikan layar laptop sekitar 15° lebih rendah dari arah pandangan mata. 

3. Istirahatkan mata dan tubuh

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah untuk mengistirahatkan mata dan tubuh secara berkala. Kamu bisa mengistirahatkan mata dengan cara berhenti menatap layar selama beberapa waktu. Bangkitlah dari tempat duduk, lakukan peregangan, serta berjalanlah di sekitar ruangan di mana kamu bekerja. 

Perlu diperhatikan!

Ketika mengistirahatkan mata dari layar laptop, hal tersebut bukan berarti kamu justru mengalihkan pandangan pada layar smartphone atau handphone yang lebih kecil. Kedua gawai ini akan memberikan efek yang tidak jauh berbeda pada mata dan tubuh jika terlalu lama digunakan setiap harinya. 

Nah, itu dia akibat terlalu lama bekerja di depan laptop, serta cara untuk mengurangi dampaknya. Semoga dapat membantu ya!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks