7 Tokoh Dunia yang Cakap Berbahasa Mandarin

7 Tokoh Dunia yang Cakap Berbahasa Mandarin

Belajar bahasa Mandarin sudah bukan soal hobi tapi saat ini, bahasa Mandarin merupakan sebuah kebutuhan. Orang-orang belajar bahasa Mandarin untuk mengembangkan bisnis dan karier. Namun terkadang motivasi belajar bahasa mandarin luntur seiring dengan tingkat kesulitan dari materi yang dipelajar. Seakan kamu ingin melupakan tujuan awal mengapa kamu harus belajar bahasa Mandarin.

Bagi kamu yang butuh motivasi belajar bahasa Mandarin? Mungkin mereka bisa menjadi inspirasi bagimu. Mereka adalah figur publik dan artis yang bisa bahasa Mandarin. Bagaimana bisa? Belajar di mana? Simak ulasannya di sini.

John Cena

7 Tokoh Dunia yang Cakap Berbahasa Mandarin
sumber: giphy

Masih ingat dengan John Cena? Bagi kamu yang sempat menggemari acara WWE Smack Down di televisi mungkin sudah tidak asing dengan pria ini. Pria yang memiliki nama lengkap John Felux Anthony Cena Jr. ini adalah seorang pegulat profesional, aktor, pembawa acara televisi, dan rapper. Beliau adalah salah satu pegulat paling sukses di dunia.

John Cena sangat cakap dan fasih berbahasa Mandarin. Berawal dari rencana WWE (World Wrestling Entertainment, Inc) yang ingin menembus pasar Tiongkok, mereka menginginkan John, selaku duta besar WWE, untuk belajar bahasa Mandarin sebanyak beberapa frase saja. Namun, John terlanjut jatuh cinta dengan kebudayaan Tiongkok dan bahasa Mandarin sehingga ia melanjutkan belajar bahasa Mandarin dengan lebih mendalam.

Saat ini dia tinggal di Yinchuan, Tiongkok, dan memiliki rubrik sendiri di kanal YouTube WWE. Dalam rubriknya, ia membahas kehidupannya di Tiongkok dan semua dibahas dalam bahasa Mandarin.

Nirina Zubir

7 Tokoh Dunia yang Cakap Berbahasa Mandarin
sumber: inilah.com

Nirina Raudatul Jannah Zubir atau popular dengan nama Nirina Zubir ini adalah seorang aktris dan presenter televisi yang lahir di Antananarivo, Madagaskar, pada 12 Maret 1980. Mungkin banyak di antara kamu yang mengingatnya sebagai Gwen di film 30 Hari Mencari Cinta dan Maemunah di trilogi film Get Married. Ia juga pernah menjadi seorang VJ MTV awal era tahun 2000-an.

Nirina Zubir sempat tinggal Hong Kong dan Tiongkok selama beberapa tahun di masa kecilnya sehingga ia fasih berbahasa Mandarin. Berkat kemampuannya ini, Mantan Presiden Indonesia Megawati Sukarnoputri memintanya untuk menjadi interpreter kepresidenan ketika wakil presiden Tiongkok mengunjungi Indonesia.

Tidak hanya bahasa Mandarin, Nirina juga fasih berbahasa Inggris. Kemampuan berbahasa asingnya ini memberinya banyak kesempatan di dunia hiburan dan pekerjaan yang keren, sebagai VJ MTV.

Maudy Ayunda

7 Tokoh Dunia yang Cakap Berbahasa Mandarin
sumber: jakpost.net

Maudy Ayunda, wanita kelahiran Jakarta, 19 Desember 1994 ini merupakan seorang penyanyi, penulis lirik, aktris, dan aktivis pendidikan. Maudy memulai debut aktingnya di fim Untuk Rena yang dirilis pada tahun 2005. Setelah itu ia juga berakting di berbagai film Indonesia lainnya. Selain berakting, Maudy juga sempat merilis tiga buah album musik yang penjualannya sangat memuaskan.

Maudy Ayunda fasih berbicara bahasa Inggris, Mandarin, dan Spanyol. Ia melanjutkan pendidikannya di universitas bergenngsi dunia, Universitas Oxford di Inggris. Di sana, ia mengambil jurusan Filsafat, Politik, dan Ekonomi. Ia lulus dari Universitas Oxford di tahun 2016 dan kemudian menjadi seorang aktivis untuk generasi muda Indonesia.

Takeshi Kaneshiro

7 Tokoh Dunia yang Cakap Berbahasa Mandarin
sumber: giphy

Takeshi Kaneshiro adalah aktor dan penyanyi berdarah Taiwan-Jepang. Ibundanya merupakan wanita Taiwan dan ayahnya berasal dari Okinawa, Jepang. Lahir dan besar di Taipei, Taiwan, Takeshi Kaneshiro ternyata adalah seorang multilingual. Ia fasih berbahasa Inggris, Hokkien Taiwan, Jepang, dan Mandarin.

Berkat kemampuan berbahasanya, Takeshi Kaneshiro berkarier di Taiwan, Tiongkok, dan Jepang. Ia pernah bekerja bersama sutradara kawakan Asia seperti Wong Kar Wai, Peter Chan, Zhang Yimou, dan John Woo.

Tidak hanya soal akting, Takeshi Kaneshiro juga pernah menjadi seorang pengisi suara versi bahasa Jepang untuk karakter Samanosuka Akechi di permainan Onimusha: Warlords dan Onimusha: Demon Siege. Ia pun sudah menghasilkan 10 album musik berbahasa Mandarin dan memenangkan berbagai penghargaan film di Asia.

Mark Zuckerberg

7 Tokoh Dunia yang Cakap Berbahasa Mandarin
sumber: giphy

Sering menggunakan Facebook? Tahu Mark Zuckerberg? Ya, ia adalah salah satu pendiri jejaring sosial Facebook. Pria kelahiran New York, Amerika Serikat ini sempat berkuliah di Universitas Harvard hingga akhirnya ia mengundurkan diri untuk bisa fokus mendirikan Facebook. Mark merupakan salah satu dari orang-orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes.

Mark sempat belajar bahasa Mandarin untuk mempersiapkan diri sebelum kunjungan ke Tiongkok di akhir tahun 2010. Berkan kemampuan berbahasa Mandarinnya ini, Mark menjadi salah satu anggotape penasihat untuk Sekolah Bisnis Universitas Tsinghua sejak tahun 2014 di Tiongkok.

Mira Sorvino

7 Tokoh Dunia yang Cakap Berbahasa Mandarin
sumber: giphy

Mira Katherine Sorvino atau populer dengan nama Mira Sorvino adalah seorang aktris peraih nominasi Piala Oscar asal Amerika Serikat. Wanita kelahiran 28 September 1967 ini memang sudah mendalami dunia teater dan drama sejak di usia yang masih belia. Setelah lulus dari sekolah menengah atas, ia diterima di Universitas Harvard, Amerika Serikat, jurusan Studi Asia Timur.

Semasa kuliahnya di Universitas Harvard, ia pernah menjadi peserta pertukaran pelajar ke Tiongkok melalui organisasi Council on International Educational Exchange (CIEE) di Beijing. Di sana ia belajar bahasa Mandarin dan menjadi sangat cakap berbahasa Mandarin. Ia lulus dari Universitas Harvard di tahun 1989 dengan predikat Magna Cum Laude.

Kanye West

7 Tokoh Dunia yang Cakap Berbahasa Mandarin
sumber: giphy

Kanye Omari West atau biasa dikenal dengan nama Kanye West. Beliau adalah seorang penyanyi, penulis lagu, pengusaha, produser rekaman, perancang busana, dan rapper asal Amerika Serikat ini ternyata pernah tinggal di Tiongkok selama beberapa tahun di masa kecilnya. Pria kelahiran 8 Juni 1977 ini lahir di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Pelantun lagu Stronger dan Gold Digger ini pindah ke Nanjing, Tiongkok, ketika berusia sepuluh tahun. Ibunya merupakan seorang dosen bahasa Inggris di Universitas Nanjing, Republik Rakyat Tiongkok. Kanye West merupakan satu-satunya murid asing di sekolahnya. Ia memang sudah banyak melupakan bahasa Mandarin namun ia ingat bahwa dulu ia dapat belajar bahasa Mandarin dalam waktu singkat sehingga nilainya di sekolah sangat bagus.

Bagaimana? Setelah membaca kisah orang-orang hebat di atas, apakah kamu kembali atau bahkan lebih termotivasi untuk belajar bahasa Mandarin? Jika kamu perhatikan lagi, dengan fasih berbahasa Mandarin, ketujuh tokoh di atas memiliki peluang karier yang lebih besar dari sebelumnya. Kamu pun bisa seperti mereka. Memiliki pekerjaan yang lebih baik dengan relasi yang lebih luas.

Cakap berbahasa Mandarin dapat memperluas peluang karier dan pendidikan. Selain itu kamu pun menjadi lebih menghargai kebudayaan Tiongkok dan tidak menutup kemungkinan untuk menemukan jodoh di sana. Kesempatan dalam berkarier dan pendidikan sangat mempengaruhi taraf hidupmu.

Jadi, masih mau malas belajar bahasa Mandarin? Setelah membaca kisah artis dan figur publik yang fasih berbahasa Mandarin, masa iya kamu masih malas juga? Sudah waktunya kamu seperti mereka, membentangkan sayap di dunia internasional dengan kemampuan berbahasa asing.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google