7 Bahasa Paling Menarik untuk Dipelajari di Tahun 2020

Belajar bahasa memang seru ya. Tapi kadang suka bingung deh. Selain bahasa Inggris, bahasa asing apa lagi yang mau dipelajari selanjutnya? Habisnya banyak banget sih yang menarik!

Pilih bahasa yang mirip dengan bahasa Indonesia atau yang benar-benar berbeda? Pilih bahasa tontonan favoritmu atau bahasa negara yang ingin kamu kunjungi? Bahasa yang banyak digunakan orang atau bahasa yang unik? Ada beragam alasan mengapa kamu memilih mempelajari suatu bahasa.

Supaya kamu bisa lebih mudah memilih bahasa yang akan kamu pelajari tahun depan, Cakap sudah merangkum nih 7 bahasa paling greget untuk dipelajari tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya. 

Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol source: giphy.com

Salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, tepatnya kedua setelah bahasa Mandarin, bahasa Spanyol memiliki sekitar 400 juta penutur asli. Tahu Carita de Angel, Marimar, dan Maria Mercedez? Kalau kamu hobi nonton telenovela, kamu pasti sudah gak asing sama bahasa yang satu ini.

Berbeda dengan bahasa Mandarin yang merupakan bahasa resmi negara Cina saja, bahasa Spanyol merupakan bahasa resmi dari 20 negara! Selain Spanyol, Argentina, Kosta Rika, Meksiko, Uruguay, Venezuela, dan sejumlah negara lainnya juga menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa utama mereka.

Bisa bahasa Spanyol dijamin akan memudahkan kamu untuk berkeliling Eropa dan Amerika Selatan. Gak cuma itu, bahasa Spanyol juga merupakan bahasa kedua bagi orang-orang Amerika Serikat. Alasan yang kuat untuk belajar bahasa Spanyol, apalagi kalau kamu suka telenovela!

Bahasa Perancis

Bahasa Perancis source: giphy.com

Disebut-sebut sebagai bahasa romantis bikin banyak orang tertarik untuk belajar bahasa Perancis. Lagian, siapa sih yang gak mau jalan-jalan ke Eifel dan menikmati santapan mewah di Paris? Bahasa Perancis merupakan bahasa kelima yang paling banyak digunakan di dunia, sekaligus bahasa asing nomor dua yang paling banyak dipelajari setelah bahasa Inggris.

Karena sejarahnya, bahasa Perancis juga digunakan di sejumlah negara selain Perancis, yaitu Kanada dan beberapa negara di Afrika. Bisa bahasa Perancis bakal memudahkan kamu deh buat jalan-jalan keliling dunia. Bahasa Perancis juga akan memperkenalkanmu ke budaya-budaya yang beragam, mulai dari budaya sinema French New Wave hingga buku-buku karya Victor Hugo yang mendunia.

Bahasa Jerman

Bahasa Jerman source: giphy.com

Banyak orang Indonesia yang melanjutkan kuliah ke Jerman. Salah satunya karena di sana, mahasiswa internasional bisa mendapatkan kuliah gratis dengan pilihan universitas yang beragam. Selain itu, cara pengucapannya yang mirip dengan bahasa Indonesia membuat bahasa Jerman tidak terlalu sulit untuk dipelajari.

Bahasa Jerman merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di benua Eropa. Selain itu, negara Jerman juga sangat kuat di bidang akademik, ekonomi, dan politik. Bahasa Jerman juga jadi bahasa yang umum digunakan di Austria dan Swiss. Jerman menjadi rumah bagi banyak penulis dan literatur, seperti filsuf Goethe dan penulis dongeng ternama Grimm Brothers.

Bahasa Arab

Bahasa Arab source: giphy.com

Bahasa yang banyak digunakan di Timur Tengah, bahasa ini punya potensi yang cukup besar mengingat ekonomi negara-negara seperti Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab bertumbuh dengan pesat. Dengan belajar bahasa Arab akan membuka banyak peluang karier, investasi, dan liburan.

Industri-industri seperti politik, bisnis, dan jurnalisme sangat terbuka bagi mereka yang memiliki kemampuan bahasa Arab. Bagi pemeluk agama Islam, bahasa Arab akan membantumu untuk lebih memahami Quran.

Bahasa Korea

Bahasa Korea source: giphy.com

Mana nih yang suka nonton drama Korea? Kalau kamu suka drama Korea ataupun K-Pop, kamu pasti tertarik untuk belajar bahasanya juga. Dengan bisa bahasa Korea, kamu jadi bisa lebih memahami budaya Korea, termasuk budaya pop yang kian mendunia.

Uniknya, menurut ahli bahasa huruf hangul Korea menyerupai mulut penuturnya saat menyebutkannya. Hal ini membuat bahasa Korea jadi lebih mudah untuk dipelajari. Dengan bisa bahasa Korea, kamu bisa keliling Korea dan nonton video-video wawancara artis Korea favoritmu tanpa pusing mikirin subtitle.

Bahasa Jepang

Bahasa ke-9 yang paling banyak digunakan di dunia, bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing favorit dan paling banyak dipelajari oleh orang Indonesia. Selain itu, Jepang saat ini jadi destinasi wisata yang sedang hangat-hangatnya nih! Ke Gunung Fuji, Univesal Studio, Wizarding World Harry Potter, Tokyo DisneySea, cobain sushi asli Jepang, wah jadi pengen ke Jepang juga nih!

Jepang juga punya budaya yang unik lho, sebut saja J-Pop, anime, dan manga. Kalau kamu belajar bahasa Jepang, kamu akan lebih memudah mempelajari bahasa Asia lainnya seperti bahasa Mandarin dan Korea. Soalnya, sejumlah huruf Jepang menggunakan huruf mandarin dan tata bahasanya juga mirip dengan bahasa Korea.

Kamu bisa mulai belajar bahasa Jepang dengan guru profesional secara privat di Kelas Bahasa Jepang Cakap, atau bersama dengan teman-teman lainnya di Cakap Japanese Club.

Bahasa Mandarin

Negara Cina merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang paling pesat dan diperkirakan akan mengalahkan AS. Saat ini, bahasa Mandarin merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Terlebih lagi, banyak perusahaan yang saat ini mencari orang yang memiliki kemampuan berbahasa Mandarin.

Bisa berbicara bahasa Mandarin akan memudahkan kamu dalam dunia kerja, apalagi kalau kamu ingin menggeluti dunia bisnis. Tak sedikit orang Indonesia yang pergi ke Cina untuk belajar bahasa Mandarin. Seperti kata pepatah, kejarlah ilmu hingga ke negeri Cina.

Kamu bisa belajar bahasa Mandarin langsung di Cina salah satunya lewat beasiswa BLCC. Atau kalau kamu sibuk dan banyak aktivitas, kamu bisa belajar bahasa Mandarin di Cakap. Gak perlu keluar rumah karena kamu bisa belajar dari gadget­-mu. Yuk mulai sekarang!

Baca Juga:
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google