Selamat Hari Kartini! Berikut 5 Tokoh Wanita Inspiratif Indonesia

hari kartini tokoh perempuan inspiratif

Selamat Hari Kartini! Jatuh pada 21 April, R.A. Kartini dikenang namanya setiap tahun berkat semangatnya memperjuangkan emansipasi wanita. Sebab, sekitar tahun 1800 hingga 1900-an, terjadi ketidakadilan terhadap kedudukan wanita di Indonesia. Mereka masih dianggap kaum rendah yang perannya dibedakan dari pria.

Namun, Kartini banyak menulis surat pada kawannya di Belanda tentang betapa inginnya dia mengubah persepsi tersebut. Karena rajin membaca buku soal kisah perjuangan wanita Eropa, hatinya pun semakin tergerak untuk memperjuangkan hak wanita di Indonesia.

Oleh karena itu, dia percaya bahwa semuanya dapat dimulai dari sektor pendidikan. Dia pun membangun sekolah perempuan, dan sejak saat itu, banyak sekolah-sekolah yang memperbolehkan perempuan untuk menuntut ilmu. Berjasa nian Kartini!

Gak cuman di zaman dulu, wanita di era modern juga banyak yang berjasa serta inspiratif. Siapa saja ya mereka? Inilah 5 tokoh wanita Indonesia yang berpengaruh besar terhadap kemajuan emansipasi wanita.

Sri Mulyani Indrawati

sri mulyani source: Instagram @smindrawati

Kembali ditunjuk sebagai Menteri Keuangan untuk periode 2019-2024, Sri Mulyani is back in action! Selama menjabat sebagai menteri, dia berhasil mengubah sistem perpajakan di Indonesia. Orang-orang jadi rajin bayar pajak berkat terbentuknya surat pemberitahuan pajak via online.

Gak ketinggalan juga tentang emansipasi wanitanya. Sri Mulyani menganggap jabatannya sebagai tangga untuk memperjuangkan kesetaraan gender. Ditambah lagi, Ibu Sri ini masuk ke deretan wanita inspiratif versi majalah Forbes dari tahun 2019 lho!

Susi Pudjiastuti

susi pudjiastuti source: Instagram @susipudjiastuti115

Meski hanya lulusan SMP, Susi Pudjiastuti mampu menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia periode 2014-2019 dan dikenal sebagai salah satu Menteri yang tegas. Ketegasan dan kecerdasannya terhadap masalah di sektor kelautan Indonesia membuatnya dinobatkan sebagai wanita inspiratif oleh BBC pada tahun 2017.

Dia telah menangani para pencuri ikan secara ilegal serta berani menenggelamkan kapal asing yang datang ke perairan Indonesia. Selain itu, dia menegaskan larangan pukat untuk menangkap ikan. Sampai-sampai, penenggelaman kapal tersebut ada meme-nya!

Angkie Yudistia

angkie yudistia source: Instagram @angkie.yudistia

Sebagai seorang yang tuli, Angkie Yudistia berhasil ditunjuk menjadi Staf Kepresidenan Jokowi periode 2019-2024. Partisipasinya dalam meningkatkan kesetaraan sosial untuk kaum disabilitas telah diwujudkannya lewat pembangunan Thisable Enterprise. Angkie berperan sebagai penemu sekaligus CEO di organisasi tersebut. Tujuan dibentuknya Thisable Enterprise yaitu sebagai pengelolaan sumber daya manusia, baik dari kaum disabilitas maupun tidak. Gak salah nih Pak Jokowi pilih Angkie!

Najwa Shihab

najwa shihab Source: Instagram @najwashihab

Siapa yang gak kenal dengan reporter sekaligus presenter yang muncul di acara Mata Najwa? Pasti familier dong dengan lontaran pertanyaan yang jitu dari wanita ini? Ya, Najwa Shihab, salah satu wanita inspiratif Indonesia! Gak cuma melalui layar televisi aja, Najwa terus menyalurkan ide dan semangatnya kepada kita. Melalui Youtube, dia mengembangkan akun Narasi TV dan tetap berkarya lewat platform tersebut.

Dian Sastrowardoyo

dian sasatrowardoyo source: Instagram @therealdisastr

Pecinta AADC pasti tahu artis yang jadi wanita inspiratif ini nih! Dian Sastrowardoyo, dikenal sebagai seorang bintang film, mampu menuangkan emansipasinya terhadap perfilman Indonesia. Memiliki titel sebagai salah satu Best Actress, majalah Forbes menggiring nama Dian yang masuk deretan Inspiring Women 2016. Plus, Dian juga pernah jadi juri festival film internasional Macau yang diselenggarakan di Macau, China lho! Kurang keren apa coba?

Semoga 5 tokoh tersebut dapat menginspirasi kamu nih, khususnya kaum wanita! Bersama-sama kita maju untuk berkarya dan menyuarakan emansipasi wanita di tengah era digital ini ya, Sobat Cakap. Hidup wanita Indonesia!

Pendidikan menjadi salah satu kunci kesetaraan dan keberhasilan. Makanya, yuk siapkan diri kamu dengan berbagai skill yang bisa mendukungmu untuk terus berkarya dan berprestasi. Yuk, upgrade potensimu!

Baca Juga:

Cakap Kartu Prakerja

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google