5 Jajanan Tokyo Ini Wajib Kamu Icip!

5 Jajanan Tokyo Ini Wajib Kamu Icip!

Budaya jajanan jalanan memang bukan merupakan hal yang lazim di Jepang bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia seperti Thailand atau Tiongkok. Namun ketika waktu festival tiba, berbagai pedagang turun untuk turut meramaikan dan menjajakan dagangannya termasuk mereka yang menjual jajanan. Berikut adalah jajanan di Tokyo yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sana!

Takoyaki

5 Jajanan Tokyo Ini Wajib Kamu Icip!
sumber: japancentre.com

Takoyaki (た こ 焼 き atau 蛸 焼) adalah camilan asal Jepang yang berbentuk bulat dan terbuat dari adonan berbahan dasar tepung terigu lalu dimasak dalam wajan cetakan khusus. Biasanya diisi dengan gurita cincang atau potong dadu (tako), sisa tempura (tenkasu), acar jahe, dan daun bawang.

Takoyaki diusapkan dengan saus takoyaki (mirip dengan saus Worcestershire) dan mayones, lalu ditaburi dengan aonori dan serutan bonito kering. Ada banyak variasi resep takoyaki, misalnya, ponzu (kecap dengan dashi dan cuka jeruk) atau cuka dashi.

Kata “Yaki” dalam “takoyaki” berasal dari “yaku” (焼 く) yang merupakan salah satu metode memasak dalam masakan Jepang dan berarti “menggoreng atau memanggang.” Kata ini juga dapat ditemukan dalam nama-nama masakan Jepang lainnya seperti okonomiyaki dan ikayaki.

Baca Juga

Kare Pan

5 Jajanan Tokyo Ini Wajib Kamu Icip!
sumber: amazonaws.com

Roti kari (カ レ ー パ ン—karē pan) adalah makanan asal Jepang yang populer. Makanan ini berupa kari Jepang dibungkus dengan adonan dan adonan tersebut dilapisi remah roti, lalu digoreng garing. Kadang-kadang, Roti kari ini dipanggang bukan digoreng, tetapi menggoreng adalah metode memasak yang paling umum. Roti kari biasanya ditemukan di toko roti dan toko serba ada.

Kari Jepang sangat berbeda dari kari Asia lainnya yang memiliki warna gelap dan rasa yang relatif ringan. Dengan bagian luarnya yang luar biasa renyah dan lembut, kare pan membuat camilan khas Jepang yang tidak biasa.

Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Jepang, Yuk Gabung Cakap Live. Download Sekarang!

Gyoza

5 Jajanan Tokyo Ini Wajib Kamu Icip!
sumber: seriouseats.com

Kata Gyōza (ギ ョ ー ザ, ギ ョ ウ ザ) berasal dari pembacaan 餃子 dalam bahasa Mandarin Jilu (giǎoze) dan ditulis menggunakan karakter Mandarin yang sama. Pemilihan karakter menunjukkan bahwa kata tersebut bukan berasal dari Jepang. Setelah Perang Dunia Kedua, tentara Jepang yang kembali dari Cina timur laut membawa pulang resep gyōza.

Perbedaan umum antara gyōza gaya Jepang dan jiaozi gaya Tiongkok adalah rasa bawang putih yang lebih terasa daripada gaya Tiongkok dan pembungkus gyōza lebih tipis karena sebagian besar restoran Jepang menggunakan buatan mesin.

Gyōza biasanya disajikan dengan saus tare berbasis kedelai yang dibumbui dengan cuka beras dan/atau minyak cabai. Resep yang paling umum adalah campuran daging babi cincang, kubis, daun bawang dan minyak wijen, dan/atau bawang putih, dan/atau jahe, yang kemudian dibungkus menjadi kulit adonan yang digulung tipis.

Korokke

5 Jajanan Tokyo Ini Wajib Kamu Icip!
sumber: cooky.vn

Korokke (コ ロ ッ ケ) adalah nama Jepang untuk hidangan gorengan yang awalnya terkait dengan hidangan Prancis, kroket. Korokke dibuat dengan mencampur daging cincang yang dimasak, makanan laut, atau sayuran dengan kentang tumbuk atau saus putih, biasanya berbentuk lonjong dan agak gepeng, lalu menggulungnya dengan tepung terigu, telur, dan remah roti, kemudian digoreng hingga berwarna kecokelatan.

Baca Juga

Dango

5 Jajanan Tokyo Ini Wajib Kamu Icip!
sumber: wikimedia

Dango (団 子) adalah jajanan Jepang manis yang terbuat dari mochiko (tepung beras). Dango sering disajikan sebagai hidangan pendamping teh hijau. Dango adalah camilan bundar yang dibentuk dari tepung beras ketan dan air, lalu direbus sampai keras. Tiga atau empat dango biasanya disajikan di tusuk sate dan dibumbui dengan berbagai saus manis atau gurih, atau pasta perasa.

Bagi kamu yang berhasil mendapatkan beasiswa ke Jepang atau traveling ke Jepang, jangan lupa untuk menyicipi kelima hidangan di atas sambil berlatih kemampuan bahasa Jepangmu. Jika kemampuanmu belum memadai, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jepang online di Cakap dan latihlah dengan berdiskusi di Cakap Live agar lebih cepat fasih.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google