5 Film Rekomendasi Cakap yang Berhubungan dengan Bahasa

Watching Movie Image

Pernah dengar istilah “lost in translation”? Hal ini akan kita alami ketika kita berkunjung ke negara asing. Lost in translation bisa diartikan sebagai hilangnya sebagian atau seluruh makna karena telah diterjemahkan. Misalnya kata mudik yang bisa diterjemahkan menjadi “homecoming tradition, usually during Eid holidays”. Namun tetap saja, rasanya ada unsur tradisi dan budaya lokal yang hilang setelah diterjemahkan.

Istilah ini juga menjadi judul film yang disutradarai oleh Sofia Coppola. Film “Lost in Translation” berkisah tentang seorang laki-laki dan perempuan yang berasal dari Amerika dan mengalami culture shock di Jepang. Selain film ini, ada juga sejumlah film-film lainnya yang mengeksplorasi batasan bahasa dalam proses komunikasi dan memahami hubungan manusia.

Baik itu tentang sepasang kekasih yang berasal dari belahan dunia yang berbeda, atau keinginan untuk memahami kehidupan alien, film-film ini memiliki satu kesamaan: bahwa apabila kita benar-benar ingin terhubung dengan makhluk lainnya, kita harus bisa berkomunikasi terlebih dahulu dengannya.

Berikut deretan film tentang bahasa rekomendasi Cakap yang oke banget buat kamu para penggemar bahasa.

Arrival

Arrival source: giphy.com

Arrival menjadi salah satu film tentang bahasa yang banyak mendapat nominasi Oscar. Tentang apa sih? Film ini bercerita tentang kedatangan alien ke bumi. Walaupun kedengarannya seperti tipikal film-film sci-fi pada umumnya, film yang satu ini berbeda.

Banyak yang menyebut Arrival sebagai film bergenre sci-fi untuk pemikir, karena di dalamnya nyaris tidak ada adegan kejar-kejaran atau ledakan dahsyat. Yang ada, film ini malah berfokus ke ahli bahasa (Amy Adams) yang dipekerjakan oleh pemerintah untuk menafsirkan bahasa alien.

Bayangkan, kira-kira bagaimana ya makhluk hidup dari planet lain berkomunikasi? Dan bagaimana caranya kita bisa berinteraksi dan memahami mereka? Inilah yang digali dalam film ini.

Love Actually

Love Actually source: giphy.com

Penggemar genre romantic comedy pasti pernah denger dan nonton film yang satu ini! Film ini emang ikonik banget. Bercerita tentang beberapa pasang kekasih dan kisah cinta yang menunjukkan kalau kasih itu ada banyak bentuknya. Ada banyak aktor dan aktris papan atas yang membintangi film ini, mulai dari Hugh Grant, Colin Firth, hingga Keira Knightley.

Film ini merupakan film komedi romantis Inggris yang sangat klasik, dimana salah satu sketsanya menampilan penulis Inggris Jaime yang jatuh hati dengan asistennya Aurelia yang berasal dari Portugis. Karena masing-masing tidak memahami bahasa satu sama lain, akhirnya banyak adegan-adegan lucu yang muncul di antara keduanya.

Contact

Contact source: giphy.com

Mirip dengan Arrival, Contact juga berkutat seputar alien yang datang ke bumi dan keinginan manusia untuk berkomunikasi dengan makhluk tersebut untuk mengetahui tujuan mereka. Film ini diadaptasi dari novel ilmuwan legendaris Carl Sagan. Uniknya, bahasa universal di film ini adalah matematika.

Mencoba untuk memecahkan bahasa alien, seorang ilmuwan bersama dengan Search for Extraterrestrial intelligence (SETI) ditugaskan untuk membangun sebuah mesin misterius. Apa fungsi dari mesin tersebut? Silahkan cari tahu sendiri ya!

Lost in Translation

Lost in Translation source: giphy.com

Seperti yang sudah dibahas, film klasik garapan Sofia Coppola ini juga salah satu film yang banyak mendapatkan penghargaan bergengsi, termasuk sejumlah nominasi Oscar. Film ini membawa makna tentang bagaimana seseorang merasa ‘hilang’ di tengah dunia.

Film yang bisa dikategorikan sebagai film indie ini menceritakan seorang aktor Asal Amerika (Bill Murray) yang baik secara bahasa maupun spiritual ‘tersesat’ di kota Tokyo, sebuah kota yang penuh energi dan bercahaya dengan berbagai kebiasaan yang berbeda dari budaya barat. Ia kemudian bertemu dengan seorang perempuan muda (Scarlett Johannson) yang juga mencari pengalaman hidup yang bermakna.

Hidup di tengah kota yang asing di mana mereka harus memahami budayanya membentuk ikatan di antara keduanya. Walaupun merupakan film drama dengan sentuhan romance, film ini bukan film romantis pada umumnya lho. Penasaran? Coba ditonton.

L’Auberge Espagnole (The Spanish Apartment)

L’Auberge Espagnole (The Spanish Apartment) source: giphy.com

Film Perancis ini bercerita tentang Xavier yang berwisata ke Barcelona untuk berpartisipasi dalam Erasmus, berbagi apartemen dengan beragam orang yang datang dari berbagai negara Eropa. Jadi tak heran bahwa film ini menampilkan banyak bahasa.

Lewat petualangan-petualangan Xavier dan teman-teman apartemennya, hubungan mereka semakin rumit. Bahasa dan asal negara yang berbeda membuat mereka seolah-olah berasal dari dunia yang berbeda. Pada akhirnya, mereka bersatu dengan bahasa universal yaitu cinta. Eits… so sweet ya!

Sebenarnya masih ada banyak film yang berhubungan dengan bahasa yang bisa kamu tonton. Tapi dari Cakap 5 film ini dulu ya! Kalau kamu gimana? Pernah nonton 5 film ini gak? Yang mana yang kamu suka? Atau ada film tentang bahasa lain yang bisa kamu rekomendasikan? Kalau ada, bisa banget lho mention Cakap di Instagram atau Twitter.

Film juga bisa menjadi media untuk belajar bahasa lho. Kalau kamu mau mendiskusikan soal film sambil belajar bahasa, Cakap bisa jadi medium yang tepat! Kamu bisa ikutan Cakap Chat biar bisa ngobrolin film lewat chat dengan guru profesional, atau Cakap English Club dimana kamu bisa ngobrol dengan teman-teman baru sambil belajar Inggris. Yuk!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google